Beranda » Pop Kultur » 7 Tips yang Wajib Kamu Lakukan Saat di Comifuro

7 Tips yang Wajib Kamu Lakukan Saat di Comifuro

Mulai dari menjaga kebersihan hingga persiapan Deodorant, inilah tujuh hal yang wajib kalian lakukan saat berada di Comic Frontier 14!

Bagi para penyuka anime, manga, maupun fandom lainnya di Indonesia, gelaran budaya pop tempat mereka bisa berkumpul dan juga membeli barang-barang dari kesukaan mereka adalah acara yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Contohnya seperti acara Comic Frontier 14 atau Comifuro 14 yang akan dilaksanakan pada minggu ini, yaitu dari tanggal 22-23 Februari 2020 nanti.

Nah, saat pergi ke acara seperti ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pengunjung demi menjaga ketertiban dan keseruan acara. Hal apa saja itu? Pada artikel ini, saya akan membagikan sedikit saran saya, yaitu tujuh tips yang wajib dilakukan di Comifuro oleh kalian, para pengunjung saat pergi ke acara tahunan yang satu ini.

Pasti Ramai, Pastikan Ketertiban Umum Terjaga

Keseruan anggota dalam berkumpul di Comifuro 13 | FOTO: Nawala Karsa, 2019

Gelaran budaya pop seperti Comifuro biasanya dikunjungi oleh ratusan, bahkan ribuan pengunjung. Oleh karena itu, akan sangat sulit untuk mengatur, mengontrol keamanan, dan memperhatikan pengunjung satu demi satu.

Yuk, kita bantu petugas keamanan di acara ini untuk tetap menjaga ketertiban umum dengan memperhatikan semua aturan yang berlaku, seperti tidak duduk di sembarang tempat dan tidak memicu keributan di sudut manapun. Sehingga semua pengunjung dapat menikmati acara dengan tenang, santai, dan juga acara juga tetap seru!

Hargai tiap artist yang ada di Comifuro

Nah, di Comifuro, biasanya akan ada banyak artist atau pembuat tiap merchandise yang akan menjaga stan dan karya-karya mereka akan dibeli pula oleh para pengunjung acara. Siapa pun artist-nya, ada baiknya untuk tetap menghargai mereka, baik secara pribadi maupun dari karya-karyanya.

Buat mereka merasa nyaman ketika kita ingin berinteraksi dengan mereka dan jangan merusak karya mereka, baik di depan mereka sendiri atau bahkan ketika kita telah membeli karya mereka. Bagaimanapun, karya tersebut adalah hasil kerja keras mereka, dan tiap hasil kerja keras dari siapa pun layak untuk diapresiasi.

Jagalah kebersihan

Biasanya, setiap pengunjung Comifuro membawa beberapa barang atau bahkan membeli beberapa hal, seperti makanan atau botol minum plastik, yang hanya bisa dipakai sekali. Jika sudah selesai dipakai, jangan dibuang sembarangan, ya! Buanglah sampah pada tempatnya, yaitu pada tempat yang sudah disediakan.

Di acara seperti Comifuro, akan ada banyak sekali tempat sampah yang dapat ditemui di segala sudut tempat acara. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Ini sebenarnya merupakan aturan kebersihan yang umum, sih, tapi bisa bahaya jika tidak dilakukan, lho.

Jaga Barang Bawaan saat berada di Comifuro

Ini adalah salah satu tips yang wajib banget kamu perhatikan serta lakukan di Comifuro. Di acara mana pun, hal ini tetap salah satu hal yang menjadi perhatian bersama, baik bagi para tenant, artist, dan semua pengunjung. Tiap tahun, ada saja kasus pencurian barang pribadi di acara seperti ini. Seperti yang telah saya tegaskan di poin nomor 1, akan sangat sulit untuk mengatur dan menjaga keamanan tiap pengunjung yang ada dalam tempat acara.

Karena itu, ada baiknya kita berinisiatif untuk melakukannya sendiri dengan menjaga barang bawaan masing-masing. Jika barang bawaan tersebut terasa berat untuk dibawa-bawa sembari berkeliling, tidak ada salahnya untuk menitipkannya kepada tempat penitipan yang sudah ada. Pastikan juga barang-barang pribadi, seperti dompet dan handphone, disimpan di tempat yang aman (seperti bagian bawah tas) dan tidak mudah dijangkau orang lain.

Waspada barang bajakan!

Kodansha gugatan situs anime bajakan
Ilustrasi Kodansha menggugat situs manga bajakan Jepang | EDIT: Nawala Karsa, 2019

Comifuro adalah acara yang mendistribusikan serta merayakan setiap pelaku industri kreatif di Indonesia. Adanya barang bajakan di acara tersebut berarti tidak ikut mempromosikan karya kreatif anak muda Indonesia dan juga melanggar peraturan yang ada. Jika kalian menemukan barang tiruan atau bootleg di suatu stan, segera laporkan hal tersebut ke panitia, ya!

Baru-baru ini, sudah ada beberapa barang tiruan yang ditemukan di dalam stan acara Comifuro dan para panitia acara tersebut juga sudah menanggapinya dan sigap pula dalam menyelesaikan kasus tersebut. Jadi, jangan pernah ragu untuk melaporkan barang tiruan kepada panitia. Ingat, setiap karya hasil kerja keras milik orang lain harus diapresiasi, dan barang tiruan adalah hal yang tidak tepat untuk menunjukkan apresiasi kita.

Comifuro Ramai, Wajib Bawa Deodorant

tips comifuro
Ilustrasi: Terry Crews dalam iklan Old Spice | FOTO: Old Spice | EDIT: Nawala Karsa, 2020

Berdesak-desakan dengan orang lain di suatu tempat bisa menimbulkan kesan yang kurang baik, apalagi jika kita memiliki bau badan yang sangat khas (baca: bau badan karena keringat). Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa dan / atau memakai pengharum badan seperti deodoran atau parfum dengan wangi yang tidak terlalu tajam agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain yang ada di sekitar kita pada saat acara nanti.

Siapkan Uang Pas dan E-Money!

emoney tips comifuro ovo gopay
Ilustrasi: Penggunaan e-Money dan e-Wallet di Comifuro | FOTO & EDIT: Nawala Karsa, 2018 & 2020

Inilah tips terakhir dari tujuh tips yang wajib kamu lakukan di Comifuro, yaitu, bawalah uang pas sebagai persiapan untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Kadang-kadang, ada beberapa stan yang tidak bisa menerima uang lebih karena mereka juga kesulitan untuk memberi uang kembalian. Jadi, kita bisa membantu mereka dengan membawa uang pas.

Penggunaan electronic money juga mulai digencarkan oleh sebagian booth di Comifuro, salah satunya penggunaan GOPAY maupun OVO yang umumnya sudah digunakan oleh anak muda. Kalian bisa mengisi dompet digital kalian tersebut sebagai backup apabila uang yang kalian siapkan sudah habis terlebih dahulu.

Nah, kira-kira itulah tujuh tips yang harus kita lakukan supaya kita dapat menikmati Comifuro dan acaranya dapat berlangsung dengan aman, baik, dan tentunya, seru! Oh ya, apakah kalian setuju dengan tujuh hal di atas? Atau mungkin kalian punya saran lainnya? Jangan sungkan untuk memberitahu kami di kolom komentar, ya!

Loading...