Benarkah Ini Anniversary Terburuk dalam Gim Dragon Ball Legends?

Anniversary Dragon Ball menghadirkan MUI Goku, namun dianggap sebagai yang terburuk dibanding tahun-tahun sebelumnya, benarkah demikian?

Wahyu Nurramadan Widayanto
Anniversary 4 Dragon Ball Legends
©BIRD STUDIO / SHUEISHA, TOEI ANIMATION ©Bandai Namco Entertainment Inc.

Produser gim Dragon Ball Legends, Toshi, kembali berulah.

Yang terbaru, pria asal Jepang ini membuat heboh para pemain gim Dragon Ball Legends melalui karakter yang dia rilis. Ultra Super Vegito, itulah karakter terbaru yang hadir dalam gim yang sudah berusia empat tahun ini.

Sebelumnya, dalam perayaan anniversary Dragon Ball Legends keempat, gim ini sudah merilis beberapa karakter.

Legends Limited MUI Son Goku, Super Saiyan Vegeta, Legends Limited Super Saiyan 3 Goku, dan Tapion, sudah lebih dulu hadir.

Seakan belum cukup, Toshi memberi kejutan kepada para pemain melalui karakter Super Vegito dengan rarity Ultra.

Hal ini dia sampaikan dalam acara reveal & stuff Dragon Ball Legends, pada Selasa (13/7).

Dengan masih berlanjutnya anniversary Dragon Ball Legends, artikel ini akan membahas seputar peringatan tahunan ini dan kecerdikan gim ini untuk menguras harta pemainnya.

Anniversary Dragon Ball Legends Sudah Ternantikan!

Dragon Ball Legends Anniversary
Visual untuk ulang tahun keempat Dragon Ball Legends. | ©BIRD STUDIO / SHUEISHA, TOEI ANIMATION ©Bandai Namco Entertainment Inc.

Pada akhir Mei lalu, gim Dragon Ball Legends merayakan anniversary mereka yang keempat. Seperti gim lainnya, perayaan anniversary selalu dinantikan oleh para pemain gim tersebut, karena biasanya akan ada banyak event yang hadir.

Bukan hanya itu, perayaan anniversary juga sering kali menjadi suatu momen saat karakter baru hadir dalam gim tersebut. Biasanya, karakter tersebut merupakan karakter yang sangat luar biasa dan diinginkan oleh para pemain.

Dalam gim Dragon Ball Legends, hadirnya karakter Mastered Ultra Instinct (MUI) Goku menjadi penanda anniversary gim tersebut sudah mulai.

Karakter ini hadir dalam part 1 anniversary, bersama Super Saiyan Vegeta, yang bisa bertransformasi menjadi Super Saiyan Blue Vegeta.

Dalam part 2, gim ini menghadirkan sosok Super Saiyan 3 Son Goku, yang mengambil referensi dari film Wrath of the Dragon.

Tentu saja, karakter ini juga luar biasa, baik dari ability yang dia miliki atau pun animasi yang ciamik. Hal ini bisa terlihat dari animasi ultimate attack yang dia gunakan.

Namun, hadirnya Super Saiyan 3 Goku bersama Tapion, rupanya kurang memuaskan bagi sebagian besar pemain.

Hal ini terlihat dari banyaknya komentar yang mengungkapkan anniversary empat Dragon Ball Legends adalah yang terburuk, apabila mereka bandingkan dengan anniversary sebelumnya.

Pada anniversary pertama, Dragon Ball Legends menghadirkan karakter Legends Limited Super Vegito. Berlanjut pada anniversary kedua yang menghadirkan Super Saiyan Blue Vegito.

Lalu, pada anniversary ketiga, yang dianggap terbaik dan berhasil membuat para pemain sangat puas, menghadirkan dua karakter Legends Limited sekaligus. Super Saiyan 4 Gogeta dan Corrupted Zamasu menjadi primadona kala itu.

Anniversary ketiga Dragon Ball Legends bahkan terbagi menjadi 2 bagian saat itu. Pada bagian kedua, gim ini menghadirkan Legends Limited Super Saiyan 2 Gohan yang mengambil referensi dari film Boujack Unbound.

Mengubah Pandangan “Worst Anniversary Ever” dalam Sekejap

Ultra Super Vegito
©BIRD STUDIO / SHUEISHA, TOEI ANIMATION ©Bandai Namco Entertainment Inc.

Hadirnya MUI Goku dalam anniversary tahun ini tentu sangat memuaskan para pemain, karena karakter ini sudah sangat lama mereka nantikan.

Terlebih kemampuannya dalam gim juga luar biasa. Namun, satu karakter fenomenal saja rupanya masih kurang.

Seolah sudah mengetahui para pemain akan merasa kecewa dalam anniversary tahun ini, Legends ternyata sudah menyiapkan kejutan lain.

Ternyata anniversary keempat tidak terbagi menjadi dua bagian seperti tahun lalu, melainkan tiga.

Hal ini tentu saja mengejutkan dan cukup membuat panik. Bagaimana tidak, chrono crystal para pemain kebanyakan sudah habis karena mereka menggacha pada karakter-karakter yang hadir.

Penulis juga merasa demikian, karena sudah merogoh kocek cukup dalam, untuk mendapatkan MUI Goku, gagal terus pula saat gacha.

Akhirnya, pada Selasa (21/7), karakter baru yang akan hadir dalam part 3 anniversary Dragon Ball Legends terungkap.

Super Vegito dengan rarity Ultra, siap hadir dalam gim dan menghabiskan uang para pemain.

Ungkapan anniversary yang mengecewakan hampir tidak muncul lagi, sesaat setelah Super Vegito dikonfirmasi hadir.

Kenyataannya, Super Vegito berhasil mengubah rasa kecewa para pemain dalam sekejap.

Kehadiran Ultra Super Vegito berhasil mengubah pandangan para pemain. Bukan hanya itu, melalui karakter ini, menunjukkan kecerdikan gim ini menguras harta para pemainnya.

Setelah banyak yang habis-habisan untuk mendapatkan MUI Goku pada part 1, kecewa pada part 2 yang berujung tetap menggacha, dan sepertinya banyak yang terpaksa harus Top up untuk part 3, karena sumber chrono crystal dalam gim kebanyakan sudah habis.

Tapi, apakah Super Vegito yang baru ini pantas untuk diperjuangkan?

Karakter Ultra yang Tidak Perlu Diragukan

Artikel ini tidak akan membahas secara detail mengenai kemampuan Ultra Super Vegito. Hal itu tidak perlu. Setidaknya, bukan pada artikel ini.

Alasannya sederhana, itu adalah karakter dengan rarity Ultra, sudah tentu ability-nya luar biasa. Selain itu, animasi juga tidak perlu penggemar pertanyakan lagi.

Yang pasti, melihatnya saja membahagiakan, apalagi jika memilikinya. Tapi, kalau kalian memang penasaran, coba lihat video ini.

Satu hal yang menjadi persoalan hanyalah bisa atau tidak untuk mendapatkan karakter gabungan Son Goku dan Vegeta ini. Sebagai karakter dengan level rarity tertinggi dalam gim ini, kemungkinan untuk mendapatkan Super Vegito dalam sekali gacha sangat kecil, hanya 0,350.

Karakter luar biasa, sumber chrono crystal sudah habis, kemungkinan sangat kecil, dan Super Vegito mendapat buff habis-habisan dalam setiap event baru yang muncul.

Saat ini, penulis ingin mengungkapkan satu kalimat. Kalian brengsek Dragon Ball Legends.


*Artikel ini ditulis saat penulis sedang mengumpulkan chrono crystal, demi Super Vegito.