Pabrik Tekstil Kebakaran Karena Anak Nakal Bermain “Flamethrower”

Avatar
Pabrik Tekstil Jepang Kebakaran

Api sering digunakan dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari. Jika salah menggunakannya, maka dapat berakibat fatal. Itulah yang terjadi pada sebuah pabrik tekstil di Jepang yang mengalami kebakaran diduga disebabkan oleh anak nakal yang bermain dengan alat seperti “flamethrower“.

Pabrik Tekstil di Jepang Kebakaran

Dilansir dari Yahoo News Jepang, kejadian ini terjadi pada 5 Agustus 2020. Sebuah pabrik tekstil yang berlokasi di Ichinomiya, Aichi Prefecture, Jepang, mengalami kebakaran. Diduga terjadinya kebakaran disebabkan oleh 2 anak SMP yang bermain dengan semprotan serangga yang digunakan layaknya seperti “flamethrower“.

Seluas 3400 m2 pabrik tekstil dan juga gudang tersebut ludes terbakar. Dikabarkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian yang dialami pabrik tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi. Belum lagi dengan nasib para pekerja di pabrik tekstil tersebut.

Kejadian Disebabkan Ulah Anak Nakal

Berdasarkan hasil investigasi, terjadinya kebakaran disebabkan oleh 2 anak kelas 1 SMP yang masih berumur 12 dan 13 tahun. Mereka berdua berasal dari penduduk yang tinggal di area sekitar pabrik tersebut.

Kedua anak tersebut pada awalnya hanya bermain semprotan serangga untuk menyingkirkan sarang lebah di dekat tempat penyimpanan kayu. Mereka kemudian menggunakan api pada penyemprot serangga tersebut layaknya seperti sebuah alat flamethrower. Ternyata semburan api menyebar ke seluruh tempat penyimpanan kayu dan akhirnya mengenai area pabrik tekstil.

Mengingat mereka masih dibawah umur, saat ini kedua anak tersebut mendapatkan bimbingan dari pihak berwajib dan memperingati mereka agar kejadian ini tidak terulang lagi.

Mengingat Insiden Kebakaran Pada Studio Kyoani

Kejadian kebakaran di Jepang ini mengingatkan saya pada studio Kyoto Animation atau biasa disingkat Kyoani pada tahun lalu. Kejadian ini mendapatkan perhatian serta turut berduka dari banyak orang di seluruh negara.

Pada 18 Juli 2020 yang lalu, studio Kyoani mengadakan sebuah acara untuk mengenang para korban akibat insiden tersebut. Studio Kyoani mengumumkan mengadakan acara khusus mengenang insiden kebakaran secara livestreaming melalui channel Youtube.

Acara ini diperuntukkan kepada para korban atas insiden kebakaran yang terjadi pada studio Kyoani pada 18 Juli 2019. Pengumuman ini diumumkan melalui situs blog resmi Kyoani, Berikut pengumumannya yang sudah saya transalasi ke Bahasa Indonesia.

Kyoani Mengenang Insiden Kebakaran Livestream Youtube

Terkait dengan kunjungan untuk mengenang insiden pada 18 Juli

Kami ingin menyampaikan terima kasih atas kepedulian kalian semua.

Sudah hampir satu tahu sejak insiden yang terjadi pada 18 Juli 2019.

Kami sudah menyiapkan semua dalam acara tersebut untuk semua sahabat kami, namun karena situasi COVID-19 saat ini, dengan terpaksa kami harus membatasi acara untuk menghindari kerumunan orang.

Dengan situasi seperti itu, kami meminta kepada kalian semua untuk tidak mengunjungi daerah bekas kebakaran Studio 1. Kami sangat menghargai kepedulian kalian atas alat transportasi dan juga penduduk setempat.

Sebagai gantinya, kami akan melakukan video livestream pada acara memorial tersebut di hari yang sama melalui channel resmi Youtube kami secara online.

*Livestream hanya di region Jepang

Sabtu, 18 Juli 2020 (10:30 JST – 10:40 JST)
*Momen mengeningkan cipta dimulai pukul 10:35
Livestream tersedia di KyoaniChannel
*Video akan tersedia untuk di luar Jepang sehari setelah livestream
  • Saat acara berlangsung, kami memohon kepada kalian semua untuk tidak berkunjung.
  • Karangan bunga dan pemberian dalam bentuk apapun, dengan berat hati kami menolaknya.
  • Kami sangat menghargai kebaikan kalian semua.

Terima kasih atas perhatian dan pengertian kalian.

3 Juli 2020

Kyoto Animation Co.,Ltd.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait acara mengenang insiden kebakaran studio Kyoani, kalian bisa baca disini.