Novel ber-genre post-apocalypse Metro 2033 akan diadaptasi menjadi sebuah film. Kali ini sang kreator Metro 2033, yaitu Dmitry Glukhovsky, bekerjasama dengan perusahaan media terbesar di Rusia yaitu Gazprom-Media untuk membuat adaptasi tersebut.

Dalam pengumumannya di Comic Con Russia, film tersebut akan dirilis pada 1 Januari tahun 2022 mendatang, dikutip dari Newsweek. Walaupun begitu, nama-nama pemain, staf, hingga sutradara belum diumumkan kepada publik.

https://www.facebook.com/glukhovskybooks/photos/a.197652743612427/2815800395130969/

Metro 2033 sendiri adalah novel yang berlatarbelakang tentang kota Moskow, Rusia, 20 tahun setelah perang nuklir yang menghancurkan ibu kota pemerintahan Rusia tersebut. Hidup di bawah tanah menggunakan jalur dan stasiun bawah tanah Metro kota Moskow, masyarakat yang tersisa bertahan hidup disana.

Penuh dengan faksi-faksi yang berperang satu sama lain, munculnya faksi fasis maupun komunis, hingga kemunculan makhluk “The Dark Ones” membuat kondisi kota Moskow makin mencekam.

Metro 2033 Awalnya Mau Dibuat di Amerika!

Metro 2033 sendiri awalnya akan diproduksi oleh MGM Studio, namun tak lama Glukhovsky menjadi kecewa lantara pihak MGM malah mengadaptasi kisah tersebut dan mengubah latar belakang cerita menjadi di kota Washington DC, Amerika Serikat.

Glukhovsky, yang sudah menelan rasa kecewa tersebut, tidak senang dengan rencana pihak MGM untuk menghapus unsur politis serta unsur geografis pada skenario di film tersebut. “Mereka agak takut mengaturnya (latar cerita) di Moskow,” ujarnya.

“Karena orang Amerika lebih menyukai film tentang Amerika,” ujar Glukhovsky setelah adaptasi Metro 2033 versi Amerika dibatalkan pada tahun lalu, dan MGM mengembalikan hak buku kepadanya. “Kami telah melihat (film) kiamat versi Amerika berkali-kali dan para penonton yang menyukai genre ini (merupakan orang yang) berpendidikan, dan mereka jenuh serta tak ingin menonton film serupa.”

Glukhovsky menyimpulkan bahwa film Metro 2033 versi MGM Studio terkesan lebih umum dan memiliki universe yang serupa dengan Fallout. “Mereka mengubahnya menjadi hal yang sangat umum,” ujar Glukhovksy saat menyimpulkan cerita pada kisah Metro versi dimana Amerika pada tahun 2033 runtuh.

Meskipun adaptasi Metro 2033 versi Rusia baru saja diumumkan, belum dapat dikonfirmasi apakah lokasi syutingnya akan ditetapkan di Moskow. Sulit untuk membayangkan Metro 2033 pindah ke luar Rusia, terutama karena Glukhovsky sendiri sering kali mengutip beberapa ilmu-limu bonafide Rusia dari novel tersebut.

Produser: Rusia Siap dengan Pop Culture Ini!

Produser Metro 2033 Evgeniy Nikishov memberikan gambaran tersebut kepada jurnalis Variety mengenai Rusia yang telah dipersiapkan untuk “pop culture bertemakan fiksi post-apocalypse,” dan turut mencontohkan sejumlah game dan film ber-genre serupa seperti Fallout hingga The Walking Dead.

“Buku karya penulis Rusia ini telah dikenal di seluruh dunia, dan cerita tersebut telah tertanam dalam nalar penggemar sci-fi dan gamer di seluruh planet ini,” kata produser Metro 2033 lainnya , Valery Fedorovich, yang menyinggung trilogi dari video game berlatar dunia novel Glukhovsky.

“Ini adalah proyek impian, film paling ambisius dan berskala besar yang pernah kami produksi. Kami bermaksud menginvestasikan sejumlah hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya dalam produksi dan promosi film ini, baik di Rusia maupun di luar negeri.”

“Ambisi kami ternyata serupa: untuk menciptakan blockbuster kelas dunia dan bahkan mengejutkan orang-orang yang telah membaca trilogi dan mengetahuinya,” kata Glukhosky kepada Variety.

“Agar tidak mengecewakan mereka, saya siap menjadi creative producer dalam film ini dan membantu (mereka) membuatnya (Metro 2033) dengan saran dan tindakan saya,” tutupnya.

Metro 2033 telah terjual lebih dari lima juta kopi dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Glukhovsky juga menulis dua sekuel – Metro 2034 dan Metro 2035 – yang kemungkinan akan diadaptasi juga sebagai film apabila Metro 2033 laku keras, dan juga apabila Glukhosky dan Gazprom-Media berniat.

 


Jangan lupa baca artikel TRAILER IKLAN BRANZ MEGA KUNINGAN BERBENTUK ANIME di Indonesian Otaku!

Nawala Karsa NK Kurio