2 Tahun Hiatus, Indonesia Comic Con 2022 Bakal Sajikan Acara Menarik

Indonesia Comic Con kembali hadir secara luring tahun ini. Akan ada berbagai hal menarik di dalamnya. Simak artikel berikut ini

Pasthiko Pramudhito P
Acara Indonesia Comic Con
Jumpa Pers Indonesia Comic Con 2022 | FOTO: Seno Triad

Salah satu acara pop culture terbesar di Indonesia, Indonesia Comic Con kembali diselenggarakan setelah absen selama 2 tahun, sejak diselanggarakan terakhir pada tahun 2019

Indonesia Comic Con 2022 (ICC) akan digelar secara luring selama 2 hari pada tanggal 2 sampai 3 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, tepatnya di Hall B. 

Comeback-nya Indonesia Comic Con setelah 2 tahun absen pun membawa hal-hal baru yang menarik dan fresh.

Beberapa hal-hal tersebut diutarakan saat jumpa pers Rabu (28/9) lalu yang dihadiri sejumlah tokoh terkait Indonesia Comic Con 2022.

Tokoh-tokoh yang hadir adalah Royanto Handaya selaku Direktur PT Pameran Masa Kini, Andita Tirtawisata selaku Project Manager Indonesia Comic Con 2022.

Kemudian ada juga Desey Muharlina Bungsu selaku Category Lead Fashion Tiktok Shop, Kenneth Destian Tali CEO dari SerMorpheus, dan Temi Sumarlin Chief of Committee Gekraf.

Lima Pilar Pop Kultur Bersatu di ICC 2022 dalam ‘Local Rise Up

Acara Indonesia Comic Con
Konferensi Pers Indonesia Comic Con 2022 |FOTO: Seno Triadi

Pada Indonesia Comic Con 2022 ini akan terdiri dari 5 pilar penting yang menjadi wajah dari event tersebut.

Di antaranya adalah Toys, Games, Comic, Lifestyle, dan Movies. Dari 5 pilar tersebut tema yang akan dibawa adalah Local Rise Up.

Tema Local Rise Up ditujukan pada perkembangan talenta-talenta lokal, sehingga Indonesia Comic Con 2022 akan lebih menyorot pada pop culture indonesia

Pada jumpa pers, Andita Tirtawisata menyampaikan jika akan ada production house perfilman Indonesia yang hadir pada Indonesia Comic Con 2022 ini. 

“Kita akan bekerja sama dengan beberapa production house, seperti Sri Asih dari Bumilangit, Tira Series yang akan tayang di Disney+ Hotstar, dan juga ada Qodrat dari Magma Entertainment.”

“Nantinya mereka akan melakukan movie panel di stage. Mereka membawa cast serta film maker untuk membahas tentang perfilmannya,” tambah Andita Tirtawisata.

Selain itu juga akan ada comic artist yang datang yakni Carlo Pagulayan dari Filipina. “Adanya comic artist diharapkan dapat menjadi panutan untuk future comic artist di tanah air,” ujar Andita Tirtawisata.

Indonesia Comic Con 2022 juga akan menghadirkan sejumlah Vtuber beken seperti Mythia Batford, Kobo Kanaeru, dan Moona Hashinova generasi pertama Vtuber agency, Hololive Indonesia

Selain itu ICC 2022 juga akan kedatangan pemeran dalam film Superman, Brandon Routh yang memang sudah ingin sekali dihadirkan dalam event kali ini.

Untuk performance guest, akan dimeriahkan oleh idol group, Shojo Complex. Shojo Complex sendiri sudah tak sabar datang memeriahkan ICC 2022 setelah penampilan terakhir mereka event mereka pada tahun 2018

Serta dalam Indonesia Comic Con 2022 ini juga akan dimeriahkan oleh para cosplayer baik internasional seperti Knite dan Jasper dan juga dari Indonesia, Echow. 

