JAPAN FOUNDATION JAKARTA – Belakangan ini, ilustrasi bergaya Jepang telah menjadi sangat populer di Indonesia. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya penggemar anime, manga, dan budaya populer khas Jepang di Indonesia.

Acara Pendukung Jakarta Japan Matsuri 2021

Melihat hal ini, The Japan Foundation Jakarta (JF Jakarta) selaku pusat kebudayaan Jepang ingin semakin mendukung kegiatan pertukaran budaya ini dengan mengadakan sebuah acara pembelajaran ilustrasi Jepang bertajuk ARTtention! Open Call for Illustration bersama ilustrator Naoki Saito.

Acara ini nantinya akan digelar sebagai bagian dari Jakarta Japan Matsuri 2021, yang juga didukung oleh The Japan Foundation, Jakarta.

Melalui program pembelajaran ilustrasi Jepang ini, Naoki Saito akan mengajarkan teknik-teknik ilustrasi Jepang kepada masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan kemampuan menggambar mereka.

Namun, sebelum program pembelajaran ini dimulai, JF Jakarta ingin mengajak para pencinta anime, manga, maupun ilustrator dari Indonesia untuk berpartisipasi dengan mengirimkan karya original mereka.

Nantinya, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan feedback dari Saito-sensei dalam gelaran live streaming Jakarta Japan Matsuri 2021. Satu karya peserta yang beruntung juga akan diumumkan dalam acara yang sama, lho.

Detail ARTtention! Open Call for Illustration

arttention japan foundation jakarta

Para penggemar anime, manga, dan juga ilustrator Indonesia yang ingin mengembangkan kemampuan mereka dalam menggambar dapat mengikuti acara yang diadakan oleh Japan Foundation Jakarta, ARTtention! Open Call for Illustration bersama dengan Naoki Saito. Namun, sebelum mengikuti acara ini, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan.

Program ini memiliki sebuah tema, yaitu Your Original Character. Kalian dapat mendaftar untuk mengikuti acara ini sebagai peserta melalui link ini. Pendaftaran telah dibuka pada tanggal 1 Juni 2021 lalu, dan akan ditutup pada tanggal 20 Juni 2021 mendatang.

Adapun beberapa peraturan penting dalam acara ini adalah para peserta yang mendaftar haruslah merupakan warga negara Indonesia (WNI), serta karya yang dikirimkan merupakan karya original. Duplikasi, pembajakan, maupun plagiarisme tidak akan diterima dalam acara ini. Batas pengumpulan karya adalah sampai dengan pukul 23:59 WIB tanggal 20 Juni 2021 nanti.

Berikut adalah sejumlah ketentuan lainnya yang wajib diperhatikan oleh para peserta.

  • Kegiatan ini tidak dipungut biaya.
  • Karya yang dikirimkan tidak harus karya baru. Pendaftar bisa menggunakan karya lama, asalkan karya lama tersebut merupakan karya original dari pendaftar.
  • Pendaftar bisa mengirimkan lebih dari satu karya.
  • Karya yang dikumpulkan berformat digital dengan dua macam file, yaitu .psd (Photoshop), lengkap dengan layer, dan .jpg atau .jpeg (gambar biasa). Namun, jika tidak ada format .psd, file .jpg, .jpeg, dan .pdf juga diperbolehkan.
  • Data ilustrasi yang telah dikoreksi dapat dilihat melalui akun Pixiv FANBOX Saito-sensei untuk keperluan pembelajaran.

Karya original yang telah dibuat dikumpulkan bersama dengan formulir pendaftaran yang telah diisi ke alamat surel [email protected] dengan subjek ARTtention!_(Nama pendaftar).

Tentang Naoki Saito

arttention japan foundation jakarta

Naoki Saito merupakan ilustrator dan Youtuber berkebangsaan Jepang yang lahir pada tahun 1982. Setelah mengenyam pendidikan tinggi dan lulus dari Universitas Seni Tama, Saito-sensei sempat bekerja di sebuah perusahaan pengembangan game.

Saat ini, Saito-sensei bekerja sebagai seorang freelancer. Beliau juga menjadi ilustrator utama untuk serial video game Dragalia Lost dan menangani pewarnaan untuk serial manga Baki. Saito-sensei juga sering berbagi ilmu teknik menggambar melalui kanal YouTube pribadinya.

Nawala Karsa NK Kurio