Penerbit novel berbahasa Inggris, Yen Press dan J-Novel Club, dikagetkan dengan Amazon resmi cabut judul light novel isekai-nya dari listing belanja di toko daringnya tanpa pemberitahuan. Mengapa demikian?

Amazon Cabut Light Novel Isekai

Dilansir dari Twitter resmi J-Novel Club via AnimeCorner, Amazon resmi mencabut beberapa judul light novel publikasi berbahasa Inggris dari J-Novel Club dan Yen Press. Beberapa judul tersebut diketahui melanggar peraturan yang sudah diputuskan oleh Amazon, namun tidak spesifik alasannya dimana letak peraturan yang dimaksud.

Beberapa terbitan novel tersebut tidak dapat dibeli lagi via Amazon Kindle, namun masih bisa didapat di Amazon Jepang. Meski demikian, pembeli masih dapat mengunduh beberapa judul novel yang telah dibeli lagi melalui akun Amazon-nya.

J-Novel Club tambahkan bahwa mereka tidak mengetahui pemberitahuan pencabutan listing judul-judul terbitan mereka tersebut. Informasi tersebut didapat dari beberapa pelanggannya yang berniat ingin membeli judul-judul publisher tersebut.

Alasan yang Tidak Jelas

Presiden dari J-Novel Club, Sam Pinansky, melansir tanggapan kepada Anime News Network, mengatakan bahwa Ia membenarkan keputusan Amazon mencabut beberapa judul novel terbitannya. Menurutnya, mereka telah menghubungi pihak terkait pasca diinformasikan bahwa pihak Kindle menghapus beberapa judul novelnya pada Mei lalu.

Meskipun dari sisi J-Novel Club telah melayangkan surat keberatan kepada Amazon setelah beberapa minggu, pihak terkait tidak memberikan alasan jelas terhadap keputusan tersebut. Mereka berpendapat bahwa pihak platform toko daring tersebut memiliki hak untuk putuskan beberapa item yang layak dijual kepada publik.

Lanjut menurut Pinansky, bantuan dari Amazon Kindle tidak memiliki kapasitas untuk menghubungi langsung kepada tim peninjau Kindle Content, yang dapat memakan beberapa minggu.

Light Novel Isekai dari Yen Press Juga Senasib

Sementara, pihak Yen Press, melalui Anime News Network, mengabarkan bahwa judul-judul penerbitnya dihapus oleh administrator di Amazon. Menurut mereka, beberapa judul novel tersebut “tidak mengikuti syarat dan ketentuan dari penjualan konten secara global.”

Meski demikian, Yen Press menghargai keputusan dari toko daring terbesar di dunia tersebut, namun tetap menyayangkan tindakannya dan mengatakan beberapa judul masih tersedia untuk dibeli secara online.

Daftar Light Novel Isekai dan Non-Isekai yang Dicabut Amazon

Beberapa judul yang terpengaruh kebijakan baru dari Amazon diantaranya sebagai berikut:

  • Novel Arifureta – From Commonplace to World’s Strongest volume 6 (J-Novel Club)
  • Novel How NOT to Summon a Demon Lord jilid 3, 6-8, 10 (J-Novel Club, volume 1, 2, 4, 5, 11, 12 tersedia di Amazon Jepang)
  • Novel Mixed Bathing in Another Dimension jilid 6 (J-Novel Club)
  • Novel There Was No Secret Evil-Fighting Organization (srsly?!), So I Made One MYSELF! volume 1 (J-Novel Club)
  • Novel Infinite Stratos volume 3 dan 8 (J-Novel Club)
  • Seirei Gensouki – Spirit Chronicles volume 4 (J-Novel Club)
  • Novel Grimgar of Fantasy and Ash volume 1 (J-Novel Club)
  • Novel Lazy Dungeon Master volume 2 (J-Novel Club)
  • Novel The Greatest Magicmaster’s Retirement Plan volume 1-6 (J- Novel Club, masih ada di Amazon Jepang)
  • Novel Clockwork Planet volume 1-4 (J- Novel Club, tersedia di Amazon Jepang)
  • Novel I Shall Survive Using Potions! volumes 1-4 (J- Novel Club, still available on Amazon.co.jp), sedangkan format tankoubon volume 1-3 (J- Novel Club, masih tersedia di Amazon Jepang)
  • Semua volume novel No Game, No Life (Yen Press)
Nawala Karsa NK Kurio