Review Jujutsu Kaisen 0: Ciamik, Menawan, Tapi Kurang Sempurna?

Matias Arvino Andrhasa
Review Jujutsu Kaisen 0
© 2021 「劇場版 呪術廻戦0」製作委員会 ©芥見下々/集英社

Akhirnya telah tiba, Jujutsu Kaisen 0 bisa kalian nikmati di bioskop lokal dan berikut adalah review film ini. Sebagai catatan di awal, review kali ini mengandung spoiler. Jika NawaReaders kurang berkenan untuk mengetahui isi dan plot dari Jujutsu Kaisen 0, bisa berhenti membaca artikel ini. Apabila tidak keberatan dengan hal ini, selamat membaca.

SPOILER ALERT!

Langsung saja kami beri rekomendasi apakah wajib untuk menonton Jujutsu Kaisen 0 ini atau tidak? Jika NawaReaders memang merupakan penggemar serial ini, maka langsung saja hajar tonton di bioskop. Sudah pasti film ini memang hadir untuk penggemar seri Jujutsu Kaisen, dengan banyaknya hal yang akan memanjakan kalian.

Plot dan Cerita: Semestinya Bisa Dipoles Lagi?

Pembukaan review dari Jujutsu Kaisen 0 yaitu di bagian plot ceritanya. Sedikit mengenalkan premis dari filmnya, berikut adalah sinopsis awalnya:

Bercerita tentang Okkotsu Yuuta yang mendapatkan kutukan, yang di mana kutukan tersebut adalah teman masa kecilnya Rika Orimoto. Ia meninggal secara tragis dan termanifestasi menjadi sesosok roh pendendam yang mengerikan. Saking berbahayanya membuat Yuuta sendiri ketakutan.
Hingga ia bertemu dengan Gojou Satoru yang membawanya ke SMA Jujutsu untuk melatih kutukannya agar membantunya kemudian hari. Yuuta akan bersama dengan 3 teman baru yaitu, Maki Zen’nin, Panda, dan Inumaki Toge. Mereka memilki spesialisasinya masing-masing.

Sebenarnya dalam trailer dan video promosinya sendiri Jujutsu Kaisen 0 sudah menjelaskan plot dan cerita KUNCI. Terutama jika mengerti apa yang para tokohnya katakan di seluruh trailer.

Biarpun begitu, kami akan jabarkan sejumlah faktor yang jadi kelemahan cerita di Jujutsu Kaisen 0.

Bagi kami cerita Jujutsu Kaisen 0 kali ini sangatlah mudah penonton tebak. Hanya karena demografi dari anime ini shounen bukan menjadi alasan untuk menghadirkan cerita yang kurang berbobot.

Contohnya, tidak mungkin, kan, misi pertama Okkotsu Yuuta tidak akan mengalami gangguan? Seperti, ya, misi berjalan sebagaimana seharusnya. Hal ini akan terus terjadi terutama jika sudah banyak menonton banyak seri shounen dan fantasi.

Kemudian porsi jam tayang karakter yang tidak banyak, misalnya dari ketiga karakter teman tahun pertama Yuuta hanya dua yang dapat jatah. Satu karakter seolah sudah begitu saja, jadi barangkali rasanya kurang.

Setidaknya biarkan penonton melihat relasi antara Yuuta dengan karakter ini jika mereka berdua bertarung bersama.

© 2021 「劇場版 呪術廻戦0」製作委員会 ©芥見下々/集英社

Kami merasa hal ini menjadi kelemahan terbesar dari Jujutsu Kaisen 0. Sehingga susah bagi kami jika memberi review baik bagi Jujutsu Kaisen 0 di bagian cerita. Tentunya, terutama jika mencari cerita.

Tapi memang Jujutsu Kaisen 0 ini memang fokus utamanya adalah memperkenalkan karakter Okkotsu Yuuta dan keahliannya, serta kenapa dia menjadi seorang Jujutsu.

Audio yang Serenyah-Renyahnya!

Review Jujutsu Kaisen 0
© 2021 「劇場版 呪術廻戦0」製作委員会 ©芥見下々/集英社

Selanjunya di bagian audio yang ada di Jujutsu Kaisen 0. Secara singkat audio di animasi ini sangatlah mantap. Bagaimana detail suara dan musik yang mereka hadirkan begitu Wah!

Mulai dari seiyu Okkutsu Yuuta yang Ogata Megumi perankan (Shinji Ikari dari Neon Genesis Evangelion, Grimnir dari Granblue Fantasy). Sangat cocok dan sesuai dengan karakter dari Yuuta yang penuh dengan pikiran dan tidak percaya diri.

Hal yang sama dengan Rika Orimoto yang Hanazawa Kana perankan (Kosaki Onodera dari Nisekoi, Nadeko Sengoku dari Bakemonogatari). Sangat manis saat masih menjadi manusia, tetapi bisa begitu mengerikan saat jadi roh.

Untuk bercandaan yang para seiyu bawakan juga begitu tepat, seperti Gojou dan Panda yang memang sumber komedi di anime ini. Eksekusi dari bagaimana mereka mengekspresikan suatu komedi dengan intonasi juga termasuk dalam animasinya sendiri.

