DAFTAR MANGA POPULER DI TAHUN 2021 – Pada tahun 2020 kemarin, Kimetsu no Yaiba telah menjadi sebuah karya manga yang sangat populer. Tidak ada penggemar anime, baik di Jepang dan di belahan dunia lainnya, yang tidak mengetahui judul tersebut.

Oleh karena itu, manga itu telah menjadi manga nomor wahid di Jepang dan menempati peringkat atas dalam berbagai daftar manga paling laris sepanjang 2020, termasuk dalam daftar yang disusun oleh perusahaan toko buku online, BookLive.

Dalam daftar prediksi tersebut, BookLive mencatut sejumlah judul manga yang akan populer dikalangan penggemar pop kultur Jepang di tahun 2021. Apa saja judul-judul tersebut?

Sederet manga yang akan populer di tahun 2021 menurut BookLive Japan

Setelah suksesnya Kimetsu no Yaiba dan Watashi no Shiawasena Kekkon (My Blissful Marriage) yang masing-masing menjadi manga shounen dan shoujo dan menempati peringkat pertama dalam daftar manga terpopuler untuk masing-masing demografis oleh BookLive, kini BookLive merilis prediksi berupa manga apa saja yang kira-kira akan menjadi populer tahun ini. Prediksi ini memuat berbagai judul manga shounen dan shoujo yang laku keras di pasaran.

Prediksi yang dibuat oleh BookLive ini dibantu oleh dua pegawai toko buku mereka yang sering merekomendasikan berbagai karya manga kepada para pembaca, Suzuki dan Eiko. Keduanya memiliki laman tersendiri masing-masing dalam situs BookLive yang berisi sejumlah rekomendasi manga dari mereka. Suzuki membantu BookLive menyusun prediksi manga shounen yang populer dan Eiko menyusun prediksi manga shoujo yang akan populer pada 2021.

Berikut adalah manga shounen yang diprediksi oleh Suzuki akan populer dan menjadi hit pada tahun 2021.

Manga yang diprediksi paling populer di tahun 2021: Chainsaw Man

Sampai poin ini, sepertinya tidak ada penggemar anime dan manga Jepang yang tidak tahu judul ini. Bagaimana tidak, sejak perilisannya pada tahun 2018, manga ini telah menarik perhatian banyak orang karena cerita yang fresh dan kualitas gambar yang memukau. Manga karya Tatsuki Fujimoto ini berkisah mengenai kehidupan Denji, seorang pemuda yang menjadi setengah iblis setelah dirinya hampir mati dalam sebuah misi.

Menurut Suzuki, manga ini memiliki kesempatan besar untuk menjadi populer karena style gambar yang berbeda membuat Chainsaw Man memiliki penggambaran dunia yang lain daripada yang lain. Selain itu, para karakter pendukung dalam manga itu juga sangat menarik.

Kakkou no Inazuke

Manga dengan judul lain A Couple of Cuckoos ini menjadi manga selanjutnya yang diprediksi akan menjadi populer pada tahun 2021.

Manga bergenre komedi romantis karya Miki Yoshikawa ini berkisah mengenai Nagi dan Erika, sepasang lelaki dan perempuan dari latar belakang berbeda yang baru mengetahui bahwa orang tua mereka telah menukar anak mereka masing-masing untuk sepasang orang tua lainnya untuk dijodohkan ketika sudah besar.

Manga ketiga yang akan populer di 2021: Yofukashi no Uta

Manga ketiga yang diprediksi oleh Suzuki sebagai manga yang dapat menjadi populer pada 2021 adalah Yofukashi no Uta atau Call of the Night. Manga yang digarap oleh Kotoyama dan dipublikasikan dalam majalah Weekly Shonen Sunday ini berkisah mengenai Kou Yamori, seorang pemuda yang tidak puas akan hidupnya dan berhenti sekolah serta suka menyusuri jalanan pada waktu malam. Pada suatu kesempatan, ia bertemu dengan Nazuna Nanakusa, seorang gadis yang mengubah Kou menjadi penjelajah malam untuk selamanya sebagai vampir.

Setelah ini, ada tiga rekomendasi manga untuk pembaca perempuan yang direkomendasikan oleh Eiko. Eiko juga berpendapat bahwa tiga manga di bawah ini bisa menjadi manga yang populer pada 2021.

Mystery to Iu Nakare

Dalam posisi pertama manga untuk pembaca perempuan yang diprediksi menjadi populer pada 2021, ada Mystery to Iu Nakare atau Do Not Say Mystery. Manga ini digarap oleh Yumi Tamura dan berkisah mengenai Kunou Totonou, seorang mahasiswa yang suka memecahkan misteri. Pada suatu kali, Kunou didatangi oleh polisi untuk ditanyai tentang kasus pembunuhan salah satu teman sekelasnya.

Eiko merekomendasikan manga ini karena menurutnya, tema yang diangkat dalam Mystery to Iu Nakare sangat beresonansi dengan kehidupan masyarakat modern ini. Menurut Eiko, tokoh dalam manga ini dapat menjadi referensi bagi orang-orang yang bingung menghadapi era modern ini, era dimana semua orang harus dapat menerima pendapat orang lain dan membangun prinsip masing-masing.

Yubisaki to Renren

Manga dengan judul lain A Sign of Affection ini merupakan manga yang digarap oleh Suu Morishita dan sangat populer di kalangan penyuka manga bergenre romansa karena ceritanya yang unik.

Yubisaki to Renren berkisah mengenai keseharian Yuki, seorang gadis yang tidak bisa mendengar (tuli), dan Itsuomi, seorang pemuda yang suka menjelajahi dunia.

Gachi Koi Nenchaku-juu ~Netto Haishinsha no Kanojo ni Naritakute~

Manga dengan judul lain Gachikoi Sticky Beast: I Want to be a Girlfriend of the Youtuber ini merupakan karya mangaka Seira. Serial ini berkisah mengenai Hinahime Teruya, seorang mahasiswi yang cantik dan dihormati oleh teman-teman sekelasnya. Hal yang tidak diketahui orang lain adalah Hinahime sangat menyukai Subaru, seorang selebriti misterius. Ketika Hinahime dikirimi sebuah pesan singkat misterius, hidupnya pun berubah selamanya.

Itulah beberapa judul manga yang diprediksi oleh BookLive sebagai manga yang akan menjadi populer pada tahun 2021 ini. Apakah kalian setuju dengan daftar tersebut?

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio