Intel Ungkap Core i9-12900K “Alder Lake”, Prosesor Gaming Terbaik Tahun 2021

Matias Arvino Andrhasa
Intel Core i9-12900K header
©2021 Intel

Pada 27 Oktober 2021 yang lalu di San Fransisco, Intel secara resmi mengumumkan prosesor  Gen ke-12 Intel Core dalam ajang Intel Innovation. Dengan kedatangan Intel Core i9-12900K ini, sangat mampu untuk memenuhi kebutuhan kalian sehari-hari, hingga keperluan yang sangat berat sekalipun.

Dibekali dengan 16 Cores dan 24 Threads dengan Max Turbo Boost hingga 5.2 GHz, prosesor ini sangat cocok untuk penggemar gim ataupun pekerja profesional yang membutuhkan spesifikasi High-End.

Libas Semua Game, Content Creation Hingga Overclocking

Intel Core i9-12900K prosesor
©2021 Intel

Seperti yang kita tahu, processor ini didesain dengan basis performance hybrid architecture dari Intel sendiri, yang mampu menunjukkan performa core dan efisiensi core yang dikombinasikan untuk mendapatkan performa dengan skalabilitas yang tinggi

Dengan performance hybrid architecture Intel Core i9-12900K “Alder Lake” ini mampu menghasil performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya, entah dari sisi single-thread maupun multi-threads.

Menjadikan processor gaming paling kuat di tahun 2021 ini, sudah tidak bisa dipungkiri dengan 16 Cores dan 24 Threads, akan menjadikan pengalaman gaming yang menakjubkan. Menurut klaim dari Intel sendiri, Processor ini bisa meningkatkan FPS dari gim Far Cry 6 sebesar 23%. Jadi tak perlu khawatir kalau kalian ingin bermain sambil, streaming, bahkan recording sekaligus.

Selain itu, cocok untuk Content Creator,  Dengan kemampuan multi-thread yang tinggi hal ini memampukan intel i9-12900K ini baik untuk penggunaan konten kreasi baik untuk kelas pemula ataupun kelas berat. jadi jika kalian konten kreator yang suka rendering foto, video atau bahkan 3D sekalipun mampu dipercepat sebesar lebih dari 30% dibandingkan generasi sebelumnya

Memberikan pengalaman overclocking yang terbaik, tidak lengkap jika suatu processor yang begitu kuat jika tidak memiliki kemampuan overclocking yang baik. karena ini merupakan bagian dari Intel® Extreme Tuning Utility (XTU) 7.5 yang mampu mengoptimalkan kecepatan. Serta dengan Intel® Extreme Memory Profile (XMP) 3.0 memberikan bentuk overclocking yang lebih fleksibel dan lebih baik.

Fitur-Fitur Unggulan Intel untuk Pengguna Desktop

intel 12th gen variant
©2021 Intel

Berbicara tentang performanya sendiri sudah paling jelas yang terbaik diantara  generasi processor Intel sebelumnya sebelumnya, namun tidak sampai di sana saja. masih terdapat segudang fitur tambahan menarik yang akan membuat pekerjaan sehari-hari kalian menjadi lebih ringan dan cepat.

Dengan dukungan penuh terhadap RAM DDR5 dengan kecepatan hingga 4800MT/s, membuat kegiatan multi-tasking kalian bebas dari kata lag dan pekerjaan selesai dengan cepat. tidak hanya RAM saja loh, bahkan SSD PCie 5.0 sudah didukung oleh processor ini, yang membuat penyimpanan memori internal PC kalian lebih mantap.

Terdapat pula Intel® Smart Cache (L3) yang memungkinkan membuat kapasitas memori lebih lega dan membuat latensi lebih rendah. Bahkan mendukung Wi-Fi 6E yang mampu untuk menerima jaringan internet yang lebih kencang jadi selama main game, tidak ada yang namanya lag, atau ping latensi yang tinggi.

Jadi processor Intel i9-12900K yang sangat powerful ini sudah bisa dibeli sejak 4 November 2021 kemarin di lebih dari 30 negara, dilansir oleh Intel sendiri, harganya dimulai $589 atau sekitar Rp. 8,3 jutaan dan bisa jadi lebih murah lagi jika masuk jalur distribusi resmi di Indonesia.


Penulis: Matias Arvino