Kiryu Coco, talenta Vtuber yang dalam agensi Hololive, hari ini (9/6) mengumumkan bahwa ia akan lulus (graduate) dari kegiatan livestreaming-nya setelah berjalan sekitar dua tahun.

Beri pengumuman singkat di YouTube

Kiryu Coco juga menyelenggarakan live singkat untuk mengumumkan secara langsung kepada para subscriber-nya, termasuk informasi lain yang perlu diperhatikan.

Sementara, Cover Corporation sebagai parent company dari Hololive juga telah mengeluarkan rilis pers terkait pengumuman graduation atau lulus Kiryu Coco dari jajaran talenta Hololive.

Rilis pers tersebut tersedia dalam bahasa Inggris, dan bisa dibaca melalui situs resmi Cover.

Surat tersebut dibuka dengan permintaan maaf terhadap kolaborator serta fans atas pengumuman mendadak ini.

Kemudian dilanjutkan dengan ucapan terima kasih atas dukungan yang sudah diberikan kepada Kiryu Coco selama dua tahun karirnya.

“Kami sangat sedih dengan keputusannya untuk berhenti, namun setelah berunding dengan kedua belah pihak, kami memutuskan untuk mengikuti keinginan Kiryu Coco.”

“Mengikuti graduasi Kiryu Coco, kami akan memperpanjang periode penerimaan hadiah dan fan-mail untuknya. Sebagai tambahan, Channel Membership serta konten eksklusif membernya akan tersedia hingga tiga bulan setelah kelulusannya.”

Fan-mail masih terbuka untuk Kiryu Coco hingga 14 Juli

Penerimaan fan-mail dan hadiah untuk Kiryu Coco akan dibuka hingga 14 Juli 2021.

Sementara fitur membership dan konten ekslusif yang sudah disebutkan akan tersedia hingga akhir September nanti.

Kiryu Coco juga berpesan agar para member tidak lupa untuk mematikan langganan member ke channel-nya karena tidak ada konten lagi setelah bulan Juli.

Setelah periode tiga bulan tersebut, konten memberonly juga akan dihapus, dan monetasi channel dimatikan.

Dalam livestream singkatnya tentang pengumuman ini, Kiryu berkata bahwa ia tidak dapat mengungkapkan alasannya untuk graduate.

Ia juga berharap kepada para penggemar untuk tidak menanyakan hal ini terhadap talenta Hololive lainnya, karena mereka sudah mengetahui kabar tersebut.

Untuk seterusnya, channel Youtube Kiryu Coco akan tetap eksis dan penggemar dapat melihat video-video livestream maupun konten lain yang pernah ia buat.

Kiryuu Coco, Vtuber peraih Superchat Terbanyak di Dunia

Sebelum dipastikan lulus atau graduate, Kiryu Coco memulai debutnya pada tahun 2019, dan dengan cepat menarik perhatian penggemar Vtuber mancanegara.

Naga berbadan manusia ini tidak takut menggunakan kata-kata kasar pada videonya, dan kerap menggunakan lelucon yang borderline absurd atau tidak senonoh.

Ia juga fasih dalam berbahasa Inggris, dan menarik perhatian audiens luar negeri. Bisa dikatakan, ia menjadi jembatan industri vtuber Jepang dengan ranah Internasional.

Pada tahun 2020, Coco menjadi Youtuber dengan nominal Superchat terbanyak di dunia, ia memperoleh pendapatan sekitar Rp 12,5 miliar.

Bersama dengan Coco, adalah rekan satu agensi: Uruha Rushia, Minato Aqua, Usada Pekora, dan Houshou Marine ikut masuk dalam daftar 10 besar.

Sebelumnya, Kiryu Coco sempat mengumumkan hiatus pada tahun yang sama ketika ia menerima predikat tersebut.

Coco sempat hiatus, lantaran menerima tekanan dari pihak luar menyusul konflik yang menyebabkan Cover angkat kaki dari negara tertentu.

Coco menutup pengumuman graduasinya dengan pesan singkat:

“Aku adalah naga gebo-kawa yang akan bersinar terang kemanapun aku pergi! Pasti masa depan akan cerah!”

Nawala Karsa NK Kurio