Quantcast

Beranda » Untitled Goose Game Menang Game of The Year Versi DICE Awards 2020

Untitled Goose Game Menang Game of The Year Versi DICE Awards 2020

Untitled Goose Game juga meraup dua penghargaan lain

Dengan gameplay yang simpel dan jenaka, siapa sangka gim Untitled Goose Game memenangkan penghargaan tertinggi dari ajang DICE (Design, Innovate, Communicate, and Entertain) Awards 2020, Game of The Year!

Dilansir dari Polygon, DICE Awards adalah ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh organisasi Academy of Interactive Arts & Sciences (AIAS) sejak 1998 sebagai acara puncak dari agenda tahunan DICE Summit di Las Vegas, AS. Sedangkan AIAS sendiri adalah sebuah organisasi bernaungkan lebih dari 30.000 orang dari industri gim.

Call of Duty, God of War, The Legend of Zelda, dan Overwatch adalah segelintir judul gim yang pernah memenangkan ajang penghargaan gim prestisius tersebut. Sehingga kemenangan Untitled Goose Game yang berasal dari pengembang gim independen (indie) adalah hal yang sangat mengejutkan.

Untitled Goose Game mengalahkan Death Stranding, Control, Disco Elysium, dan Outer Wilds yang juga termasuk dalam nominasi tersebut.

House House: “Ini sangatlah aneh.”

House House selaku pengembang gim Untitled Goose Game merasa senang sekaligus terkejut dengan gim ke-2 buatan mereka telah memenangkan ajang prestisius tersebut. Akun Twitter resmi House House mengunggah foto tangkapan layar (screenshot) dari laman Wikipedia tentang pemenang kategori Game of The Year dari ajang DICE Awards dari tahun ke tahun sebagai reaksi mereka.

Sebagai tim pengembang gim kecil asal Melbourne, Australia yang terdiri dari 4 orang anggota, mereka mengaku kesulitan saat membuat rekaman video untuk pidato penerimaan penghargaan dikarenakan masih tidak bisa membayangkan gim buatan mereka memenangkan ajang tersebut di sela melihat daftar nominasi lainnya. Pasalnya ketika pengumuman ajang tersebut diadakan di Las Vegas, tak ada satupun dari mereka menghadirinya.

Meraup Dua Penghargaan Lain

Untitled Goose Game juga meraih penghargaan terbaik untuk gim produksi pengembang independen (Outstanding Achievement for an Independent Game) dan karakter terbaik (Oustanding Achievement in Character) pada ajang ini, sehingga jumlahnya menjadi tiga buah.

Sebelumnya pada ajang The Game Awards 2019 lalu, Untited Goose Game masuk nominasi pada kategori gim produksi pengembang independen terbaik (Independent Game).

Death Stranding dan Nintendo Ikut Bersinar

Di lain cerita gim perdana produksi Kojima Productions, Death Stranding menyabet dua penghargaan; kategori desain audio terbaik (Outstanding Achievement in Audio Design) dan kategori teknis dalam gim terbaik (Outstanding Technical Achievement).

Sementara itu beberapa gim produksi Nintendo juga masuk ke dalam daftar pemenang penghargaan di ajang ini; Fire Emblem Three Houses (Strategy/Simulation Game of The Year), Luigi’s Mansion 3 (Outstanding Achievement in Animation), Super Mario Maker 2 (Family Game of The Year), dan Mario Kart Tour (Racing Game of The Year).

Disco Elysium memenangkan kategori jalan cerita dalam gim terbaik (Outstanding Achievement in Story). Dilanjutkan dengan Apex Legends sebagai pemenang dari kategori gim daring terbaik (Online Game of the Year). Adapun beberapa contoh judul gim lainnya yang memenangkan kategori lain yang belum disebutkan antara lain FIFA 2020, Control, Baba Is You, dan Sayonara Wild Hearts.

 

Tentang Untitled Goose Game

Gim bergenre gabungan antara simulation, action, puzzle, dan stealth ini dirilis pada bulan September 2019 untuk platform Nintendo Switch. Kesuksesan luar biasa yang diraih telah membuat gim ini akhirnya ikut merambah ke platform PlayStation 4 sejak 8 Januari 2020 dan Steam yang dijadwalkan dirilis pada akhir 2020.

Secara singkat, di dalam gim ini pemain berperan sebagai seekor soang (goose) yang membuat beragam keonaran kepada para penduduk di sebuah desa. Adanya sebuah daftar kegiatan (To Do List) yang harus dilakukan semakin menambah keseruan dan kegaduhan pada gim tersebut.

Simak berita pengiriman logistik Nintendo Switch yang terganggu akibat merebaknya virus Corona di sini.

Loading...