Beranda » website » AnimeJapan 2020 Dibatalkan Sebagai Respons Atas Wabah Virus Corona!

AnimeJapan 2020 Dibatalkan Sebagai Respons Atas Wabah Virus Corona!

Melalui pernyataan resmi, AnimeJapan 2020 dan Family Anime Festa 2020 dibatalkan menyusul meningkatnya kasus virus corona di Jepang.

Sejak tahun 2014, AnimeJapan diadakan di Tokyo, Jepang, sebagai sarana perkenalan dengan kultur hiburan berupa anime dari Jepang. Namun, kali ini AnimeJapan 2020 tidak jadi digelar lantaran merebaknya virus corona yang telah menyebar ke seluruh dunia!

AnimeJapan Dibatalkan!

animejapanDilansir dari situs resminya, pihak ofisial menyatakan akan membatalkan event AnimeJapan 2020 dan Family Anime Festa 2020 yang semestinya diselenggarakan 23-26 Maret ini.

Hal ini sebagai bentuk tanggapan resmi untuk mengikuti prosedur keselamatan pengunjungnya sejak virus corona menyerang beberapa kota di Jepang, khususnya ibukota Tokyo. Mereka pun meminta maaf atas pembatalan secara mendadak ini dalam situsnya.

Demi Keamanan dan Keselamatan Pengunjung!

Sebelumnya, pihak penyelenggara AnimeJapan 2020 telah memposting beberapa langkah antisipasi menyebarkan virus corona di Jepang, 10 hari sebelum pembatalan resmi. Mereka mengimbau para pengunjung apabila event ini digelar untuk membawa masker mereka masing-masing.

Begitu juga dengan membawa hand sanitizer pribadi untuk mengganti sabun sebagai sarana cuci tangan setelah tersentuh dengan keadaan sekitar. Selain daripada itu mengikuti prosedur standar pencegahan yang telah diinstruksikan oleh pihak Kementerian Kesehatan di Jepang.

Bagi para pelawat yang telah terlanjur membeli tiket, pihak resmi menawarkan pengembalian tiket mulai dari 6 Maret. Pengembalian tiket AnimeJapan ini berlaku bagi seluruh tipe tiket yang telah dipesan sebelum event itu digelar.

Beberapa Event Pop Kultur Juga Dibatalkan!

Sebelumnya, beberapa event di Jepang yang sempat dipersiapkan untuk digelar mengalami pembatalan menyusul kasus merebaknya virus corona.

Contohnya, sebuah stasiun kereta api Yamanote Line di Jepang mengadakan sebuah event bertemakan Final Fantasy VII Remake. Sayangnya, event terpaksa dibatalkan karena wabah virus Corona meski seharusnya diadakan pada 2 Februari yang lalu.

Selain dari event diatas, Nipponbashi Street Festa yang seharusnya diadakan di Osaka, Jepang, dibatalkan sepihak oleh pihak panitia. Event ini semestinya digelar di daerah Nipponbashi’s Den Den, Osaka, Jepang pada 15 Maret 2020.

Di lain pihak, Bushiroad pun terpaksa tidak jadi mengadakan event mereka lantaran alasan serupa diatas. Beberapa event mereka dibatalkan atau bisa jadi ditunda sampai 19 Maret 2020.

Termasuk franchise yang terkena dampak ialah BanG Dream!, event Revue Starlight, Rebirth, Assault Lily, D4DJ, bahkan Animax Musix. Sebagai permohonan maaf, Bushiroad akan mengembalikan uang bagi pengunjung yang sudah membeli tiket.

Tentang AnimeJapan 2020

Dibatalkannya gelaran tahun 2020, AnimeJapan adalah sebuah event popkultur yang diadakan di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, yang melibatkan industri anime, khususnya penerbit dan studio-studio anime. Sejak dibuka pada Maret 2014, event tersebut merupakan gabungan dari dua event serupa, yaitu Tokyo International Anime Fair dan Anime Contents Expo.

Ajang pameran ini diikuti beberapa distributor dan produsen ternama dalam perindustrian anime, contohnya Aniplex, Production I.G., Toei Animation dan King Records.

Loading...