1. Pop Kultur Umum

Ebook Detektif Conan dan 285 Judul Lainnya Siap Hadir Resmi di Indonesia!

Kabar baik bagi kalian yang menikmati membaca komik via perangkat elektronik. Salah satu penerbit komik terbesar di Jepang, Shogakukan, akhirnya memberikan izin lisensi digital terhadap 285 judulnya untuk hadir resmi di Indonesia!

Di antara 285 judul komik digital yang akan dirilis resmi pertama kalinya, terdapat judul Elex Media Komputindo yang sangat populer yaitu Detektif Conan.

©Aoyama Gosho / Detektif Conan, Elex Media Komputindo

Detektif Conan pertama kali diterbitkan di Indonesia pada tahun 2004 oleh Elex Media Komputindo dan telah dipublikasikan sebanyak 93 jilid dengan berbagai macam spin off sampai tahun 2018. Komik Detektif Conan terjual lebih dari 150 ribu kopi dan versi animasi yang ditayangkan di Indonesia dari tahun 1997 membuat Detektif Conan sukses menjadi salah satu komik terpopuler di Indonesia. Bersanding dengan judul populer lainnya seperti Doraemon, Naruto, dan One Piece.

Judul tersebut telah dicetak ulang beberapa kali, dan seiring meningkatnya trend buku digital, Elex Media bekerja sama dengan platform eBook, MangaMon, akan merilis judul ini ke dalam format digital sehingga pembaca bisa menikmati komik ini di mana saja dan kapan saja. Jadwal rilis Detektif Conan versi digital ini direncanakan pada 31 Agustus 2018.

Saya sangat senang melihat respon dari pembaca kami terutama dari pecinta budaya dan komik Jepang, kami berharap kami bisa menambah judul baru untuk komik digital. Untuk Detektif Conan, saya harap (dengan perilisan versi digitalnya) para penggemar bisa menikmati judul kesukaan mereka (Detektif Conan).”
Ida Bagus Kade Syumanjaya, Manager Divisi Fiksi Elex Media Komputindo menyampaikan rasa antusiasmenya terhadap perilisan ini.

Saat ini, penerbit Shogakukan berencana untuk merilis lebih dari 2.500 jilid dalam 285 judul, dimulai dari 25 Agustus 2018 dengan bertahap. Selain judul populer Elex Media, Detektif Conan, judul lainnya seperti Flame of Recca, Birdmen, dan MAGI – The Labyrinth of Magic juga akan dirilis versi digitalnya.

Tentang MangaMon

MangaMon merupakan platform toko eBook resmi yang dioperasikan oleh eBook Initiative Japan Co., Ltd didukung oleh Elex Media Komputindo dan m&c!. MangaMon telah mendapatkan banyak pengikut setia dari pecinta manga dan komik Indonesia dengan menerbitkan versi resmi dari manga digital dalam bahasa Indonesia melalui websitenya dalam versi eBook.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio