Quantcast

Beranda » Menurut Kita » Pemain Perlu IQ Tinggi Bermain Game Arknights? Benarkah Demikian?

Pemain Perlu IQ Tinggi Bermain Game Arknights? Benarkah Demikian?

Sempat menjadi topik diskusi pemain, “Apakah game Arknights memerlukan IQ tinggi untuk bermain?”. Inilah yang perlu kalian ketahui!

Game Arknights sangat digemari oleh para pemain dan menjadi populer sejak server Global rilis. Sampai sekarang, antusias para pemain alias Dokter masih tinggi dalam menyelesaikan story, challenge quest dan event yang ada di game ini. Beberapa waktu yang lalu, sempat ada perbincangan antar Dokter membahas “Apakah game Arknights memerlukan IQ tinggi untuk memainkannya?”.

Sudah lebih dari 5 bulan, saya memainkan game ini sejak bulan Februari 2020. Maka dari itu, saya akan membahas “Apakah Arknights perlu IQ tinggi untuk bermain” berdasarkan pengalaman bermain game ini. Yuk, kita mulai saja pembahasannya!

Apa itu Game Arknights?

Sebelum kita mulai pembahasannya, terlebih dahulu kita bahas apa itu game Arknights. Arknights adalah sebuah game ber-genre Tower Defense RPG yang berasal dari Cina. Game ini dikembangkan oleh Studio Montage, Hypergryph rilis pada 3 Mei 2019. Kemudian pada 16 Januari 2020, YOSTAR merilis game ini untuk server global.

Game ini memiliki ciri khas unik dan berbeda dari game ber-genre Tower Defense RPG pada umumnya. Mulai dari cerita yang gelap disertai misterinya, karakter, gameplay dan masih banyak lagi.

Pemain Diharuskan Berpikir Keras Dalam Bermain

Arknights IQ Tinggi

Arknights memiliki berbagai macam tingkat kesulitan, baik itu di story utama, challenge quest ataupun event khusus. Disaat game ini mulai menunjukkan tingkat kesulitan, para pemain diharuskan berpikir keras dalam menyusun strategi dan membentuk tim yang terdiri dari operatoroperator dimana mereka memiliki tugas masing-masing. Para operator tersebut terdiri dari vanguardsnipermediccasterguarddefendersupporter dan specialist.

Pemain juga harus memikirkan posisi para operator di setiap map yang dikerjakan. Dan tentu saja operator tersebut harus diletakkan sesuai dengan tugas dan kemampuan yang mereka miliki. Semakin sulit misi yang dikerjakan, maka kegagalan dalam misi akan sering kalian temukan di game ini. Trial & Error atau tes berulang kali dalam menyelesaikan misi akan menjadi “makanan pokok” para Dokter.

Apa Hubungannya dengan IQ Para Pemain?

Arknights Skadi No Thoughts Head Empty
(Source: Arknights Reddit)

Dilansir dari Wikipedia, IQ (Intelligence Quotient) atau bahasa Indonesia adalah Kecerdasan Intelektual, merupakan sifat pikiran dalam mencakup kemampuan seseorang , mulai dari kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar. Dalam kata lain IQ merupakan tingkat kemampuan kecerdasan seseorang.

Apa hubungannya IQ pemain dengan bermain ini? Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, game ini mengharuskan para pemain untuk berpikir keras dalam bermain, terlebih untuk misi-misi yang sangat sulit. Kalian pasti akan sering melakukan Trials & Error untuk menyelesaikan misi sulit di game ini. Apabila seseorang dapat menyelesaikan misi sulit dengan cepat dan mudah, bisa jadi dia memiliki tingkat IQ yang tinggi.

Jadi, semakin tinggi IQ seseorang dalam bermain game ini maka semakin besar pula dia bisa menyelesaikan misi sulit dengan cara berpikirnya yang cepat dan menemukan solusi yang tepat.

Game Arknights Masih Bisa Dinikmati Oleh Semua Orang!

Arknights
(Source: Arknights Official Art)

Lalu bagaimana dengan orang yang tidak bisa menyelesaikan misi sulit di game Arknights karena IQ tidak terlalu tinggi? Jangan khawatir, bagi kalian yang suka bermain tanpa harus berpikir keras bisa melihat guide atau petunjuk cara menyelesaikan misi sulit tersebut di Youtube.

Para Dokter yang bisa menyelesaikan misi sulit dengan yang memiliki IQ tinggi, pasti ada mereka yang memberikan guide kepada Dokter lain. Hal ini bertujuan untuk membantu semua pemain agar bisa menyelesaikan misi sulit yang mereka hadapi. Tidak ada larangan menonton guide game Arknights, bukan?

Harap diingat, game Arknights atau game apapun pasti memiliki cara bersenang-senang untuk para pemain. Jika satu orang tidak bisa menyelesaikan misi dalam game, pasti ada orang yang memberikan guide bagaimana cara menyelesaikannya. Sesulit apapun misi pasti ada cara menyelesaikannya. Dan pihak developer pasti memikirkan juga para pemain untuk tetap bisa fun dalam bermain, termasuk game Arknights.

Reggie Former Nintendo Game is Fun

Jadi para Dokter, hiraukan saja istilah “perlu IQ tinggi bermain game Arknights” dari pemain lain. Istilah tersebut hanya sebuah sarcasm atau ejekan yang biasa terjadi dimanapun dan dalam kondisi apapun. Nikmati semua yang ada di game Arknights! Apakah itu ceritanya, gameplay ataupun gacha waifu/husbando kalian!

Loading...