Baru-baru ini, terdengar kabar bahwa Netmarble cabang Indonesia mulai hari Senin ini, (31/5) menutup operasinya. Bagaimana dengan beberapa gim yang sudah tersedia kepada para pemainnya?

Kantor Netmarble Indonesia tutup, situs susah masuk?

Beberapa situs resmi untuk gim yang dibawakan Netmarble ke Indonesia sendiri belum dapat tembus ke halaman utama hingga kini. Pada pantauan Nawala Karsa, akses ke situs Netmarble cabang Indonesia hingga kini sedang terkendala. Termasuk induk dari situsnya sendiri, Netmarble Global, yang jika pengunjung melayari situs tersebut akan terhalang aksesnya.

Untuk laman forum Netmarble tentang diskusi beberapa gim flagship-nya masih bisa terbaca oleh para pengunjung. Forum tersebut tersediakan oleh developer gim terkemuka Korea Selatan tersebut yang memfasilitasi diskusi tentang strategi, bantuan dan hal lain berkaitan dengan setiap gimnya yang resmi rilis.

Diumumkan langsung oleh perwakilan Netmarble ID

netmarble tiger hong resigns

Dari ranah media sosial, Tiger Hong, CEO dari Netmarble Games Indonesia, mengatakan bahwa Ia akan meletakkan jabatannya sebagai CEO mulai Senin (31/5) ini. Di postingan Facebook-nya, Ia berkata bahwa Ia sangat berterima kasih kepada para mitra dan gamer yang telah membantunya populerkan sekian banyak gimnya selama sepuluh tahun terakhir.Ia mengatakan dalam awal statusnya bahwa kantor Netmarble Indonesia tutup mulai hari ini.

Beberapa komentar berdatangan yang mayoritas mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa yang telah Ia lakukan selama ini. Hingga artikel ini terangkat, sebanyak 500 kali lebih postingan asli dari Tiger Hong terbagikan kepada publik.

Gimnya masih bisa dimainkan

Seven Deadly Sins: Grand Cross telah diunduh 3 juta kali

Nawala Karsa juga mendapati info bahwa seluruh akses dari gim yang dibawakan Netmarble Games Indonesia telah dialihkan pengoperasiannya. Berdasarkan korespondensi kepada salah satu mantan pegawainya, Ia benarkan bahwa seluruh layanan gim untuk server Indonesia telah terintegrasikan kepada server di Netmarble global.

Meskipun demikian, proses integrasi tersebut meliputi beberapa perubahan secara signifikan. Pertama, layanan pemain pasca penutupan cabang Indonesia tersebut akan berpindah tangan kepada Netmarble pusat, yaitu di Seoul, Korea Selatan. Soal interaksi pemain antarmuka dalam setiap gim yang telah rilis ke Indonesia pun masih boleh akses secara penuh tanpa ada perubahan berarti.

Namun, bantuan layanan untuk para pemain jika menemukan kesulitan di tengah bermain akan tertuju kepada forum berskala global. Pemain dapat menulis beberapa informasi dan keluhan yang terdapati dengan menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasinya nanti.

Nawala Karsa NK Kurio