Quantcast

Beranda » Jenderal Qasem Soleimani Sempat “Perang Meme” Dengan Donald Trump

Jenderal Qasem Soleimani Sempat “Perang Meme” Dengan Donald Trump

Salah satu jenderal berpengaruh di Iran yaitu Jenderal Qasem Soleimani terbunuh dalam serangan drone milik Amerika Serikat. Tapi ada hal yang cukup menarik sebelum kejadian itu terjadi.

Beberapa tahun sebelumnya, Jenderal Qasem dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sempat terlibat “perang meme” di sosial media Instagram.

Dikutip dari The Washington Post, pada tahun 2018, Trump meningkatkan tekanan untuk melawan Iran. Saat itu Presiden Iran Hassan Rouhani memberikan peringatan pada Amerika Serikat. Hassan Rouhani berkata bahawasanya “Iran adalah induk perdamaian, dan Iran adalah induk peperangan,”.

Yang kemudian peringatan tersebut direspon negatif oleh Donald Trump. Hal ini dianggap mengancam Negeri Paman Sam tersebut dengan cuitan berhuruf capslock di akun resmi Twitter-nya.

Beberapa hari kemudian setelah cuitan tersebut diunggah, Jenderal Qasem muncul untuk melindungi Presiden Rouhani. Jenderal Qasem memberitahu Trump melalui media Iran bernama Tasnim News Agency mengatakan:

“Jika kau memulai perang, kami akan menghentikannya, Kau tahu peperangan ini akan menghancurkan semua yang kau miliki.”

Qasem Soleimani VS Donald Trump Perang Meme

Walaupun Iran memblokir semua sosial media untuk warga negaranya, berbeda dengan Jenderal Qasem, melalui akun Instagram-nya yang memiliki sebanyak 70.000 followers mengunggah gambar Istana Gedung Putih meledak yang diketahui diambil dari film tahun 2013 bernama “Olympus Has Fallen“.

Pada gambar tersebut juga telah diedit dengan menambahkan sosok Jenderal Qasem Soleimani berada di depan Gedung Putih sembari memegang walkie-talkie.

Qasem Soleimani Donald Trump Perang Meme

Gambar tersebut direspon oleh Presiden Donald Trump setelah menarik diri dari Perjanjian Nuklir dengan Iran yang masih berusia jagung, dan memberikan sanksi ekonomi baru untuk Iran.

Pada bulan November 2018, Donald Trump melalui akun Twitter-nya mengunggah gambar poster meme yang memparodikan poster “Game of Thrones” dengan menggunakan foto dirinya sembari ditambahkan tulisan “Sanction is Coming” menggunakan font khas “Game of Thrones“.

Walaupun poster tersebut tidak ditujukan secara jelas untuk Jenderal Qasem. Namun keesokan harinya, Jenderal Qasem membalas poster meme tersebut dengan mengunggah meme serupa dengan menggunakan foto Jenderal Qasem dan diberi kalimat “I will stand against you“.

Qasem Soleimani dan Donald Trump mengenai “Perang Meme” baru disadari oleh banyak orang. Sayangnya pada bulan April 2019, akun Instagram milik Jenderal Qasem telah di-suspend tidak lama setelah Donald Trump memberi ancaman sanksi baru untuk Iran.

Loading...