Beranda » Regional » Virus Corona Masuk Johor Baru, 3 Pasien Dikarantina

Virus Corona Masuk Johor Baru, 3 Pasien Dikarantina

Dilansir dari Straits Times, menteri kesehatan Malaysia Datuk Seri Dr. Dzulkefly Ahmad mengkonfirmasi 3 kasus Novel Virus Corona pada 25/1/2019.

Terdapat tiga warga negara Cina yang kini sedang berada dalam karantina selama beberapa hari di sebuah hotel yang bertempat di Johor Baru. Ketiga orang tersebut dikarantina ketika memasuki Malaysia melalui Johor Baru.

Ketiga pasien tersebut merupakan istri dan cucu seorang pasien coronavirus berumur 66 tahun yang kini sedang di rawat di salah satu rumah sakit di Singapura.

Ketiga orang tersebut kini telah dipindahkan ke rumah sakit Sungai Buloh Hospital di Selangor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Pasien berumur 66 tahun tersebut dan anaknya telah dites positif coronavirus dan telah dirujuk ke salah satu rumah sakit di Singapura.

Terdapat sembilan orang yang berada dalam rombongan korban pertama tersebut. Beberapa diantaranya yaitu : istri, dua anak, dua cucu serta keluarga lain yang berjumlah empat orang.

Rombongan tersebut diketahui tiba di Singapura melalui pesawat dari Guangzhou, Cina.

Awal Mula Penyebaran Virus

Coronavirus ialah famili virus yang menyebabkan berbagai penyakit mulai dari demam biasa serta SARS dan MERS. Pada 31 Desember 2019 ditemukan beberapa kasus pneumonia di kota Wuhan, provinsi Hubei Cina. Virus ini merupakan jenis baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Kasus pertama coronavirus pada Desember 2019 lalu ditemukan berasal dari sebuah pasar hewan di kota Wuhan.  Adanya kontak dengan hewan-hewan yang terinfeksi diyakini menjadi pemicu tersebarnya virus baru ini.

Pada 7 Januari 2020, ilmuwan Cina telah mengidentifikasi virus tersebut sebagai coronavirus. Virus ini diberi nama sementara “2019-nCoV” atau novel coronavirus.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Medical Virology, novel coronavirus diperkirakan berasal dari ular. Namun beberapa ahli mengkritik penelitian ini, karena belum jelas apakah coronavirus dapat menginfeksi ular.

Umumnya coronavirus hanya ditemukan pada hewan serta tidak dapat menginfeksi manusia, namun mutasi coronavirus dapat membuatnya dapat menginfeksi manusia.

Gejala-Gejala Virus Corona

Virus ini menyebabkan berbagai gejala seperti demam dan gangguan saluran pernafasan seperti batuk kering dan kesulitan bernapas. Selain itu gejala seperti diare dan rasa nyeri juga dapat muncul.

Menurut WHO, pada kasus-kasus tertentu bisa juga muncul gejala-gejala yang parah seperti pneumonia, gagal ginjal bahkan kematian.

Loading...