Broadcasted by Galau Jikan FM

Terapkan Skema Premium, Nonton Anime di BStation Harus Bayar?

Matias Arvino Andrhasa
BStation Premium Marin Kitagawa Crying
My Dress Up Darling menjadi salah satu anime yang tayang di BStation | EDIT: Nawala Karsa

Di media sosial dalam seminggu terakhir, diskusi tentang Bstation yang akan menerapkan fitur premium kepada anime mereka. Banyak yang sudah khawatir tentang apakah anime-anime yang mereka sukai sudah tidak bisa mereka nikmati lagi.

Namun kenyataannya tidak demikian, mengapa begitu? Karena anime yang terkena kebijakan premium ini hanyalah untuk anime eksklusif di platform Bstation saja. Selain anime eksklusif, tidak ada pemberitahuan tentang kebijakan pembatasan penayangan tersebut.

Mengenai pembatasan ini terdapat dua jenis pemberitahuan, yakni anime yang rilis di Musim Semi 2022, dan anime yang telah tamat sebelum musim tersebut.

Anime premium yang rilis di musim ini masih bisa disaksikan oleh pemirsa hingga 3 (Tiga) episode awal, tapi masih bisa terus menonton episode selanjutnya. Dengan catatan episode keempat dan seterusnya harus menunggu satu minggu kemudian.

Sementara untuk anime yang telah tamat sebelum musim tersebut hanya dapat diakses menggunakan skema premium, dengan pengecualian pada 3 (Tiga) episode awalnya.

Anime: My Dress Up Darling | ©福田晋一/SQUARE ENIX·「着せ恋」製作委員会

Tak hanya itu, anime My Dress Up Darling masih bisa kalian nikmati secara sepenuhnya sampai pada hari Selasa (26/4) mendatang.

Jadi sudah jelas, ya! Kalau anime yang dapat disaksikan secara gratis hanya anime eksklusif di platform Bstation saja. Kalian juga masih bisa menikmati banyak seri populer secara penuh dan gratis, seperti Attack on Titan dan Jujutsu Kaisen.

Kalian juga bisa cek anime-animenya langsung di Bstation lewat pranala berikut ini.

Anime di Bstation, iQiyi, YouTube Juga Bisnis!

Bstation Premium
©️「平家物語」製作委員会

Kami akan memberikan perspektif bagi NawaReaders mengenai kebijakan premium di Bstation ini. Salah satunya adalah kalau Anime di platform legal itu juga bisnis.

Mau bagaimanapun semua ini akan kembali ke bisnis, tidak semata-mata demi mencari penonton saja. Secara logika, masih lebih baik kita masih bisa menikmati anime-anime yang berkualitas tinggi secara gratis, seperti Kimetsu no Yaiba

Di sisi lain, dengan banyaknya opsi platform legal dan gratis artinya yang menang juga konsumen. Distributor tentunya akan berlomba-lomba memberikan anime berkualitas atau mungkin promo bagi konsumen agar bisa menikmati anime di tempat mereka.

Selain itu membayar untuk menonton anime-anime premium ini tidaklah buruk juga kok. Kalian juga ikut berkontribusi untuk memajukan industri anime. Siapa tahu kan, kalau kedepannya kita sebagai konsumen bisa menikmati lebih banyak anime berkualitas lainnya.

Berlangganan Premium Itu Mudah, Kok!

Bstation Premium
© 朝霧カフカ・かないねこ・春河35/KADOKAWA/文豪ストレイドッグス わん!製作委員会

Karena topik pembahasan kali ini tentang fitur premium Bstation, maka kami akan membahas dari Bstaion saja. Tahukah NawaReaders kalau pada dasarnya semua ini sudah sangat dipermudah, apa-apanya sudah dalam genggaman.

Sedikit tips dari kami, kalau mau berlangganan fitur premium di Bstation lebih baik lewat ponsel pintar saja, kalau lewat komputer yang berlaku adalah kurs dollar. Selain itu jika menggunakan ponsel kalian bisa menikmati promo awal dan jatuhnya lebih murah daripada membeli lewat PC. Berikut rincian harganya.

  • Langganan bulanan memiliki banderol harga Rp.25.000 perbulan
  • Sementara langganan tahunan dibanderol seharga Rp.219.000 pertahun. Namun, kalo baru pertama kali langganan akan ada potongan harga jadi Rp.99.000 saja
Bstation Premium
©博/集英社・「明日ちゃんのセーラー服」製作委員会

Apa, harganya mahal? Ini nih konsep pikir yang salah. Bisa kalian sebut mahal/murah apabila kalian mendapatkan nilai yang lebih/kurang dari harga yang seharusnya. Namun dengan berlangganan kalian bisa menikmati anime premium dengan resolusi 1080p, bahkan bisa mengunduh video secara gratis.

Ekspetasinya adalah kalian yang berlangganan harus benar-benar memanfaatkan fitur dan anime yang ada. Baru menjadi mahal kalau ternyata kalian sudah membayar tapi tidak bisa memanfaatkan fitur atau bahkan cuma menikmati anime hanya sekali saja.

Selain itu juga kalian juga bisa menabung seribu perhari kalau memang kalian bisa untuk menikmati anime premium favorit kalian. Saran terbaik dari kami ya, berlangganan secara tahunan, juga jatuhnya lebih hemat dari pada perbulan.

kami harus memberikan “Disclaimer” sebab, bukan berarti kami membicarakan ekonomi atau apapun itu. Semua tetap kembali kepada pilihan NawaReaders untuk membayar atau tidak, toh juga memang kalian tetap bisa nikmati anime-anime di Bstation secara gratis dan legal.

Tapi ya perlu kami beritahu kalau membajak itu sangat tidak diperbolehkan, ada undang-undangnya juga loh sebenarnya.

Bagaimana pembahasan kali ini? Semoga kalian bisa mendapatkan informasi dan perspektif baru dengan artikel satu ini.

Jangan sungkan-sungkan untuk berdiskusi di discord dan media sosial kami ya!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.