Band Pop Rock Asal Malang, Fertikal, Tutup Tahun 2023 Dengan EP “123123”

Setelah merilis album “Gama” di pertengahan 2023 lalu, band Fertikal kembali rilis EP “123123” untuk menutup akhir tahun.

Fertikal
Band Fertikal beranggotakan 3 personil, yaitu Yudha (vocal), Rama (Gitar), dan Benny (bass) | FOTO: Fertikal Band Publicist | EDIT: Nawala Karsa

Satu lagi band asal kota Malang yang menyumbangkan karya mereka ke kancah musik Indonesia. Sukses dengan merilis album Gama di bulan Juni, ternyata belum cukup bagi Fertikal karena masih banyak karya yang belum terekam. Maka dari itu, Fertikal memutuskan untuk memproduksi mini album atau EP yang dirilis di akhir tahun 2023 ini berjudul “123123”

FERTIKAL adalah band rock alternatif yang berasal dari kota Malang, Jawa Timur. Beranggotakan 3 personil yaitu Yudha (vocal), Rama (Gitar), dan Benny (bass). Nama FERTIKAL sendiri bermakna hubungan antara manusia dengan Tuhannya, bahwa yang terjadi di dunia ini semua atas ijin Tuhan, termasuk terbentuknya band ini.

Tema album Fertikal kali ini memiliki tema numerologi di mana hari terakhir 2023 jika mengikuti urutan penulisan tanggal ala Amerika Serikat akan tertulis “123123”.

Makna Dari Tiap Lagu dalam EP “123123”

Fertikal band
Cover Artwork dari Band Fertikal. EP Terbaru Berjudul “123123” rilis di akhir tahun 2023 | FOTO: Fertikal Band Publicist | EDIT: Nawala Karsa

Yudha, selaku vocalist dari Fertikal menerangkan, “123123 adalah hari terakhir di tahun 2023 menurut penanggalan amerika di mana bulan dan harinya dibalik. 12-31-2023. Kami sepakat bahwa akhir adalah awal. Semua yang berakhir akan menjadi awal. Layaknya kita membuka buku, apabila mau melangkah ke bab 2, kita harus melewati/ mengakhiri membaca bab 1. Di hari terakhir tahun 2023 kami berharap akan tahun 2024 menjadi hal baik yang akan kita semua lewati. Aamiin.”

Kemudian, Yudha menambahkan, “Benang merahnya EP 123123  dengan album Gama adalah tentang perjalanan hidup. Di mana melupakan kegagalan dan membuka lembaran baru adalah suatu bentuk perjalanan yang pasti ada dalam kehidupan dan harus dilalui.”

Selain lagu self titled “123123” yang diciptakan Rama, ada pula 2 lagu lain yang merupakan benang merah dari tema “perjalanan hidup” tersebut yaitu “Terkubur Muda” oleh Yudha dan “Sungai Misteri” oleh Benny.

“Terkubur muda itu adalah lagu yg menggambarkan penyesalan seseorang setelah masa tua terhadap masa mudanya yang dibuang sia-sia karena tidak ada upaya keras dalam mengejar mimpinya. Hingga dia hanya bisa berkeluh kesah di masa tuanya. Makanya lagunya berjudul Terkubur Muda (artinya masa muda yang mati sia-sia). Tujuan lagu ini yaitu untuk mengingatkan semua generasi muda dimana saat2 usia emas manusia agar lebih berusaha keras dalam menggapai cita-cita agar tidak ada penyesalan di kala tua,” Ujar Yudha.

“Kemudian, lagu “Sungai Misteri” menggambarkan masa kecil ketika mandi di sungai. Kegiatan ini membuat pertemanan menjadi semakin akrab selain aktivitas ngopi kalau bahasanya anak muda sekarang. Lain halnya dengan nongkrong biasa, rasanya pertemanan jadi semakin erat kalau saat kecil dulu mandi di sungai karena sambil berpetualang menyusuri sungai. Kalau sekarang saat dewasa, ngopi dan ngobrol ngalor ngidul merupakan kegiatan pengakraban karena sudah bukan masanya untuk mandi di sungai dan berpetualang seperti dulu,” tambah Benny.

Selain itu, band Fertikal juga mengangkat fenomena kehilangan anggota keluarga dengan lagu “Berjalan Sendiri”, di mana sang pencipta lagunya, Yudha, menceritakan sudut pandang anak yang harus kuat berjalan sendiri tanpa seorang Ibu di sisinya. Kemudian ada pula lagu “Party Partai” yang merupakan kritik sosial fenomena money politic di setiap masa-masa kampanye yang diyakini tidak hanya terjadi di Indonesia namun juga di seluruh penjuru dunia.

Pengerjaan EP 123123 juga cukup singkat, rekaman EP ini dimulai pada bulan Oktober 2023 di Rama Project Studio. Kemudian, pada November 2023, Fertikal pun memulai mixing. Treatmentnya juga bisa dibilang istimewa, di mana pada pertengahan November, Fertikal mengirim file wav hasil mixing ke Sage Audio di Nashville, Amerika Serikat untuk proses mastering.

Akhirnya pada 1 Desember 2023 mereka pun men-submit hasil mastering tersebut ke aggregator. Selain 3 personil Fertikal yaitu Yudha, Rama dan Benny ada pula backing vocal yaitu Santimow dan Kholil sebagai drummer di lagu Terbunuh Muda, Sungai Misteri, dan Party Partai. EP 123123 didistribusikan oleh Sunsetroad Records milik Rama Project Studio sendiri pada tanggal 31 Desember 2023.

NawaReaders yang ingin mendengarkan EP 123123 ini, bisa langsung kunjungi spotify page dan Youtube dari Fertikal ya! Oh iya, jangan lupa untuk follow Instagramnya di @fertikalband!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.