Pixiv Meluncurkan VRoid Studio, Bisa Bikin Model Vtuber Gratis!

Riestario Kurnia Thodiansyah
vroid studio header
(Gambar dikutip dari vroid.com)

Dengan meledaknya kepopuleran industri Vtuber, website ilustrasi jepang Pixiv mencoba untuk masuk dengan meluncurkan aplikasi software VRoid Studio yang bisa digunakan secara gratis.

Mengutip dari Soranews24, Para pengguna pun dapat secara bebas membuat rambut, muka, badan, pakaian, dan lain-lain dari model sesuai dengan preferensi pribadi. Dalam 3D terdapat penggunaan perhitungan komputer secara real-time, sehingga berbagai material dapat langsung diaplikasikan kepada mata dan pakaian model. Pengeditan juga bisa dilakukan dengan menggunakan pena digital. 

Rekomendasi yang diberikan oleh Vroid adalah komputer dengan CPU Intel Core i5 Gen 4 dan selanjutnya atau AMD Ryzen 5 Gen 3 dan selanjutnya, RAM 8GB atau lebih, serta ruang penyimpanan 10GB atau lebih. Model VTuber yang dibuat secara gratis dapat diupload ke VRoid Hub agar bisa dilihat oleh para penggemar Vtuber lain di komunitas VRoid Studio.

Apa Saja Fitur yang Disediakan?

vroid studio ui

Terdapat lebih dari 350 material yang bisa digunakan oleh pengguna di VRoid Studio milik Pixiv ini. Model-model yang kalian buat pun juga dapat digunakan untuk keperluan komersial ataupun non komersial karena terdapat sistem hak cipta dan Terms of use.

Berbeda dengan versi trial yang dikeluarkan pada 2018, versi resmi 2021 menambahkan lebih banyak opsi pengeditan wajah seperti kontur mata, kontur wajah, tulang hidung, ketebalan leher, dan opsi lainnya. Terdapat sekitar kurang lebih 100 tipe opsi di VRoid Studio.

Aksesoris seperti kacamata, telinga kucing, telinga kelinci, dan lain – lain juga dapat ditambahkan ke karakter. Selain itu, terdapat opsi “Avatar Wear” yang memperbolehkan kalian dalam menggunakan berbagai macam pakaian secara bersamaan. Vroid Studio melalui Channel Youtube resmi mereka membuat berbagai video mengajarkan penggunaan aplikasi mereka.

Bagaimana Cara Membuat Model VTuber secara Gratis di VRoid Studio?

vroid studio model

Pertama-tama tentunya kalian harus mengunduh aplikasi VRoid Studio terlebih dahulu melalui Website VRoid Studio ataupun Steam. Setelah kalian telah membuka aplikasi, kalian dapat memulai dengan menekan “Create New” dan memilih tipe model Vtuber kalian antara Fem dan Masc. Kalian dapat berkreasi sebebas mungkin dalam membuat model kalian.

Setelah kalian sudah selesai membuat model di VRoid Studio, cukup mengunduh dan menekan “Export as VRM”. Kalian bisa menggunakan file VRM di aplikasi Unity ataupun Blender.


Penulis: Riestario Kurnia Thodiansyah