1. Pop Kultur Umum

Google Luncurkan Tampilan Gmail Baru

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa Google akan meluncurkan perombakan tampilan antarmuka pengguna (user interface / UI) pada Gmail, penyedia layanan surat elektronik (e-mail) dari Google, dengan penampilan yang lebih menyegarkan dan didesain ulang. Kini, kamu bisa segera merasakan sendiri penampilan baru Gmail tersebut yang dijamin lebih nyaman dan keren daripada sebelumnya. Seperti apa penampakannya?

Setelah sekian lama Google tidak pernah memperbarui tampilan Gmail, akhirnya mereka secara resmi meluncurkan tampilan terbaru Gmail. Tampilan terbaru ini tersedia untuk seluruh pengguna Gmail, namun tidak diaktifkan secara standar (default). Sehingga kamu perlu mengaktifkannya untuk menikmati tampilan baru Gmail tersebut. Begini caranya:

  1. Pertama-tama tentu saja kamu harus login ke akun Gmail kamu. Setelah itu klik tombol Settings yang berada pada pojok kanan atas.
  2. Kamu akan melihat opsi baru: “Try the new Gmail” (Cobalah Gmail baru) seperti pada tangkapan layar di bawah ini. Jika kamu tidak dapat melihatnya, berarti tampilan baru belum tersedia untuk akun Gmail kamu.

Segera setelah kamu mengklik tombol tersebut, tampilan UI baru Gmail akan segera muncul di hadapan kamu. Terlihat pula perubahan pada progress bar loading yang kini memunculkan logo Gmail di tengah.

 

Setelah itu akan muncul tampilan UI baru Gmail seperti pada tangkapan layar di bawah ini.

Begitu kamu memasuki tampilan baru Gmail ini, kamu akan disambut dengan layar selamat datang (welcome screen) yang akan memperkenalkan kamu ke tampilan baru Gmail. Kamu juga akan ditanya pengaturan kerapatan tampilan pada Gmail, dimana kamu bisa memilih Default dengan kerapatan kolom yang cukup longgar dan memungkinkan kamu dapat mengakses lampiran (attachment) e-mail secara lebih cepat, Comfortable (Longgar) yang hampir mirip dengan Default, dan Compact (Rapat) untuk tampilan kolom yang lebih rapat. Pengaturan ini dapat kamu akses setiap saat melalui tombol Settings yang berada pada pojok kanan atas.

Tampilan baru Gmail hadir dengan material design yang tampil begitu menyegarkan, bersih dan modern. Di tampilan UI Gmail terbaru ini kamu bisa melihat bahwa font, tombol, icon, dan lain-lain, semuanya sudah berubah. Kamu juga bisa melihat logo Google yang biasanya ada di pojok kiri atas sudah diganti dengan logo Gmail yang baru. Terdapat pula fitur baru yaitu sidebar yang merupakan add-on akses shortcut (pintasan cepat) untuk mengakses Google Calendar, Google Keep dan Google Tasks. Kamu bisa menambahkan lebih banyak add-on lainnya pada sidebar dengan mengklik tombol plus ‘+’.

Fitur baru lainnya yang tampil pada tampilan UI Gmail terbaru ini adalah adanya tombol quick actions (aksi cepat) yang muncul ketika kamu melakukan hover kursor mouse pada kolom e-mail. Terdapat sejumlah opsi cepat untuk mengarsip, menghapus, menandai pesan sudah/belum dibaca dan Snooze.

Selain itu pada tampilan UI Gmail terbaru ini juga dihadirkan fitur baru yang bernama “Confidential Mode” yang memungkinkan kamu untuk membuang opsi untuk meneruskan, menyalin, mengunduh atau mencetak pesan e-mail. Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang ingin mengirimkan pesan yang sangat rahasia melalui e-mail dan dilengkapi dengan pengaturan waktu kadaluwarsa sehingga ketika batas waktu habis, e-mail tidak dapat dibuka kembali.

Apabila kamu merasa tidak nyaman dengan tampilan baru Gmail ini, kamu bisa dengan mudah dan kapanpun kembali ke tampilan lama dengan memilih “Go back to classic Gmail” (Kembali ke Gmail klasik).

Setelah menggunakan tampilan Gmail terbaru ini, penulis merasa bahwa tampilan baru Gmail ini lebih cepat dan lebih responsif dibandingkan tampilan lawas. Sekarang, cobalah kamu nikmati sendiri dan rasakan manfaatnya. Selamat menikmati.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio