Streamer Twitch mendapatkan pemberitahuan terkait The Digital Millennium Copyright Act atau disingkat DMCA. Twitch telah memberitahu para streamer yang menggunakan platform tersebut pada hari Selasa bahwa mereka telah menghapus konten yang melanggar kebijakan hak cipta setelah menerima permintaan penghapusan DMCA secara mendadak pada bulan Juni lalu.

DMCA dan Tindakan Twitch

DMCA (Digital Millenium Copyright Act), mengatur bagaimana materi berhak cipta dipakai online, dan ada ketentuan yang melindungi platform dari litigasi jika platform tersebut menghapus materi yang melanggar setleah diberitahu. Twitch memakai kebijakan tiga kali peringatan untuk pengunanya – Jika kalian mendapatkan tiga peringatan, kalian diblok.

Dalam pesan peringatan yang Twitch tulis, yang muncul di Twitter, Twitch menulis: “Kami menulis untuk memberitahu anda bahwa kanal anda terkena beberapa pemberitahuan penghapusan DMCA, dan konten yang telah diidentifikasikan telah dihapus. Kami mengetahui bahwa dengan menghapus konten ini, kita tidak dapat memberikan pilihan untuk mengajukan pemberitahuan tanggapan atau meminta pencabutan dari pembekuan hak. Kami telah memroses pemberitahuan ini dan memberikan anda peringatan satu kali untuk memberi anda kesempatan untuk belajar tentang hukum hak cipta dan peralatan yang tersedia untuk mengatur konten kanal anda.”

Respon Streamer

Streamer Twitch yang menerima pemberitahuan ini tentu mengekpresikan kekhawatirannya untuk beberapa alasan: mereka tidak yakin konten mana yang dianggap melanggar dan tentu saja tidak mau diblok, dan mereka kecewa ketika mereka tahu bahwa konten lama mereka dihapus tanpa keterlibatan mereka.

Melihat pemberitahuan tersebut, sepertinya banyak streamer Twitch yang dianggap melanggar. Twitch menghimbau untuk meninjau kembali semua video dan klip untuk materi yang tidak berlisensi. Twitch menyarankan agar menghapus arsip jika diarasa ragu apakah arsip tersebut melanggar atau tidak.

Solusi Sementara

Untuk mengatasi musik yang berpotensi melanggar hak cipta, Twitch menghadirkan fitur Twitch Soundtrack. Sebuah fitur yang berisikan kumpulan lagu-lagu yang bebas hak cipta, dapat dipakai untuk semua streamer Twitch, dan aman untuk di stream. Fitur serupa juga terdapat pada platform YouTube. Justin Ignacio, penemu Twitch, memeberikan alat untuk mengunduh semua arsip Twitch.

Kira-kira bagaimana tanggapan kalian mengenai streamer Twitch yang mendapatkan pemberitahuan terkait DMCA? Silakan tinggalkan pendapat kalian di kolom komentar ya!

Nawala Karsa NK Kurio