Beranda » Event Terkini » Daisuki! Japan Ten 2020, ICGP Resmi Ditunda Akibat COVID-19

Daisuki! Japan Ten 2020, ICGP Resmi Ditunda Akibat COVID-19

Japan Culture Daisuki resmi mengumumkan bahwa gelaran Daisuki Japan Ten resmi ditunda menyusul merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia

Melalui laman sosial media Facebook, panitia Japan Culture Daisuki mengumumkan bahwa Daisuki Japan Ten resmi ditunda tahun ini. Hal ini menyusul merebaknya COVID-19 atau Coronavirus di Indonesia.

Daisuki Japan Tidak Dibatalkan, Namun Ditunda

[ANNOUNCEMENT]Daisuki! Japan Ten ditunda.Per 17 Maret 2020, kami masih melakukan semua persiapan yang diperlukan…

Posted by Japan Culture Daisuki on Tuesday, 17 March 2020

Mengutip rilis dari Japan Culture Daisuki, persiapan yang telah dilakukan oleh pihak penyelenggara telah mencapai 80 persen pada tanggal 17 Maret 2020. Gelaran Daisuki Japan sendiri direncanakan untuk digelar di Dome Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 5 April mendatang.

Lantaran wabah COVID-19 yang telah menjadi pandemi di sejumlah negara termasuk Indonesia, serta kebijakan pemerintah terkait penanganan wabah seperti social distancing di sejumlah acara besar maupun transportasi umum, menyebabkan pihak Japan Culture Daisuki untuk menunda pelaksanaan acara tersebut.

ICGP Jawa Timur Turut Ditunda Lantaran COVID-19

Tak hanya Daisuki! Japan saja yang terkena imbas dari COVID-19, gelaran cosplay Indonesia Cosplay Grand Prix yang dihost oleh beberapa acara daerah seperti Pop Town Pekanbaru (27 Maret), Japan Daisuki Malang (5 April), Bandung Wonderland (19 April), memutuskan untuk menunda pelaksanaan acara sampai kondisi membaik untuk dapat diselenggarakan kembali.

“Untuk kompetisi ICGP Regional selain Jogja yang telah dilaksanakan di acara IKIMASU! 2020 (15 Maret), penyisihan Regional Sumatra di Pekanbaru, Regional Jawa Timur di Malang, dan Regional Jawa Barat di Bandung tahun ini akan tetap berjalan,” dikutip dari situs resmi CLAS:H.

“Namun tanggal dan lokasinya masih akan diumumkan kemudian hari. Pendaftaran ICGP masih tetap dibuka untuk ketiga regional tersebut dengan batas waktu yang sama, tanpa perubahan tanggal.”

Tentang Daisuki Japan Ten 2020

Daisuki! Japan Festival Ten 2020

Daisuki! Japan Festival merupakan event tahunan yang diadakan oleh Japan Culture Daisuki. Japan Culture Daisuki adalah Event Organizer yang aktif membuat event pop kultur Jepang. Event ini akan diadakan pada tanggal 5 April 2020 di Dome Universitas Muhammadiyah Malang.

Pada tahun 2020, event ini kembali lagi menggelar event bersama dengan kompetisi cosplay nasional ICGP (Indonesian Cosplay Grand Prix). Yang mana tahun 2020, Japan Culture Daisuki menyebut gelaran event Daisuki! Japan festival tahun ini dengan “Daisuki! Japan Ten”, betepatan dengan 10 kalinya acara ini diadakan.

Daisuki! Japan Ten kali ini mengusung movement “#JatimIso”  untuk mendukung insan-insan Jawa Timur untuk berkarya. Dan unjuk karya mereka untuk berpartisipasi dalam kompetisi Cosplay nasional  “Indonesia Cosplay Grand Prix”. Memberikan wadah bagi Cosplayer Jawa timur untuk menunjukkan karya mereka dan bisa mewakili Jawa Timur dalam “Indonesia Cosplay Grand Prix”.

Daisuki Japan Ten, yang diumumkan telah ditunda tersebut, juga menghadirkan cosplayer kondang yang turut meramaikan gelaran event Daisuki! Japan Ten 2020. Mayumi Reena, seorang cosplayer yang pernah mewakili Indonesia untuk Tokyo Game Show 2018. Dan ada Nekonoi Katsu yang merupakan finalis ICGP perwakilan Jawa Timur di tahun 2019, dan menjadi perwakilan dari Indonesia untuk Tokyo Game Show 2017. Serta ada, Larissa Rochefort, Cosplayer yang juga mewakili Indonesia dalam Tokyo Game Show 2019.

Loading...