Beranda » Game & Tekno » 10 Tahun NieR Franchise, Square Enix Bakal Remaster NieR Replicant

10 Tahun NieR Franchise, Square Enix Bakal Remaster NieR Replicant

Rayakan 10 tahun franchise Nier, NieR Replicant bakal diremake dalam versi Steam dan Konsol. NieR juga direncanakan hadir di ponsel

Menyambut 10 tahun franchise NieR di Jepang, Square Enix akan merilis lagi gimnya ke dalam bentuk remastered. Selain versi Replicant untuk konsol Play Station 3 akan juga tersedia di platform PS4, Xbox One dan Steam, franchise ini akan masuk ke dalam mobage!

NieR Replicant akan Di-remaster Ulang untuk Steam dan Konsol!

Melalui siaran live streaming konser NieR: Theatrical Orchestra 12020 yang ditayangkan di Nico Nico Douga, pengumuman Replicant versi remaster diinformasikan pasca konser tersebut. Trailer tersebut pun juga diunggah ke dalam kanal YouTube resmi Square Enix sebagai pengembang utama dalam franchise tersebut.

Developer dari versi remaster akan dialihkan kepada pengembang ToyBox, namun Square Enix tetap memegang kendali penuh sebagai perusahaan produser versi ini. Latar konsep untuk beberapa tempat yang ada di gamenya pun dibuat lebih menarik, yang ditangani oleh Rounin, ilustrator yang juga bekerja di proyek NieR:Automata.

Versi remaster yang dinamakan versi “1.22474487139…” ini menghadirkan beberapa seiyuu yang pernah mengisi versi gim sebelumnya, diantara mereka adalah:

  • Nobuhiko Okamoto sebagai Child Nier
  • Kōji Yusa sebagai Nier
  • Ai Nonaka sebagai Yonah
  • Hiroki Yasumoto sebagai Grimoire Weiss
  • Mai Kadowaki sebagai Emil

Tetap memegang sutradara gim secara penuh, Yoko Taro akan dibantu oleh produser dari Square Enix, Yosuke Saito. Keiichi Okabe, penggubah musik dari Automata, merekam ulang musik dari Replicant. Takahisa Taura dari PlatinumGames pun dilibatkan dalam proyek remaster ini, meskipun tidak secara langsung ikut dalam proyek tersebut.

Digosipkan pula akan ada dua pengisi suara dari Automata yang akan hadir dalam versi remaster gim tersebut, namun belum diungkapkan karakter yang akan diperankan dari dua seiyuu tersebut. Namun sempat pula diinformasikan akan ada karakter baru yang hadir dalam Replicant nanti.

Siap-Siap akan Ada Gim NieR di Ponselmu!

Bersamaan dengan informasi diatas, Square Enix juga mengumumkan ekspansi franchise  ke ranah smartphone, yaitu NieR:Re[in]carnation. Tidak diketahui pasti inti cerita dari game tersebut ketika pertama kali rilis bersamaan dengan situs resmi dan media sosialnya.

Mobage ini akan dikembangkan oleh developer game ponsel, Applibot Inc., Jepang,

4.5 Juta Kopi Terjual untuk Automata!

Sementara itu, pihak Square Enix dalam perayaan 10 tahun franchise NieR, berterima kasih kepada penggemar dari NieR:Automata yang penjualannya sudah mencapai 4.5 juta kopi, baik fisik maupun digital. Angka ini merupakan peningkatan penjualan secara keseluruhan setelah gim tersebut telah dibeli sejumlah 4 juta kopi pada Mei 2019.

NieR, spin-off Drakengard Saga yang Mendunia!

NieR adalah salah satu franchise dari gim metaserial Drakengard, yang di Jepang juga disebut sebagai Drag-on-Dragon. Gim pertama, Drakengard, pernah dirilis di konsol eksklusif Play Station 2 pada 11 September 2003, dan terkini yaitu NieR:Automata, dirilis 23 Februari 2017. Franchise ini diarahkan seutuhnya oleh sutradara game Yoko Taro, sutradara video game kawakan yang juga merupakan sutradara dari mobage SINoALICE.

Jauh sebelum Automata dirilis, Drakengard dikembangkan oleh pengembang Cavia, Jepang, sebelum bangkrut pada Juli 2010. Pengembang tersebut sempat merilis franchise-nya pada 22 April 2010, dimana versi PS3 dinamakan Replicant sedangkan Gestalt khusus Xbox 360.

Keunikan dari metaserial Drakengard ini adalah pilihan ending yang variatif sejak Drakengard pertama dirilis. Pemain dapat memainkan gimnya lagi berulang-ulang untuk mencari cara agar mendapatkan ending yang spesifik berkaitan dengan alur ceritanya. Satu ending pada masing-masing gim menyambung kepada judul dalam metaserial itu sendiri, menjadikan latar cerita dalam gim selanjutnya bersambung dari ending prekuelnya.

Sumber: Kanal YouTube resmi Square Enix, Situs resmi NieR:Re[in]carnation
Via: RPG Site

Loading...