Gelar Bakti Sosial, Organisasi PBESI dan Unipin Tunjukkan Sisi Positif Esports!

Adi Styadi
PBESI

Persatuan Besar Esport Indonesia, alias PBESI, bersama Garudaku Akademi dan UniPin Community telah menggelar Bakti Sosial (baksos) di Sekolah Kami. Baksos ini berlangsung bersama dengan sosialisasi tentang efek positif Esport bagi kalangan keluarga yang kurang mampu.

Acara ini berlangsung di Sekolah Kami, yang berlokasi di Bintara Jaya IV Dalam, Bekasi Jawa Barat, hari Selasa (26/04). Dan hadir pihak-pihak yang berkontribusi dalam perkembangan Esport Indonesia.

Salah satunya adalah Robertus Aditya Pratomo Putro, kepala program Akademi Esports Garudaku. Ia berharap bahwa program ini akan bermanfaat, serta menginformasikan program lanjutan bagi pesera didik bidang esport.

“Saya berharap program ini bisa memberi lebih, tidak cuma bahan pokok saja, tapi program beasiswa untuk adik-adik.”

PBESI
Dokumentasi UniPin

Pada bagian lain, Robert juga menegaskan bahwa bermain gim video itu tidak hanya untuk hiburan saja. Saat ini, pemain gim dapat jadi pekerjaan, seperti sebagai atlit, atau mata pencaharian lain seperti konten.

Menurut Robert, selama anak dapat dibimbing, mereka dapat mengeluarkan semua potensi untuk bidang ini. Karena itu Garudaku, serta pemangku kepentingan lain dalam industri esport ingin melakukan pembinaan sejak dini. Salah satunya adalah berupa beasiswa lewat jalur prestasi esport.

PBESI Bersama Unipin: Menggali Talenta Tersembunyi

Meyakinkan bahwa gim video bisa jadi sarana masa depan, SVP UniPin Community Debora Imanuella menyampaikan bahwa esport dalam negeri sudah cukup baik. Salah satu buktinya dengan masuk sebagai pertandingan eksibisi esport PON Papua beberapa waktu lalu.

PBESI
Opening eksibisi Esport pada PON Papua 2021 lalu.

“Kami dari UniPin Community bersama dengan PBESI sangat berharap lewat esport dapat membantu masyarakat luas dan memberikan peluang sebesar-besarnya untuk masyarakat kita baik di tingkat nasional dan internasional.”

Menanggapi acara bakti sosial ini, Irina Among Praja, pembina Sekolah Kami mengapresiasi PBESI, UniPin dan Garudaku Akademi. Namun menurutnya, pokok permasalahan adalah bagaimana mengubah anak-anak penerima bantuan ini agar tidak hanya bergantung dari pemberian.

Irina mengatakan kalau penting bagi anak-anak tersebut untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Salah satunya lewat program beasiswa yang telah PBESI dan Garudaku Akademi sebutkan. Orang tua murid penerima bansos juga merasa senang dengan bantuan rumah tangga yang mereka dapatkan.

Berbagai informasi kegiatan UniPin Community seperti webinar dan acara masyarakat tersebut, dapat diakses lewat akun Instagram UniPin Community Official.