Eksplorasi Keragaman Dunia Pop Kultur di Tahun Ini

Andita Tirtawisata
Andita Tirtawisata selaku Project Manager Indonesia Comic Con 2022 | FOTO: Seno Triadi

Indonesia Comic Con 2022 juga akan lebih luas lagi mengeksplor pop culture di berbagai belahan dunia. Baik dari barat, lokal, jejepangan, dan lain sebagainya

Seperti diungkapkan Andita Tirtawisata “Kita benar-benar mencari sebanyak-banyaknya luasan tentang pop culture. Jadi kita juga ada pop culture dari western, ada juga dari jejepangan, dan lain sebagainya.”

Misalnya dari western akan ada movie campaign, seperti beberapanya ada Black Adams dari DC dan film-film besutan Disney seperti She Hulks, Andor, dan Avatar

Dengan tagline Unleash the True You, Andita Tirtawisata menjelaskan jika tagline tersebut untuk menyorot acara selebrasi pop culture bagi yang datang ke Indonesia Comic Con 2022.

Dengan tagline tersebut para visitor yang datang diharapkan dapat mengekspresikan hasrat mereka dalam dunia pop culture dari pilar-pilar yang ada.

 Portofolio Review sampai NFT Dihadirkan di ICC 2022

Kenneth Destian Tali
CEO SerMorpheus, Kenneth Destian Tali sedang memaparkan tentang NFT Ticketing | FOTO: Seno Triadi

Andita Tirtawisata menyampaikan jika ICC 2022 juga akan menghadirkan sejumlah program baru. Pertama adalah akan adanya Portfolio Review

Portfolio Review di mana setiap brand bisa melakukan rekrutmen untuk melakukan interview kepada talenta-talenta berbakat, yang terpilih untuk melakukan interview akan mendapat tiket Indonesia Comic Con secara gratis,” ungkap Andita Tirtawisata.

Selain itu Andita Tirtawisata juga menambahkan akan ada kerja sama dengan beberapa institut dan juga organisasi untuk melakukan workshop kepada para talent di Indonesia. 

Menyoal pembelian tiket pun, ICC 2022 juga akan hadirkan nafas segar dengan adanya NFT Ticketing. Di mana Indonesia Comic Con 2022 bekerjasama dengan SerMorpheus untuk produksi NFT. 

Adanya NFT Ticketing diharap dapat memberikan gamification dan pengalaman baru kepada para visitor, serta memperkenalkan NFT sebagai tiket.

NFT Ticketing ini pun bisa sangat bermanfaat bagi para visitor, seperti mendapatkan berbagai merchandise langka dan lain sebagainya. 

“NFT Ticketing dapat memberi berbagai benefit khusus kepada para holder-nya. Paling gampang ada yang bisa mendapatkan coffee voucher, special merchandise, serta dapat kesempatan meet & greet di ICC.

Ada juga yang mendapatkan lifetime benefit. Jadi dari sekarang sampai ICC kedepannya tak perlu beli tiket lagi,” ujar Kenneth Destian Tali tambahnya. 

Kenneth Destian Tali juga menjelaskan jika NFT ke depannya akan mengubah industri ticketing, NFT bisa menjamin keaslian dari tiket karena sifatnya tidak bisa dipalsukan. Bisa jadi barang koleksi (memorabilia). 

Tentang Indonesia Comic Con

Acara Indonesia Comic Con merupakan salah satu event pop culture terbesar di Indonesia yang selalu konsisten menghibur para pengunjung. Seperti diungkap Royanto Handaya, Indonesia Comic Con pertama kali hadir pada tahun 2015. 

Sejak awal kehadirannya Indonesia Comic Con konsisten diselenggarakan secara luring sampai 2019. Kemudian absen 2 tahun akibat pandemi.

Selama pandemi Indonesia Comic Con juga tetap menghibur penonton lewat virtual roadshow dengan tema Road to ICCTahun ini Indonesia Comic Con dapat kembali diselenggarakan secara luring dengan dukungan dari berbagai pihak. 

Dukungan tersebut datang dari Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Serta dari berbagai brand ada Tiktok Shop, SerMorpheus, dan masih banyak lagi. Tak lupa juga dukungan dari para penggemar pop culture di tanah air. 


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.