Studio Ponoc Rilis Anime Tomorrow’s Leaves untuk Olimpiade 2020

anime tomorrow's leaves olimpiade

Pada Jumat (23/7), International Olympic Committee atau Komite Internasional Olimpiade merilis sebuah tayangan film anime pendek berjudul Tomorrow’s Leaves.

Anime pendek berdurasi 8 menit ini diproduksi oleh Studio Ponoc untuk Olympic Foundation for Culture and Heritage dalam rangka ikut memeriahkan Olimpiade Tokyo 2020.

Kalian bisa menonton anime pendek Tomorrow’s Leaves di bawah ini, ya!

Sinopsis

anime tomorrow's leaves

Komite Internasional Olimpiade juga telah menyisipkan sinopsis untuk Tomorrow’s Leaves. Anime pendek ini berfokus pada kedatangan tahunan dari sebuah daun yang membawakan pesan menghadirkan kekhawatiran. Ada sesuatu yang salah kali ini.

Daun yang menyampaikan pesan itu tidak segar lagi—warnanya yang cerah dan bertahan lama itu kini sudah digantikan dengan warna yang pudar. Daun itu juga hancur dan kemudian menjadi layu.

Menanggapi hal ini, lima utusan dari lima tempat berbeda pun ditugaskan untuk mengetahui apa yang sebenarnya telah terjadi. Kelima utusan ini juga bukan utusan biasa—mereka adalah sejumlah individu yang memiliki kelebihan serta kelemahan masing-masing. Mereka saling berkompetisi dan membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan mereka.

Lima utusan tadi juga harus menghadapi berbagai medan berbahaya dan situasi-situasi sulit. Melalui halangan dan rintangan yang dihadapi dan persatuan yang tercipta dari olahraga, mereka menemukan berbagai macam nilai positif yang disertai kompetisi yang menyenangkan.

Semakin lama mereka berjuang, semakin dekat pula mereka dengan sumber permasalahan yang menyebabkan layunya daun pengantar pesan. Apakah mereka dapat memperbaiki masa depan di tengah kesulitan?

Di balik produksi Tomorrow’s Leaves

tomorrow's leaves anime olimpiade

Dalam sebuah kesempatan wawancara, Founder Studio Ponoc, Yoshiaki Nishimura, berbagi cerita tentang proses di balik produksi film anime pendek Tomorrow’s Leaves. Ia berkata bahwa sebelumnya Komite Internasional Olimpiade telah menghubungi Studio Ponoc untuk memproduksi sebuah film anime dengan durasi panjang (feature-length).

Komite Internasional Olimpiade mengajukan produksi film tersebut ketika Studio Ponoc masih berfokus dalam pengerjaan film anime Modest Heroes. Namun, Nishimura berpendapat bahwa ia tidak percaya para animator di Studio Ponoc memiliki keterampilan tertentu untuk memproduksi sebuah karya film tentang olahraga.

Menanggapi hal tersebut, Komite Internasional Olimpiade pun mengajukan permintaan pembuatan film anime pendek. Studio Ponoc pun menerimanya dan Tomorrow’s Leaves pun segera dikerjakan.

Film anime pendek produksi Studio Ponoc ini merupakan film yang digambar dengan tangan yang diserahkan kepada Olympic Foundation for Culture and Heritage’s Art and Culture Programmes. Ini juga menjadi karya komisi pertama dari Studio Ponoc.

Sutradara dan staf

tomorrow's leaves anime olimpiade

Anime pendek Tomorrow’s Leaves disutradarai oleh Yoshiyuki Momose. Selain Momose, hadir pula Takatsugu Muramatsu sebagai staf yang menangani musik serta efek suara yang muncul dalam Tomorrow’s Leaves.

Sebelum menyutradarai film anime pendek ini, Momose telah bekerja sama dengan sutradara dari Studio Ghibli, Isao Takahata, sebagai staf di berbagai bidang dalam film-film seperti Grave of the Fireflies, Only Yesterday, dan The Tale of Princess Kaguya.

Beberapa bidang yang Momose tekuni sebelumnya dalam proyek-proyek film Takahata adalah sebagai pengarah animasi dan storyboarder.

Penayangan Tomorrow’s Leaves

Penayangan perdana anime Olimpiade Tomorrow’s Leaves dilaksanakan dalam upacara pembukaan Annecy Festival di Annecy, Prancis, pada 14 Juli 2021.

Film ini juga telah ditayangkan di Jepang melalui Skytree Round Theater di dekat puncak Tokyo Tower sejak 12 Juli dan akan terus diputar hingga 5 September 2021.

Salah satu bioskop di Jepang, United Cinemas Toyosu, menghadirkan film anime pendek Tomorrow’s Leaves secara terbatas. Film anime pendek ini akan tayang di sana dari tanggal 23 Juli hingga 29 Juli 2021.