Beranda » Game & Tekno » Berhasil Bobol Keamanan iPhone, Hacker Ini Temukan 7 Bug Misterius

Berhasil Bobol Keamanan iPhone, Hacker Ini Temukan 7 Bug Misterius

Seorang ethical hacker berhasil menjebol pertahanan iPhone melalui sebuah celah “ilegal” pada sistem keamanan iPhone. Hacker itu juga menemukan 7 bug misterius yang tertanam pada iPhone.

Akhir-akhir ini, perusahaan smartphone ternama bawaan Apple, iPhone, telah digegerkan dengan penemuan yang sangat luar biasa oleh seorang hacker. Dia (hacker) telah berhasil membobol sistem keamanan produk smartphone milik perusahaan Apple. Selain itu, hacker ini juga menemukan 7 bug misterius yang sudah tertanam pada sistem smartphone tersebut.

Ethical Hacker Temukan Celah “Ilegal” Pada Keamanan iPhone

Ryan Pickren, seorang ethical hacker, berhasil menemukan celah pada sistem keamanan iPhone. Sebelumnya, Ryan menemukan sebuah keanehan dalam aplikasi Safari dan memutuskan untuk melakukan diagnosa. Dirinya menggunakan metode kamera pengawas melalui smartphone tersebut untuk memperiksa hal janggal pada aplikasi itu.

Dan benar saja, dirinya menemukan sebuah akses ilegal melalui Safari yang kemudian bisa mengakses kamera serta mikrofon iPhone. Tentusaja ini merupakan temuan yang tidak biasa, karena belum ada satu pun yang bisa menjebol pertahanan iPhone sebelumnya. Mengingat pertahanan smartphone tersebut sudah terbilang sangat kuat dan hampir sulit bagi hacker untuk diretas.

7 Bug Misterius Ditemukan dalam Sistem Keamanan iPhone

Setelah hacker berhasil bobol keamanan iPhone, dirinya menemukan 7 bug misterius berjenis zero-day. Bug-bug ini disinyalir telah ditanamkan oleh hacker usil dan diselipkan kedalam sistem smartphone. 3 dari 7 bug tersebut mampu meretas kamera, sehingga hacker bisa mengakses kamera pengguna tanpa pengguna itu tahu.

Cara kerja bug tersebut yaitu dengan menawarkan penggunanya untuk mengakses sebuah link situs berbahaya yang sudah disenjatai oleh malware. Malware inilah yang akan mengakses kamera melalui aplikasi video di iPhone. Akibatnya, peretas nakal mampu mengambil alih kamera pada smartphone tersebut dan bahkan mengambil gambar penggunanya.

Apple Berikan Hadiah Uang Tunai Atas Temuan Bug Tersebut

Atas penemuan ketujuh bug tersebut, Ryan diberikan hadiah uang tunai sebesar 75.000 US Dollar. Hal tersebut dilakukan setelah Ryan melaporkan temuannya itu pada program bug bounty milik Apple. Selain bisa memperkuat keamanan iPhone, hal ini tentunya juga mampu mengurangi kejahatan siber yang kian lama makin merajarela.

Apple sengaja membuat program bug bounty untuk mendeteksi kebocoran serta sebagai bentuk appresiasi pada para ethical hacker telah menemukan kelemahan pada sistemnya. Semakin besar ancaman keamanannya, semakin besar pula hadiah yang akan diterima.

Loading...