Dibuka, Sail Yume Project, Lomba Pidato Bahasa Jepang Terbesar di Dunia!

Seno Triadi
sail yume project
©2022 Helte

Kabushikigaisha Helte (PT. Helte) pada Maret Ini telah umumkan bahwa sebuah lomba pidato bertajuk “Sail Yume Project – Nihongo de Yume ni Chikadzuku Haru” sudah dibuka. Lomba ini terkhususkan bagi semua peserta yang memiliki keingintahuan kepada negara, budaya dan pop kultur Jepang, mulai dari penggemar hingga pelajar bahasa Jepang. Lomba ini terbuka kepada seluruh peserta di seluruh dunia, yang ingin berpidato tentang mimpinya dengan Jepang.

Sail Yume Project ini merupakan sebuah lomba untuk bercakap dengan bahasa Jepang. Lomba ini tertujukan kepada semua orang yang ingin bekerja di jepang. Partisipan yang juga menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa perkantoran pun boleh mendaftar.

Partisipan lomba yang kemudian disebut sebagai Sailer ini akan bertanding selama satu setengah bulan. Dan akan terpilih setidaknya 10 finalis ketika memasuki tahap seleksi.

Tema pidato yang terambil untuk lomba kali ini adalah Mimpi Saya (自分の夢, Jibun no Yume).

Lomba ini berbeda dengan kompetisi lainnya, karena isi pidato terevaluasi berdasarkan pemikiran tentang mimpi peserta yang akan wujudkan. Begitu juga menekankan kepada sikap apa yang mereka lakukan sekarang untuk mewujudkan mimpinya.

Helte juga akan memberikan pemenang undangan ke Jepang serta kesempatan untuk magang di perusahaan Jepang.

Selama satu setengah bulan, Sailer Jepang dengan berbagai pengalaman di sejumlah bidang akan memberikan dukungan penuh kepada yang ingin belajar atau mendapatkan pekerjaan di Jepang.

Melalui Sail, Helte akan memberikan kesempatan untuk mengetahui tentang Jepang dan Bahasa Jepang. Termasuk pula, kesempatan untuk banyak berbicara dalam bahasa Jepang, dan kesempatan untuk bekerja di Jepang.

Hadiah dan Pendaftaran

Tentu saja, bagi pendaftar Sail Yume Project ini akan berkesempatan meraih sejumlah grand prize berupa tur ke Jepang sebesar 500.000 hingga 1.000.000 yen, yang biayanya adalah tanggungan oleh pihak Helte.

Pemenang lomba pidato ini akan dapatkan pengalaman langsung kerja di prefektur Kanagawa, dan pengalaman di Kyoto, Kyushu dan Niigata selama 1-2 minggu.

Masa pendaftaran lomba sudah mulai pada Senin (14/3) lalu, dan akan buka hingga Senin(11/4) untuk tahap pertama.

Tiga puluh peserta akan terseleksi untuk melaju ke tahap selanjutnya pada Senin (9/5). Kemudian di tahap kedua, peserta akan terseleksi lagi hingga menyisakan sepuluh orang saja. Mereka ini akan berlomba pada (5/6) di babak final pukul 6:30 WIB.

Semua kegiatan terlakukan lewat aplikasi Sail, yang bisa Kamu akses lewat sini. Bagi yang sudah daftar nantinya akan dapatkan akun gratis untuk peserta gunakan dalam berkompetisi, dan tentunya dapatkan sejumlah kebutuhan untuk persiapan pidato dalam seleksi lomba nantinya.

Selama persiapan pidato, partisipan akan terberikan pengarahan oleh beberapa dosen bahasa Jepang. Beberapa ilmu yang akan mereka berikan termasuk tata bahasa, pengucapan, dan cara presentasi secara detail.

Selain pembelajaran ini berguna agar anda dapat merasa tenang saat presentasi, pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang peserta.

Apabila NawaReaders ingin mendaftar lombanya biar bisa pergi dan kerja di Jepang, Kamu hanya tinggal kunjungi pranala ini!

Tentunya, biar tahu lebih lanjut mengenai Sail Yume Project ini, Kamu juga bisa mengunjungi situs resminya, juga lewat tautan ini, ya!

Cara Menonton Babak Final

Nantinya pada Minggu (5/6), kesepuluh peserta yang lolos ke babak final akan menunjukkan kebolehan berpidatonya yang bisa NawaReaders tonton secara publik.

Beberapa detil bisa kalian simak di bawah ini:

・Hari, Tanggal          : Minggu, 5 Juni

・Pukul                       : 8:30 Pagi (Waktu Jepang),

6:30 Pagi (Waktu Indonesia Barat)

・Tempat                    : Zoom (Online conference)

・Link pendaftaran    : Registrasi lewat pranala ini

Sail, Aplikasi Serba Guna Untuk Penggemar Jepang

Menghubungkan orang Jepang dengan penggemar Jepang dari seluruh dunia dengan menggunakan “Bahasa Jepang”. Sail adalah sebuah aplikasi layanan percakapan dalam Bahasa Jepang dengan jangkauan global.

Reservasi, percakapan, evaluasi, dan analisis, semua dilakukan secara terpadu, dan memecahkan masalah seperti penuaan di Jepang, pendidikan bahasa Jepang untuk orang asing serta pemahaman budaya Jepang, dan mempromosikan kehidupan multidisiplin.