Broadcasted by Galau Jikan FM

Square Enix Mengubah Kebijakan Para Pekerja Saat Pandemi COVID-19

Nadia Theresa Johari
square enix covid-19 e3 2021

Tak terasa sudah delapan bulan semenjak Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa penyebaran virus COVID-19 telah berubah skala menjadi pandemi. Semua orang di  dunia tentunya harus berusaha untuk tetap produktif dan beradaptasi dengan new normal. Hal ini juga dilakukan oleh salah satu perusahaan pengembang gim ternama asal Jepang, Square Enix dimasa pandemi COVID-19 atau Virus Corona.

Kebijakan Baru Square Enix untuk Para Pekerja Saat Pandemi COVID-19

Square Enix telah menjadi salah satu perusahaan yang memerintahkan para pegawainya untuk terus bekerja dari rumah di masa pandemi ini. Namun, mulai pada tanggal 1 Desember 2020, kebijakan bekerja dari rumah ini akan resmi menjadi kebijakan baru bagi para pegawai Square Enix bahkan setelah pandemi ini berakhir.

Sistem Baru

Pasalnya, pada Rabu lalu (25/11), Square Enix mengumumkan bahwa untuk ke depannya, mereka akan memiliki dua sistem cara bekerja untuk para pegawainya. Dua sistem tersebut adalah home-base dan office-base. Home-base adalah sebuah sistem di mana para pegawai dapat bekerja dari rumah selama paling tidak tiga hari. Sementara itu, dalam office-base, para pegawai dapat berangkat dan bekerja di kantor Square Enix di kawasan Shinjuku, Tokyo, Jepang.

Square Enix juga telah memberikan gambaran siapa-siapa saja di perusahaan mereka yang akan bekerja dengan dua sistem tersebut. Sistem home-base diperuntukkan bagi para eksekutif dan pegawai biasa dari Square Enix dan anak perusahaan mereka, Luminous Productions. Para pekerja yang harus bekerja dengan sistem office-base adalah mereka yang pada dasarnya harus mengerjakan proyek mereka di kantor. Meski begitu, para pekerja dengan sistem office-base dapat berganti-ganti tiap bulannya.

Adapun alasan Square Enix untuk mengubah cara kerja para pegawainya ini adalah untuk memberikan work-life balance atau keseimbangan antara waktu kerja dan kehidupan biasa, namun di saat yang sama tetap membangkitkan produktivitas. Harapannya, dua sistem ini dapat memastikan bahwa tetap ada kreativitas yang diperlukan dan tentunya produktivitas untuk menyajikan hiburan berkelas tinggi.

Tentang Square Enix

Game Square Enix E3 2020
FOTO: SCMP

Square Enix merupakan sebuah perusahaan pengembang dan induk perusahaan gim ternama asal Jepang. Semenjak didirikan pada tahun 1975 silam, Square Enix telah membuat berbagai gim yang dikenal oleh semua orang, seperti Final Fantasy, Dragon Quest, Kingdom Hearts, dan lain-lain. Sebagai sebuah perusahaan bisnis, Square Enix juga merambah ke ranah lainnya, seperti gim arcade, film, dan manga.

Selain gim Final Fantasy XVI dan sub-serial Final Fantasy VII Remake yang akan segera dirilis di PlayStation 5 pada 2021, Square Enix juga tengah mengerjakan proyek terbaru untuk serial franchise The World Ends with You dan Nier. Meskipun pada Desember nanti 80% pegawai akan bekerja dari rumah, Square Enix tetap optimis bahwa mereka dapat menyelesaikan semua proyek tersebut dengan baik.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.