Jadwal Baru Livestream Terakhir Virtual Youtuber Hololive CN Diumumkan!

Seno Triadi
Hololive CN

Cover Corporation, perusahaan teknologi yang menaungi Hololive Productions, agensi virtual YouTuber ternama di Jepang, umumkan perubahan jadwal livestream terakhir pada Hololive CN. Spade Echo, nama talenta virtual yang belum dimasukkan di pengumuman sebelumnya, terkonfirmasi jadwalnya minggu ini.

Virtual Youtuber Hololive CN Umumkan Jadwal Baru Livestream Terakhir Mereka!

Cover Corp umumkan lewat rilisan persnya bertajuk, “Pengumuman kelulusan dari anggota Hololive Tiongkok (Hololive CN) dan perubahan sehubungan jadwal siaran langsung tertulis.” Pihaknya mengatakan bahwa pada informasi mengenai siaran kelulusan sebelumnya telah dijadwalkan pada rilis persnya (12/11) lalu. Untuk minggu ini, telah terkonfirmasi juga bahwa Spade Echo juga akan mengadakan siniar serupa minggu ini.

Pernyataan sebelumnya, lanjut Cover, menuliskan bahwa vtuber Spade Echo belum ditentukan tanggal persis livestream graduation-nya. Begitu juga dengan Artia, yang dikarenakan alasan yang tidak dapat disebutkan, memajukan jadwal livestream tersebut.

Jadwal terbaru untuk dua virtual YouTuber Hololive CN minggu ini adalah sebagai berikut:

  • Artia : Kamis, 19 November, 2020
  • Spade Echo : Sabtu, 21 November, 2020

Tanggal diatas dapat berubah sewaktu-waktu.

Jadwal Graduation Stream Vtuber Lainnya Belum Berubah

https://twitter.com/hololive_En/status/1326807285566382080

Sebelumnya, diumumkan oleh Cover per tanggal (12/11) bahwa para vtuber Hololive CN adakan livestream terakhir mereka mulai (18/11) ini. Para talenta vtuber tersebut telah dapatkan jadwal siaran terakhir mereka di platform kanal resmi mereka via Bilibili.

Berikut jadwal siaran langsung virtual  YouTuber  terakhir mereka:

  • Civia: Rabu, 18 November, 2020
  • Yogiri: Minggu, 20 Desember, 2020
  • Doris: Sabtu, 26 Desember, 2020
  • Rosalyn: Minggu, 27 Desember, 2020

Jadwal diatas belum dapat dipastikan jika akan menyesuaikan waktu Beijing, Tiongkok, atau mengikuti standar Jepang. Tanggal-tanggal tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Sempat Digosipkan Bergerak Secara Independen

Hololive CN Bubar

Sebelum konsensus untuk menutup dan meluluskan seluruh anggota Hololive CN, terungkap bahwa anggota yang berada dalam naungan divisi Tiongkok tersebut akan bergerak secara independen.

Oktober lalu, beberapa member Hololive CN melakukan sejumlah tindakan agar terlihat independen. Contohnya pada Artia, talenta virtual yang digosipkan menjadi ‘dalang’ dalam permasalahan pendukung Hololive melawan kubu anti-Hololive. Ia mengubah username Twitter-nya menjadi @Artia_OW, menandakan leasnya Artia dari agensi Vtuber terbesar di Jepang. Artia kemudian mencuit untuk terakhir kalinya pada (12/11) kemarin.

Doris melalui live podcast di Bilibili menyatakan tetap melanjutkan karir Vtuber-nya secara independen. Ia mengatakan akan investasi penghasilan dari aktivitas tersebut dari bulan Oktober ini untuk membawakan model 3D-nya.

Terakhir, Civia juga akan berjalan independen dalam kegiatan vtuber-nya. Pada awalnya, Ia mengaku telah menyiapkan livestream spesial untuk memamerkan model 3D-nya pada November nanti, bertepatan dengan ulang tahunnya.