Terdengar kabar bahwa untuk semua umur di Nintendo berjudul Cooking Mama Cookstar tiba-tiba saja dihapus dari eShop. Kira-kira ada apa, ya? Daripada penasaran, yuk kita cari tahu bersama!

Cooking Mama Cookstar Dihapus dari eShop

Cooking Mama Cookstar Hilang dari eShop. Salah satu game favorit fans khususnya Nintendo, Cooking Mama hadir di Nintendo Switch pada tanggal 26 Maret salah satunya melalui Nintendo eShop. Namun, tiba-tiba game tersebut menghilang dari peredaran eShop.

Cooking Mama Cookstar sempat hadir sebentar di Nintendo eShop sebelum akhirnya ditarik dalam beberapa jam. Akun Twitter Cooking Mama dan publisher Planet Digital, tidak memberikan komentar apa-apa. Tidak ada info terkait kapan game tersebut akan kembali.

Penyebab Game Cooking Mama Cookstar Dihapus

Misteri ini berakar pada fitur utama game tersebut, yakni blockchain. Penggunaan blockchain diklaim untuk keamanan dan alasan permainan. dikatakan bahwa fitur tersebut akan memberikan kunci unik untuk setiap game yang akan berfungsi sebagai DRM dan memberikan pengalaman unik.

Jadi bayangkan Cooking Mama tapi lebih personal seperti Animal Crossing New Horizon. Fitur tersebut juga memungkinkan pemain untuk mendapatkan in-game currency yang bisa dibagikan ke pemain lain.

Rumor mengatakan bahwa fitur blockchain pada game Cooking Mama Cookstar justru dipakai untuk menambang Cryptocurrency. Tentu saja masalah game Cooking Mama Cookstar Cryptocurrency ini masih merupakan rumor, namun bukan berarti tidak mungkin.

IGN melaporkan bahwa menurut jadwal rilis, Cooking Mama: Cookstar seharusnya rilis di Nintendo Switch eShop. Namun game tersebut segera ditarik tanpa adanya pengumuman. Ditambah lagi dengan tindakan Nintendo yakni menghapus semua jejak eksistensi game tersebut dari halaman depan eShop.

Apa itu Blockchain dan Game Cooking Mama?

Blockchain adalah teknologi penyimpanan rekaman yang dipakai oleh jaringan bitcoin. Teknologi ini menyimpan informasi transaksi mulai dari waktu terjadinya transaksi serta siapa saja yang terlibat didalamnya.

Jadi bisa kalian bayangkan ketika kalian sibuk membantu Mama memasak di Cooking Mama, Nintendo Switch kalian jadi lebih cepat panas dari biasanya karena menambang Cryptocurrency membutuhkan kinerja GPU yang maksimal.

Cooking Mama Cookstar eShop Nintendo Switch Cryptocurrency Dihapus

Cooking Mama sendiri adalah sebuah game simulasi memasak yang dikembangkan oleh Cooking Mama Limited. Cooking Mama pertama kali rilis tahun 2006 di Nintendo DS. game ini kemudian menyebar di platform lain seperti iOS, Wii, 3DS, PlayStation 4.

Cooking Mama Cookstar eShop Nintendo Switch Cryptocurrency Dihapus

Game nya sendiri terdiri dari rangkaian mini game dimana pemain harus mengikuti instruksi Mama dalam memasak. Beberapa diantaranya seperti memotong lobak, memecahkan telur, menanak nasi, memasak tumisan, mencampurkan bahan-bahan, dsb.

Cooking Mama sangat seru dimainkan sendiri maupun ramai-ramai. Cooking Mama: Cookstar dikabarkan akan memunculkan Vegetarian mode yang dimana mode tersebut mendapatkan pujian dari PETA.

Untuk pemilik Nintendo Switch, jika kalian sudah mengunduh Cooking Mama: Cookstar, ada baiknya dihapus dulu. Tunggu pengumuman resmi dari pihak developer.

Nawala Karsa NK Kurio