Quantcast

Beranda » Pop Kultur » Komi Sulit Berkomunikasi Volume 5 Jalani Proofread, Penuh Kalimat Unik!

Komi Sulit Berkomunikasi Volume 5 Jalani Proofread, Penuh Kalimat Unik!

Kembali menarik perhatian, Editor Komik Elex-Level Comics mengungkapkan sejumlah kalimat unik di volume ke-5 Komi Sulit Berkomunikasi!

Setelah sebelumnya mengungkap kelucuan karakter Komi Shouko di volume ke-4, Editor Komik Elex-Level Comics dalam cuitannya mengungkapkan bahwa mereka tengah melakukan proofread untuk volume ke-5 Komi Sulit Berkomunikasi.

Melokalisasi lelucon Jepang dalam bahasa Indonesia

komi sulit berkomunikasi volume 05
FOTO: Twitter @comic_lxlc

Kegiatan proofreading kali ini mungkin agak sedikit rumit, lantaran ada sejumlah kalimat lelucon yang mungkin saja tidak dapat diterjemahkan dengan baik oleh editor ELEX.

Namun ternyata, editor ELEX dapat menerjemahkan kalimat lelucon yang dimaksud dalam chapter ke-61 dari seri Komi-san wa Comyushou desu.  Hal tersebut terungkap dalam cuitan mereka di akun @comic_lxlc pada hari Kamis (9/7) lalu.

Kalimat seperti “Groitted Daikuon” (berdasarkan terjemahan VIZ Media, USA), diterjemahkan oleh ELEX Media menjadi “Loubaque Pa Rood” dan nampak sangat ‘ngena’ pada sisi humornya.

“Di komik ini, sepertinya memang hanya Tadano Hitohito yang (nampak seperti) orang biasa,” ujar Editor Komik ELEX-Level Comics.

Netizen tertarik, komplain Volume ke-2 out of stock

Melihat hasil terjemahan yang sangat menarik dan masih memiliki jokes yang serupa dengan versi bahasa Jepang-nya, sejumlah warganet menyatakan tidak sabar menanti perilisan volume ke-5 Komi-san wa Comyushou desu.

“Pas diterjemahin kok jadi tambah menarik ya,” ujar Heri Iskandar dengan username @Ai85189, “good job kakak-kakak di tim Editor, ditunggu volume 4 dan 5 di Gramedia.”

“Asik! Langsung beli nih kalau volume ke-4 sudah terbit,” ujar Gus dengan username @Bagus_Dv.

Meskipun demikian, masih ada sejumlah warganet yang komplain mengenai stok Volume Komi-san wa Comyushou desu sebelumnya yang habis di toko buku Gramedia.

“Ga sabar buat Volume ke-4! Ngomong-ngomong Volume ke-2 out of stock ya,” ujar warganet @risanda_adhi. Hal senada turut disampaikan oleh warganet @Jokerfacex serta @esvite_50.

Menanggapi hal tersebut, pihak Editor ELEX-Level Comics menyebut akan berkoordinasi dengan pihak Gramedia terkait ketersediaan stok komik Komi-san wa Comyushou desu volume sebelumnya.

“Untuk stok, coba kami tanyakan ke pihak yang bersangkutan dulu, ya,” ujar Editor.

Jilid ke-4 Komi Sulit Berkomunikasi mungkin terbit bulan Agustus

komi sulit berkomunikasi volume 4
FOTO: ELEX Media/Shogakukan/Tomohito ODA @ 2016

Meskipun belum memberikan kejelasan kapan volume ke-5 akan diterbitkan, namun pihak Editor Elex-Level Comics telah memberikan sedikit informasi terkait perilisan volume sebelumnya.

“[…] Jilid 4 masih menunggu antrean terbit,” ungkap Editor dalam cuitan tersebut,  “Mudah-mudahan bisa terbit bulan Agustus!”

Kepastian kapan volume ke-4 seri Komi Sulit Berkomunikasi akan segera diterbitkan mungkin menjadi hal yang menarik untuk ditunggu. Sebab, dikarenakan pandemi COVID-19, sejumlah bisnis non-esensial terpaksa berhenti beroperasi selama 3 bulan guna menghentikan penyebarannya di masyarakat Indonesia.

Demikian pula dengan terungkapnya volume ke-5 Komi Sulit Berkomunikasi yang tengah di-proofread oleh para Editor ELEX-Level Comic. Hal ini turut menarik perhatian lantaran para Editor mampu melokalisasi lelucon Jepang.

Terlebih, lelucon yang dilokalisasikan tersebut tetap lucu dan nyaman untuk dibaca meskipun telah menggunakan Bahasa Indonesia.

Sinopsis Komi Sulit Berkomunikasi

sinopsis komik Komi-san wa, Komyushō desu.

Komi-san adalah seorang gadis cantik dan diisegani yang membuat semua orang tak bisa melepaskan pandangan darinya. Hampir seluruh sekolah menganggapnya seorang gadis cantik yang berada diluar jangkauan mereka.

Tapi Tadano Hitohito tau hal yang sebenarnya: Dia hanya sangat buruk dalam berkomunikasi dengan orang lain. Komi-san, yang ingin menyembuhkan kebiasaannya, berusaha meningkatkan kemampuan berkomunikasinya dengan bantuan Tadano-kun.

Loading...