Quantcast

Beranda » Game dan Tekno » Jumlah Pemesanan PlayStation 5 Akan Dibatasi, Kok Bisa?

Jumlah Pemesanan PlayStation 5 Akan Dibatasi, Kok Bisa?

Sony membatasi para pembelinya untuk melakukan satu pemesanan produk Playstation 5 saja! Apa alasan dibalik keputusan Sony tersebut?

Kabarnya, Sony hanya akan membatasi satu orang untuk melakukan pemesanan satu Playstation 5. Tidak lebih. Ini terlihat dari pengaturan dalam website PlayStation Store, demikian dilansir Gamerant, Senin (20/7/2020).

Rumor bermunculan di sosial media

konsol playstation 5 ps5
Desain konsol Playstation 5 | FOTO: Sony Interactive Entertainment

Pengguna Reddit u/Kgarvey mengungkapkan, beredar rumor bahwa Sony membuka periode pre-order Playstation 5, namun dalam jumlah yang dibatasi. Kgarvey menjelaskan, ia menemukan sebuah kode error yang akan muncul apabila pengunjung membeli lebih dari satu unit PS5 saat pre-order. Ia menjelaskan, kode itu ia temukan ketika sedang menelusuri source code di laman PlayStation Direct.

“Anda hanya dapat membeli satu versi konsol PlayStation 5: Disc (fisik) atau Digital. Anda telah menambahkan satu konsol PS5 ke troli Anda,” bunyi pesan tersebut.

Ketika konsumen mencoba menambah lebih dari satu unit PlayStation 5 ke dalam keranjang belanja, terdapat notifikasi dan peringatan yang muncul: konsumen tak bisa melanjutkan ke halaman pembayaran.

Sebaliknya, ketika konsumen hanya memilih satu PlayStation 5, ia dapat meneruskan pembayaran tersebut. Hal ini pun berlaku untuk semua tipe, baik digital ataupun versi dengan Disc Player.

Bukan strategi baru bagi Sony

sejarah playstation

Strategi pembatasan unit sebenarnya bukanlah hal baru yang dilakukan Sony. Pada tahun 2013, Sony pernah menerapkan kebijakan pembatasan pembelian pada pre-order peluncuran PlayStation 4.

Namun, sampai saat ini pihak Sony belum mengkonfirmasi lebih lanjut mengenai rumor tersebut. Sony Senior Vice President of Marketing Eric Lempel berjanji akan segera menyampaikan jadwal pre-order konsol PS5 ketika waktunya telah tiba.

“Kami akan memberi tahu Anda kapan pemesanan (pre-order) akan diadakan,” kata Lempel sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Game Spot, Selasa (21/7/2020).

Dengan itu, kemungkinan Sony membatasi pemesanan PlayStation 5 untuk menjaga agar konsol itu tersedia merata sehingga mencegah praktik ambil untung dengan memanfaatkan permintaan tinggi.

Sony tidak menginginkan kejadian penjualan PlayStation 5 serupa dengan PlayStation 4, seperti ketika penjualan PlayStation 4 dibuka, harga konsol ini melambung tinggi di pasaran.

Label gim kompatibel untuk Playstation 5 bocor?

Kgarvey juga mendapati informasi unik bahwa ia menemukan sebuah label dengan teks yang bertuliskan “PlayStation 5 Compatible”.

Dengan label tersebut, besar kemungkinan bahwa PlayStation 5 dapat memainkan game-game yang ada pada PlayStation 4. Beberapa waktu lalu, Sony memang sempat dikabarkan bakal memiliki sebuah fitur bernama backward compatibility.

Fitur tersebut diklaim dapat memungkinkan pengguna untuk memainkan game dari konsol PlayStation lawas. Selain hadir di PlayStation 5, fitur backward compatibility kabarnya juga akan hadir konsol Xbox terbaru, yakni Xbox Series X.

Menurut laporan Nikkei beberapa waktu lalu, diketahui Sony tengah mendorong produksi PlayStation 5 yang akan dikapalkan tahun ini.

Dilansir The Verge, Kamis (16/7/2020), penambahan produksi PlayStation 5 mencapai 50 persen dari rencana awal yaitu sekitar 6 juta konsol. dengan rencana ini, setidaknya Sony akan menambah jumlah produksi PlayStation 5 hingga 9 atau 10 juta unit.

Sony sendiri belum mengonfirmasi kabar tersebut. Namun penambahan itu diprediksi karena adanya permintaan yang meningkat selama masa pandemi ini.

Loading...