Pada Kamis (11/2), situs resmi dari film anime pertama dari Studio Ghibli yang berformat computer graphics (CG), Earwig and The Witch, mengumumkan kabar baru. Film tersebut akan segera ditayangkan di bioskop-bioskop yang ada di Jepang.

Film Earwig and the Witch Akan Segera Tayang di Bioskop Jepang

Rencananya, Earwig and The Witch akan hadir di bioskop mulai dari 29 April. Selain itu, staf Earwig and The Witch juga merilis sebuah trailer terbaru yang menampilkan versi theatrical dari film tersebut. Trailer tersebut menayangkan sejumlah adegan baru. Sejumlah bioskop di Jepang juga akan menayangkan film Earwig and The Witch dengan teknologi Dolby Cinema.

Sinopsis Cerita

Earwig and The Witch merupakan film anime dari Studio Ghibli yang ceritanya diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis Howl’s Moving Castle, Dianna Wynne Jones. Film ini berkisah mengenai kehidupan Earwig, seorang gadis kecil yang tinggal di panti asuhan bernama St. Morwald’s Home for Children. Tidak seperti teman-temannya, Earwig menyukai kehidupan di panti asuhan tempat tinggalnya tersebut.

Keadaan berubah ketika Bella Yaga dan Mandrake datang ke St. Morwald’s dan mengadopsi Earwig sebagai anak asuh mereka. Earwig pun dibawa ke sebuah rumah yang memiliki banyak barang khas penyihir di dalamnya—mulai dari buku mantra, ramuan-ramuan misterius, hingga ruang-ruang tak terlihat. Anak-anak biasa akan lari dari rumah tersebut, tapi Earwig tidak melakukannya. Ia bertekad dan berusaha agar dirinya bisa menyelamatkan diri dari dua pribadi misterius tersebut.

Tentang Earwig and The Witch

film anime earwig and the witch

Film ini disutradarai oleh Goro Miyazaki dan diproduksi oleh Studio Ghibli. Ayah Goro, Hayao Miyazaki, ikut menangani film ini dalam bagian perencanaan dan pengembangan. Adapun staf lainnya yang terlibat dalam produksi film ini adalah Toshio Suzuki sebagai produser.

Aktris remaja Kokoro Hirasawa menyuarakan karakter utama dalam film ini, yaitu Earwig. Sementara itu, Bella Yaga dan Mandrake masing-masing disuarakan oleh Shinobu Terajima dan Etsushi Toyokawa. Musisi dan aktris asal Indonesia, Sherina Munaf, juga turut berpartisipasi dalam produksi film ini sebagai pengisi suara dari ibu Earwig dan pengisi dua lagu tema untuk film ini, “Don’t Disturb Me” dan “Atarashii no Sekai Seifuku”.

Film ini telah ditayangkan di Jepang di saluran televisi NHK pada 30 Desember 2020 lalu. Selain tayang di Jepang, film Earwig and The Witch juga ditayangkan di beberapa bioskop di Eropa, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Australia.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio