Broadcasted by Galau Jikan FM

Pengumuman! Inilah Para Pemenang Kontes Web Novel MyAnimeList!

Riestario Kurnia Thodiansyah
myanimelist web novel header

Pada Senin (13/12) melalui situs komunitas anime berskala global, MyAnimeList, mengumumkan tiga pemenang untuk sayembara web novel mereka. Total hadiah berkisar hingga ratusan juta rupiah akan terbagi berdasarkan peringkatnya.

Kontes Web Novel dari MyAnimeList, Perebutkan Ratusan Juta Rupiah!

MyAnimeList (MAL), salah satu operator komunitas anime dan manga terbesar di dunia telah membuat kontes penulisan novel pada (5/7) lalu dengan total hadiah mencapai 10.000 dollar atau sekitar 143 juta rupiah.

Untuk tajuk lomba novel independen ini, MAL mengangkat tema umum yaitu, “I Was Browsing MAL As Usual Then I Realized My Web Novel Could Become Manga”.

Pengadaan kontes terlaksana dengan bekerja sama dengan Honeyfeed, sebuah komunitas web novel berbahasa inggris yang pengoperasiannya oleh Qdopp.

Yang tidak biasa dengan kontes ini adalah peserta tidak mengirimkan karya mereka secara lengkap dan lalu menunggu hasilnya.

Namun para peserta terimbau untuk mengunggah karya mereka secara satu demi satu bab pada saat periode masuk.

Nantinya para peserta akan mengembangkan karya tulis mereka sesuai dengan usulan dan saran dari pada pembaca.

Kontestan dari berbagai penjuru dunia dengan antusias mengirimkan karya mereka yang menampilkan alur cerita dan latar belakang yang berbeda seperti apa yang biasanya terlihat di Jepang.

Seolah – olah para peserta telah tidak sabar untuk menunggu kesempatan seperti kontes ini untuk membagikan ide – ide mereka.

Para Pemenang dan Cerita Mereka

Dari 853 karya tulis yang ada, 50 telah masuk ke babak pemungutan suara semi-final. Selanjutnya, submisi karya yang masuk terseleksi hingga menjadi sepuluh karya.

Setelah itu sekali lagi dipilih oleh para pembaca untuk memilih 3 karya tulis terbaik yang akan menang.

Juara pertama kontes ini ialah Pearlyn Mirabella dengan karyanya yang berjudul Realm Assassin sehingga dia berhasil mendapatkan 5.000 dollar (sekitar 71 juta rupiah).

Juara kedua diraih oleh Harmonica Writes yang berhasil memenangkan hadiah kontes sebesar 3.000 dollar (sekitar 42 juta rupiah) dengan karyanya yang berjudul The Consequence of Saving the World.

Dan juara ketiga yang berhasil membawa pulang 2.000 dollar (sekitar 26 juta rupiah) adalah Oscar H.M. dengan karyanya yang berjudul The Sequence of Kai.

Karya dari para pemenang nantinya akan ditinjau oleh perusahaan penerbit Kodansha untuk kemungkinan publikasi atau bahkan komikalisasi.

Selamat bagi para pemenang Kontes Web Novel MyAnimeList!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.