Beranda » Regional » Menyedihkan! PLN Diduga Mencuri Desain Stiker Motor Listrik

Menyedihkan! PLN Diduga Mencuri Desain Stiker Motor Listrik

Hal ini terungkap saat seorang netizen mencurahkan keluh kesahnya saat desain stiker untuk PLN dicuri dan dicetak tanpa sepengetahuannya.

Mendesain stiker motor listrik untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memang epic. Tapi pernah gak sih desainnya dicuri dan dicetak tanpa sepengetahuan pemilik desain?

Mungkin itulah yang kini dirasakan oleh seorang netizen bernama bernama APutra Jr setelah mencurahkan keluh kesahnya saat desain yang ia buat untuk BUMN justru dicetak tanpa sepengetahuan dia.

Dengan Kekuatan Netizen, Mencari Pelaku Pencuri Desain

Dalam curhatannya di grup Facebook “Komunitas Pengguna CORELDRAW Indonesia”, dia menceritakan kronologi kejadian dimana ada seorang klien ingin memesan desain stiker untuk kendaraan roda dua.

Setelah desainnya jadi dan dikirim, klien tersebut meminta untuk menunggu dengan alasan approved. Namun karena lama tak ada kabar, APutra mencoba melakukan ‘jemput bola’ atau mengunjungi langsung klien, tapi tetap saja belum mendapat kesepakatan.

Beberapa bulan kemudian, dia mendapat kabar dari temannya bahwa desain yang ia buat ternyata sudah dicetak secara massal oleh BUMN yang bersangkutan, kemiripannya pun sama persis.

Curhatan APutra Jr kemudian dibagikan oleh akun Facebook bernama Muhammad Rizal Abadi ke grup Facebook “Motuba”, semenjak grup tempat APutra Jr ‘curhat’ bersifat tertutup sehingga tidak bisa dibagikan.

screenshot curhatan APutra Jr

Setelah curhatan tersebut menjadi viral dan membuat netizen geram, tidak sedikit netizen yang berniat mencari pelaku yang mencuri desain milik APutra Jr kemudian mencetaknya secara massal.

PLN Kena Getahnya

Selidik punya selidik, diduga pelaku yang mencuri desain stiker motor milik APutra Jr adalah produsen motor listrik lokal bernama Gesits Indonesia.

Hal ini terungkap setelah dalam Fan Page-nya, Gesits mengunggah beberapa foto motor listriknya yang sudah dipesan oleh salah satu BUMN yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada tanggal 31 Januari 2020.

Pengiriman ratusan unit motor listrik GESITS untuk PLN Surabaya dan PLN wilayah Jawa Timur pada Januari 2020. Pengiriman berikutnya akan dilakukan bertahap.

Posted by Gesits Indonesia on Thursday, 30 January 2020

Anehnya, pada desain stiker motor yang ada pada foto tersebut, terlihat sama persis dengan desain yang dibuat oleh APutra Jr.

Alhasil netizen berbondong-bondong mengunjungi Fan Page tersebut dan memberikan komentar ‘pedas’ dan menuntut untuk membayar desain stiker yang dicuri.

“MOHON MASALAH DENGAN DESAINER ASLINYA DISELESAIKAN DULU. CAPEK2 CARI NAFKAH MALAH DIGINIIN,” komentar salah satu netizen bernama Muhammad Sirojuddin di Fan Page tersebut.

Merasa belum puas menghujat Fan Page Gesits Indonesia, netizen pun menyasar ke Fan Page PLN dan mencecarnya dengan tuntutan yang sama.

PLN dan Gesits Indonesia Belum Beri Tanggapan

HAI ELECTRIZEN! Menuju era kendaraan listrik, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur manfaatkan motor listrik untuk…

Posted by PLN.id on Thursday, 6 February 2020

“Coba klirifikasi urusan disainnya, ada yang posting itu buatan orang. Setelah didisain dikirim nggak ada kabar eh tiba-tiba muncul. Kalo bener begitu namanya mencuri lho, termasuk korupsi juga,” ujar netizen Ubay Dillah.

Sampai saat ini, baik dari pihak PLN ataupun Gesits Indonesia belum berkomentar apapun perihal kejadian ini.

Loading...