Broadcasted by Galau Jikan FM

Hari Kedua UINF 2021, Berani Bicara Jepang Dengan Lomba Pidato

Seno Triadi
ui nihon fair 2021

Gelar Universitas Indonesia Nihon Fair 2021 yang telah terselenggara oleh pihak Himpunan Mahasiswa Jepang UI ini mengundang para siswa dari seluruh provinsi di Indonesia. Terutama, pada UINF 2021 ini salah satu program yang teradakan yakni lomba pidato antar anak SMA.

Ekspresikan Opini dengan Lomba Pidato UINF 2021

Dalam hari kedua UI Nihon Fair 2021 Minggu (7/11) lalu, salah satu kompetisi yang terselenggarakan ialah lomba pidato dalam Bahasa Jepang.

Lomba ini terikutkan oleh beberapa peserta serta mengundang dua juri, yaitu dosen pengajar atau sensei dari Program Studi Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, dan diadakan secara daring.

Pada kompetisi ini, sekitar enam peserta datang dari sejumlah sekolah menengah atas mewakili masing-masing provinsi di Indonesia, bertanding mengemukakan opininya. Beberapa dari pidato tersebut itu mendeskripsikan sejumlah topik yang menurut peserta menarik tentang kebudayaan Jepang. Contohnya dari pidato salah satu partisipan tentang kualitas pendidikan di Indonesia yang mengangkat sosial budaya.

Tiada halangan bagi kaum muda

uinf 2021 lomba pidato
Suasana lomba pidato daring UI Nihon Fair 2021 pada Minggu (7/11) lalu.

Ada juga peserta yang mengangkat kuliner Indonesia yang eksis di Jepang, seperti yang dikemukakan oleh salah satu partisipan. Ketika dalam sesi pertanyaan dari juri apakah kepopuleran tempe dari Indonesia di Jepang bisa berkompetisi dengan kuliner asli Jepang, Ia menjawab bahwa tergantung seberapa spesial dari makanan tersebut.

Contohnya, baik sushi maupun masakan lokal Indonesia itu setara dan masih bisa berbanding satu sama lain. Topik menarik lainnya yang terbawakan peserta, menyinggung cita-cita belajar di Jepang, yang kebetulan merupakan impian bagi setiap peserta lomba.

Penyelenggaran dari lomba pidato tersebut menunjukkan kemampuan partisipan, khususnya bagi siswa SMA, dalam kemukakan pendapat mereka terhadap Jepang. Terutama, isu sosial ekonomi serta relevansi dari pandemi yang hingga kini belum mereda.

Meskipun beberapa mengatakan baru pelajari bahasa Jepang sekitar enam bulan, pengucapan serta pemilihan kata dalam pidato mereka terbilang lancar dan memuaskan.

UI Nihon Fair 2021 Angkat Tema Terinspirasi Ikigai

Sebelumnya, UI Nihon Fair telah terselenggara selama dua hari, pada (6/11) dan (7/11) lalu. Acara ini tergelar dengan mengundang pelajar dari tingkat sekolah menengah keatas.

Acara ini juga mengusung tema Wit can be Attained in Creative Ways. Hal ini terinspirasi dari konsep ikigai (生きがい) yang berarti pengetahuan dapat tecapai dengan berbagai cara. Tema umum tersebut merupakan harapat agar membuat pendidikan tentang Jepang dari segi budaya dan studi ke Jepang sebagai sebuah pengetahuan berharga bagi para peserta.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.