Steam Deck Konsol PC Baru dari Valve, Harga Mulai 5 Jutaan!

Naufal Alfarizy
Steam Deck Valve
FOTO: Valve

Perusahaan gim terkemuka Valve pada hari Jumat (16/7) mengumumkan produk terbaru mereka, yakni Steam Deck.

Produk tersebut merupakan konsol PC portable yang dapat memainkan gim komputer di manapun kalian berada. Seperti apa konsol tersebut, dan bagaimana cara membelinya?

Siapkan Tiga Varian Berbeda, Segera Rilis Desember 2021

Steam Deck Valve
FOTO: Valve

Konsol PC portable yang diumumkan oleh Valve tersebut nantinya akan dirilis dalam tiga varian yang berbeda. Mulai dari harga 399 Dolar AS, akan mendapatkan konsol dengan internal sebesar 64GB dengan jenis internal eMMC, dan sebuah case jinjing.

Sementara itu varian lain di rentang harga 529 Dolar AS akan mendapatkan konsol serupa, dengan internal storage tipe NVMe yang lebih cepat sebanyak 256GB. Selain carrying case, pembeli juga mendapatkan bundle spesial di profil Steam Community.

Varian terakhir di rentang harga 649 Dolar AS akan mendapatkan internal storage NVMe sebesar 512GB, dilengkapi kaca premium anti-glare, dan case jinjing yang eksklusif dari Valve.

Steam Deck direncanakan rilis pada bulan Desember 2021, tepatnya pada masa perayaan Natal dan Tahun Baru. Meski demikian, pembeliannya dibatasi menggunakan sistem antrian. Seperti apa sistem antrian tersebut, dan bagaimana cara membelinya?

Sistem Antrean Steam Deck dibuka Hari Ini!

Steam Deck Valve
FOTO: Valve

Melihat situasi scalping atau pemborongan produk yang masif akhir-akhir ini, Valve memutuskan untuk membuat sistem antrean bagi calon pembeli konsol PC jinjing tersebut.

Mulai hari Jumat (16/7) pukul 13.00 EDT, calon pembeli dapat mengambil antrean di situs Steam dengan biaya sebesar 5 Dolar AS. Antrean tersebut hanya berlaku untuk satu konsumen.

Konsumen yang berhak untuk mengantre pembelian Steam Deck ialah mereka yang telah memiliki akun Steam, dan juga telah berbelanja di platform tersebut di bulan Juli 2021, setidaknya 48 jam sebelum sistem antrean atau reservasi dibuka.

Sistem ini dibuka, selain dari situasi pemborongan yang masif dari sejumlah produk konsol rumahan, juga didasari atas pertimbangan atas perlambatan produksi hardware konsol akibat pandemi COVID-19.

Bisa Install Windows hingga Epic Games Store

Sejatinya, konsol PC tersebut didesain untuk penggunaan gim dan aplikasi dari Steam OS saja. Namun, Valve juga memberikan opsi bagi pengguna untuk menginstall aplikasi pihak ketiga di konsol tersebut.

Mengutip IGN, konsol Steam Deck dapat menggunakan sistem operasi Windows, bahkan juga dapat menggunakan aplikasi gim pihak ketiga seperti uPlay, Origin, hingga Epic Games Store.

Staf bagian pengembangan Valve, Erik Peterson mengungkapkan bahwa konsol tersebut pada dasarnya merupakan PC, yang dapat dipasang berbagai aplikasi maupun OS yang diinginkan.

Tak hanya itu, berbagai aksesoris juga dapat digunakan di konsol tersebut. “Produk apapun (selama) dapat dipasang dan dihubungkan melalui USB dan Bluetooth (dapat digunakan),” ujar staf Valve, Greg Coomer.

Bagaimana NawaReaders? Tertarik untuk membeli konsol PC yang satu ini? Pastikan kantong kalian cukup untuk membeli produk yang satu ini, ya!