Quantcast

Beranda » Mengenal Ryzen, Processor yang Berhasil Taklukan Intel di Pasaran

Mengenal Ryzen, Processor yang Berhasil Taklukan Intel di Pasaran

Pada tahun 2017, AMD merilis processor barunya yaitu Ryzen. Processor tersebut dikenal telah berhasil melengserkan Intel di pasaran dan menjadi processor terbaik tahun ini.

AMD adalah produsen processor grafis untuk komputer yang popularitasnya sangat terkenal di dunia PC. Di pasaran, AMD sering kalah bersaing dengan saingan terberatnya, Intel, yang pada saat itu lebih superior dibandingkan dengan saingannya.

AMD kemudian memperkenalkan lini baru untuk processor-nya yang diberi nama Ryzen. Tidak memerlukan waktu lama, Ryzen berhasil mengalahkan Intel di pasaran serta menjadi CPU terbaik tahun ini. Nah NawaReaders, yuk kita kenal lebih dekat soal processor bawaan AMD, Ryzen.

Ryzen, CPU Bintang Lima dengan Harga Kaki Lima

processor ryzen amd pc

Processor Ryzen dirilis pada tahun 2017 yang difungsikan untuk kebutuhan gaming dan produktivitas. Ryzen mengimplementasikan teknologi Accelerated Processing Units (APU) dalam CPU-nya, yang berbeda adalah processing unit Ryzen berukuran kecil, yaitu 12nm. AMD telah mengeluarkan 3 seri Ryzen-nya untuk PC dan platform lainnya, yaitu seri 1000, 2000, dan yang terbaru 3000.

Processor ini diklaim sangat superior jika dibandingkan dengan pesaingnya, Intel. Selain peformanya yang cukup baik dan bisa mengalahkan Intel, tetapi juga harga Ryzen yang sangat terjangkau di pasaran. Hal ini tentunya membuat beberapa pengguna Intel harus hijrah ke CPU Ryzen, karena jauh lebih superior dan murah.

CPU Ramah Lingkungan dengan Harga Terjangkau

CPU Ryzen sangat berbeda dengan CPU AMD sebelumnya yang terbilang cukup boros. Ryzen menggunakan konsumsi daya yang cukup rendah dibandingkan dengan pendahulunya. Sehingga NawaReaders tak perlu khawatir CPU akan menjadi boros listrik dan mengeluarkan banyak tagihan listrik.

Bicara soal harga, Ryzen dibanderol harga yang sangat terjangkau, dibandingkan dengan pesaingnya. Rata-rata di pasaran, CPU Ryzen bisa dibandrol dengan kisaran harga 1,4 juta Rupiah hingga 7,8 juta Rupiah. Ryzen 5 3600, yang setara dengan intel core i7, dibanderol dengan harga 3,1 juta Rupiah.

Sementara itu, Ryzen 9 3900X, yang setara dengan Intel core i9, dibanderol harga kisaran 7,8 juta Rupiah. Harga yang termasuk cukup murah jika dibandingkan dengan Intel core i9 yang harganya bisa mencapai puluhan juta.

3rd Gen AMD Ryzen Menjadi CPU Tercanggih di Tahun 2019

processor ryzen amd pc

Pada tahun 2019, AMD memperkenalkan generasi terbaru CPU Ryzen-nya dengan menggunakan Zen 2 Architecture. Menggunakan processing unit TSMC yang berukuran 7nm dengan EUV node. Yang sangatlah canggih dan merupakan bawaan dari Castle Peak Micro architecture.

Selain canggih, CPU ini diyakini memiliki teknologi komputerisasi yang sangat cepat, responsif dan sangat terjangkau. Ryzen mengeluarkan varian dari generasi CPU ini seperti Ryzen 3, 5, 7 dan yang paling tinggi Ryzen 9. Semua CPU itu memiliki teknologi yang sama dengan perbedaan yang mengacu pada jumlah core, threads dan core clock speed.

Linus Kaget Melihat Ryzen Mampu Mengalahkan Intel

Techtuber terkenal, LinusTechTips, sempat kaget melihat peforma Ryzen yang mampu mengalahkan Intel. Sebelumnya, Linus sangat yakin jika sangatlah mustahil bagi AMD untuk mengalahkan pesaingnya itu. Melalui videonya itu, dirinya sangat takjub setelah melihat perbandingan peforma antara Intel dan Ryzen.

Yang dimana Ryzen terlihat tangguh dan mampu menyaingi processor terbaru dari Intel. Terlihat pada hasil benchmark, CPU Ryzen mampu menyaingi peforma CPU Core i9 9900K dari Intel. Dan bahkan mendominasi di beberapa hasil benchmark yang diadakan oleh Linus.

Mampu Saingi Intel dengan Teknologi Canggihnya

Ryzen dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih seperti GameCache, Precision Boost 2, StoreMI and SenseMI Technology. Satu CPU Ryzen 5 3600 saja berisikan 6 CPU Cores serta 12 Threads dengan base clock 3,8GHz. CPU itu bahkan mengalahkan Intel Core i7 yang dibanderol dua kali lebih mahal. Selain itu, Ryzen memanfaatkan teknologi Store MI yang mampu mempercepat kinerja SSD dan HDD.

Banyak Variasi untuk Penuhi Kebutuhanmu

CPU Ryzen memiliki banyak varian yang dapat menyesuaikan kebutuhan serta budget penggunanya. Jika Anda ingin menggunakan PC bertenaga Ryzen untuk memainkan game-game Esports, ambillah Ryzen 3 3200G. Selain harganya yang sangat terjangkau, dengan 4 CPU Cores dan 8 Threads, sudah cukup untuk mengangkat game-game Esports tahun ini.

Dan jika NawaReaders adalah mahasiswa dengan budget pas-pasan ingin membuat PC produktivitas, maka ambillah Ryzen 5 3600. Jumlah core dan threads CPU ini sudah cukup dan bahkan 11-12 dengan Intel Core i7, dengan perbandingan harga yang jauh. Processor ini membutuhkan penggunanya untuk menggunakan motherboard A320, B450, X470 dan X570, dengan RAM DDR4.

Loading...