AnimeAnime telah menggelar survei untuk warganet Jepang penikmat animenya, termasuk dalam hal ini lagu tema opening dan ending sepanjang 2020.  Dari sekian tanggapan kepada portal berita tersebut, lagu manakah yang menggambarkan lagu opening anime terbaik untuk tahun 2020?

Survei Lagu Tema Opening Anime Terbaik 2020

Survei dari AnimeAnime yang dibuka sepanjang bulan Desember 2020 kemarin. Polling yang dibuka mulai (4/12) hingga (15/12) tersebut tercatat sebanyak 1.176 responden dari Jepang, termasuk pembaca portal berita anime Jepang tersebut. Angka ini lima kali lebih banyak daripada survei sebelumnya tahun lalu yakni 237 suara.

Dari 1.176 responden, proporsi pemilih sebagian besar lebih dominan kepada para pembaca wanita. Rasio tersebut dinyatakan sebanyak 28% pria dan 72% wanita mengikuti survei tersebut.

39.5% pembaca pemilih rata-rata berusia setidaknya hingga 19 tahun keatas. Angka ini diikuti oleh beberapa grup dikategorisasi sesuai umur, yaitu 10.9% responden dari 20-24 tahun dan 8% dari 30-34 tahun.

Hasil Survei

Berdasarkan 1.176 responden polling tersebut, sepuluh judul lagu telah ditetapkan sebagai sepuluh opening anime terbaik 2020 versi pembaca AnimeAnime. Lagu-lagu tersebut adalah:

9 (seri). “Kaimin! Anmin! Syalist Seikatsu” – Inori Minase (Sleepy Princess in the Demon Castle)

opening anime terbaik 2020 Kaimin! Anmin! Syalist Seikatsu

9 (seri). “DiSCOVER the FUTURE” – IDOLiSH7 (IDOLiSH7 Second Beat!)

DiSCOVER the FUTURE IDOLiSH7

8. “Navigator” – SixTONES (The Millionaire Detective – Balance: UNLIMITED)

Navigator SixTONES

6 (seri). “Phoenix” – Burnout Syndromes (HAIKYU!! TO THE TOP  1Cour)

opening anime terbaik 2020 Phoenix Burnout Syndromes

6 (seri). “final phase” – fripSide (To Aru Kagaku no Railgun T Opening 1)

opening anime terbaik 2020 final phase fripSide

4 (seri). “Daddy! Daddy Do!” – Masayuki Suzuki dan Airi Suzuki (Kaguya-sama: Love Is War?)

4 (seri). “Hypnosis Mic -Rhyme Anima-” – Division All Stars (Hypnosis Mic: Division Rap Battle: Rhyme Anima)

3. “Anima” – Reona (Sword Art Online Alicization War of Underworld 2 Cour)

2. “Kaikai Kitan” -Eve (Jujutsu Kaisen)

1. “BREAKING DAWN” -Kim Jae-joong (Noblesse)

Meskipun survei AnimeAnime diatas eksklusif untuk para penonton anime di Jepang, survei tersebut belum mutlak menjadi patokan menjadi hasil terbaik secara keseluruhan. Namun, adakah lagu tema opening anime yang NawaReaders suka? Bagaimanakah harapan Kamu untuk opening pada anime 2021 nanti yang segera ditayangkan? Jangan lupa untuk berikan pendapatmu di komentar, ya!

Lagu Ending Anime Favorit di Tahun 2020

lagu ending anime 2020

Sementara itu, survei untuk kategori lagu ending terbaik dan merupakan favorit para penggemar telah didapatkan hasilnya. Beberapa lagu ending anime memang cukup populer dikalangan para penggemar dan masuk dalam daftar lagu di pemutar musik mereka.

Lagu ending anime apa saja yang menjadi favorit para penggemar dan merupakan lagu terbaik ending anime di tahun 2020? Kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel kami disini.

 

Nawala Karsa NK Kurio