Platform game Fortnite, Epic Games, kini tengah serang Apple atas tuduhan telah melakukan praktik monopoli. Hal ini terungkap dari aksi Apple yang telah mencabut game Fortnite dari App Store-nya. Sebelumnya, Epic Games memberlakukan kebijakan transaksi baru pada platform app store agar pemain tidak dikenai biaya tambahan.

Atas aksi dari Apple itu, pihak Epic Games pun langsung menyerang Apple dengan kampanye besar-besaran. Selengkapnya, mari kita simak laporan berikut ini.

Apple Cabut Fortnite dari App Store

Pihak Apple terpaksa memblokir akses download Fortnite dan mencabut game tersebut dari App Store-nya. Hal ini dilakukan setelah Epic Games memberlakukan kebijakan transaksi game tersebut. Pihak Apple mengklaim bahwa kebijakan tersebut telah melanggar salah satu peraturan dari Apple.

Sebelumnya, Google juga harus mencabut Fortnite dari Play Store dengan alasan yang sama. Namun demikian, kebijakan app store mengharuskan developer memberi 30% pendapatannya pada app store. Hal itu juga berlaku pada Google Play dan penyedia layanan app store lainnya.

Epic Games Berikan Mekanisme Pembayaran Terbaru Via App Store

Pada hari Kamis lalu, Epic Games memberikan mekanisme pembayaran terbaru melalui app store. Mekanisme ini membuat penggunanya hanya perlu membayar item-item dari Fortnite tanpa tambahan biaya apa pun. Padahal biaya tambahan dari app store sangat dibutuhkan untuk pajak dan app store tersebut.

Anehnya, mekanisme ini telah diberlakukan oleh Epic Games, namun tidak dilakukan pemeriksaan atau bahkan disetujui oleh pihak Apple. Mekanisme pembayaran langsung Epic Games tersebut juga dikritik keras oleh Apple karena telah melanggar kebijakan yang telah ditetapkan.

Serang Apple dengan Kampanye Besar-besaran dan Jalur Hukum

Atas kejadian tersebut, Epic Games langsung serang Apple dan menuding perusahaan itu telah melakukan praktek monopoli. Bahkan pihaknya juga melakukan kampanye besar-besaran melalui media sosial yang bertajuk #FreeFortnite. Pihaknya juga menyatakan bahwa Apple adalah salah satu contoh di mana perusahaannya memamerkan kekuatan untuk melakukan praktik monopoli.

Saat ini, Epic Games beserta ratusan juta fans Fortnite lainnya harus berperang dengan Apple lantaran kebijakannya yang dianggap tidak adil.

Nawala Karsa NK Kurio