Kemudian di bagian musiknya, pilihan lagu-lagunya juga sangat bagus. Salah satu favorit kami yang King Gnu nyanyikan yang berjudul “一途 (Satu Arah)“, serta lagu pembukaan awalnya, “Gratest Strength“. Jika secara keseluruhan lagu ini cukup baik dalam hal audio ini.

Berikut adalah video dari King Gnu yang kami sukai bisa kalian tonton di bawah ini.

Namun bukan berarti tidak ada kelemahanan, bagi kami sangat sayang jika ada lagu yang terpakai hanya untuk daftar nama akhir. Salah satu lagu yang kami maksud adalah “一途“, jadi tidak seperti di dalam trailer yang melihat Yuuta bertarung dengan lagu ini yang mengiringi.

Lagu tersebut hanya akan ada di akhir. Jadi kami malah merasa malah ‘boros lagu’. Cuma, kembali, ini adalah preferensi kami saja.

Tentunya yang jelas, banyak dari fans JJK yang menganggap film ini bagus karena aspek yang satu ini!

Animasi Kelas Atas Dari Mappa!

Review Jujutsu Kaisen 0
© 2021 「劇場版 呪術廻戦0」製作委員会 ©芥見下々/集英社

Wah, ini dia yang menjadi hidangan utama pada review Jujutsu Kaisen 0 yaitu bagian Animasi! Memang, Jujutsu Kaisen 0 ini digarap oleh studio MAPPA, yang sama-sama memegang seri anime Jujutsu Kaisen di televisi. Mereka sedang menggodok musim keduanya hingga saat ini, lho!

Secara penggunaan tone warna tidak jauh berbeda dengan yang ada di seri utamanya, apabila di dalam suatu kubah pelindung maka akan terlihat perbeda tone.

Di kala Yuuta mengingat masa lalu bersama Rika, kesannya begitu indah dan manis, begitu menggambarkan kenangan yang indah. Tapi juga bisa begitu mengerikan dengan tone merah yang mereka gunakan saat Rika menjadi roh.

Untuk masalah toning warna sendiri kami merasa sudah begitu baik, penonton akan mudah mengenali kapan waktu kejadiannya terjadi.

Tentunya adegan bertarung harus menjadi titik terberat dalam review Jujutsu Kaisen 0. Sebagaimana layaknya kualitas Mappa dalam menggarap Jujutsu Kaisen. Pertarungan di anime ini begitu apik. Salah satu adegan favorit kami adalah saat Panda bertarung dengan Geto angle camera yang Mappa gunakan begitu dinamis. Hal yang sama dengan transisi saat bertarung, karena transisi juga jadi kunci suatu animasi itu enak dipandang.

Sedikit honorable mention, adegan Gojou bertarung dengan Miguel juga begitu apik, terutama saat Gojou bertarung dalam jarak dekat. Seni bela diri yang ia gunakan bisa Mappa animasikan dengan begitu keren.

Kami juga akan memberikan apresiasi untuk desain roh dari Rika yang menurut kami cukup mengerikan, iya mengerikan. Terutama jika harus paham kalau Rika ini anak kecil namun bisa termanifestasi menjadi roh yang begitu mengerikan.

Bahkan untuk sekelas shounen, ini cukup gelap dengan apa yang terjadi dengan Rika.

Rekomendasi Banget Buat Fans Jujutsu Kaisen!

© 2021 「劇場版 呪術廻戦0」製作委員会 ©芥見下々/集英社

Jujur saja untuk mencakup keseluruhan tentang animasi yang ada di Jujutsu Kaisen 0 ini sangat banyak. Yang pasti sangatlah kelas atas dan memanjakan mata banget. Usaha dan kerja keras yang para animator tuangkan di Jujutsu Kaisen 0 ini begitu terasa.

Apalagi saat studio sedang bersaing satu sama lain. misalkan, *UHUK!*, Pemburu Iblis. Intinya untuk review animasi dari Jujutsu Kaisen 0 udah mantep dan kalau ada yang bilang jelek, ya mungkin dia punya masalah dalam hidup.

Kami juga sangat merekomendasikan NawaReaders untuk segera menonton Jujutsu Kaisen 0 mumpung masih tersedia di bioskop lokal. Di luar semua kekurangan yang kami sebutkan tadi, tidak membuat anime ini lantas menjadi jelek dan tidak layak untuk kalian nikmati.

Jadi bagaimana pendapat kalian tentang film yang mendulang sukses di negara asalnya, terutama buat yang sudah menonton? Bagus kah, atau malah kurang?

Bagi kami untuk menonton film satu ini sangatlah layak. Apalagi bisa masuk ke Indonesia saja sudah sangat baik dan menyenangkan.

Jadi, terima kasih Feat Pictures yang sudah memboyong Jujutsu Kaisen 0 ke sini, kami sangat menantikan film anime berkualitas lainnya! Terima kasih juga kepada studio MAPPA yang sudah menggarap film anime ini, tentunya!