Pada Senin (28/12), Studio Khara selaku studio produksi dan juga pemegang lisensi dari serial Neon Genesis Evangelion merilis sebuah guideline atau serangkaian pedoman. Pedoman tersebut mengatur konten-konten Evangelion yang diciptakan oleh para fans.

Studio Khara Rilis Pedoman Konten Evangelion Buat Para Penggemar

Pedoman tersebut dapat diakses di situs resmi Studio Khara. Studio Khara menyebutkan bahwa pedoman tersebut dibuat untuk tetap mengizinkan para fans untuk membuat karya-karya dari Evangelion. Studio Khara juga menyebutkan bahwa pedoman ini tidak berlaku untuk perusahaan komersial.

Hal ini termasuk dalam menyertakan properti dari Evangelion pada karya mereka. Perusahaan komersial yang ingin melakukan hal tersebut diharapkan untuk menghubungi Studio Khara secara langsung.

Isi Pedoman Konten Neon Genesis Evangelion Buat Penggemar

Seperti yang telah disebutkan di atas, pedoman dari Studio Khara ini mengatur mengenai konten-konten apa saja dari Evangelion. Pedoman ini diperuntukkan kepada para penggemar hal-hal apa saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan.

Salah satu peraturan adalah jika fans yang bersangkutan memiliki Patreon atau kanal YouTube, fans tersebut dapat menggunakan video dan audio sebagai quotation atau “nota” dan memiliki monetisasi. Namun, Studio Khara juga mengimbau agar konten dari fans tersebut tidak semuanya bermuatan serial Evangelion.

Pihak Studio Khara juga meminta agar para fans yang membuat konten atau fan works dari Evangelion. Mereka menghimbau untuk tidak menggunakan karya mereka untuk mempromosikan hal-hal seperti rasisme dan fanatisme. Hal berkaitan dengan politik pun tidak diperbolehkan.

Para fans diharapkan pula untuk tidak menggunakan serial Evangelion untuk menggambarkan hal-hal yang memuat kekerasan berlebihan. Hal ini termasuk juga untuk konten yang tidak untuk aman bagi mereka yang masih dibawah umum.

Poin terakhir ini sepertinya telah menjadi isu utama dalam hak cipta Evangelion sejak serial tersebut dirilis. Agaknya, peraturan ini dibuat agar para fans dapat lebih bijak dalam membuat konten berdasarkan serial Evangelion pada event Comiket yang akan datang.

Kolaborasi dengan Pixiv

Evangelion 3.0+1.0: Thrice Upon a Time

Guideline atau pedoman dari Studio Khara terhadap penggunaan properti Evangelion dalam konten-konten ciptaan fans ini sebelum melakukan sebuah proyek kolaborasi dengan Pixiv. Pixiv adalah sebuah situs yang memuat berbagai macam karya original dari para ilustrator.

Proyek ini akan berjalan dari tanggal 19 Januari 2021. Ini dilakukan sebelum rilisnya film terbaru serial Neon Genesis Evangelion, yaitu Evangelion 3.0 + 1.0: Thrice Upon A Time. Film anime ini direncanakan akan tayang pada 23 Januari di bioskop Jepang.

Dalam kolaborasi tersebut, situs komunitas ilustrator Pixiv akan mengadakan sebuah proyek yang mengangkat tema Evangelion dalam segala situasi. Akan ada pula kontes yang diadakan di situs resmi Pixiv dan berbagai aplikasi terkait. Proyek kolaborasi Pixiv dan Evangelion ini akan diadakan dari Januari 2021 hingga enam bulan ke depan.

Nawala Karsa NK Kurio