Beranda » Resmi! Byleth Jadi Karakter DLC Terbaru Super Smash Bros Ultimate

Resmi! Byleth Jadi Karakter DLC Terbaru Super Smash Bros Ultimate

 

Super Smash Bros Ultimate Byleth – Akhirnya karakter DLC (DLC Fighter) misterius dari gim Super Smash Bros Ultimate terkuak! Byleth dikonfirmasi menjadi karakter DLC ke-5 (jika Piranha Plant dimasukan ke dalam daftar karakter DLC SSBU, maka Byleth menjadi karakter DLC ke -6) yang juga merupakan karakter terakhir dari Fighter Pass I.

Blyeth diperkenalkan secara resmi oleh Masahiro Sakurai, kreator Super Smash Bros. dalam sebuah video berdurasi 35 menit di YouTube yang disiarkan langsung pada tanggal 16 Januari 2020 lalu.

Siapa Byleth, DLC Fighter Terbaru Super Smash Bros Ultimate?

Byleth ialah karakter utama dari Fire Emblem: Three Houses, gim Fire Emblem terbaru di Nintendo Switch yang dirilis pada tahun 2019. Di gim aslinya, pemain dapat memlilih Blyeth sebagai laki-laki atau perempuan. Mekanisme ini juga diterapkan pada karakter-karakter Fire Emblem lainnya; Corrin (Kamui) dan Robin (Reflet).

Dikisahkan Byleth ialah anak dari Jerralt Eisner, mantan kestaria dari Church of Seiros. Cerita berawal ketika Byleth dan Jerralt menyelamatkan tiga ketua asrama (House) Garreg Mach Monastery dari serangan bandit. Setelah kejadian tersebut, Jeralt ditugaskan kembali menjadi kapten di tempat bernaungnya dahulu, sedangkan Byleth ditugaskan untuk menjadi mentor (profesor) bagi salah satu House. House of Golden Deer, diketuai oleh Claude von Riegan. House of Red Eagles, diketuai oleh Edelgard von Hresvelg. Dan terakhir, House of Blue Lions, diketuai oleh Dimitri Alexandre Blaiddyd.

Byleth sering menemui sosok dewi misterius yang ia jumpai hanya di dalam mimpinya, Sothis. Baik Sothis dan Byleth tidak mengingat sama sekali tentang masa lalu mereka, sehingga Sothis memberi tugas khusus untuk Byleth selama ia berada di Garreg Mach Monastery untuk mengungkap siapakah Sothis yang sebenarnya.

Diawali dengan Video Perkenalan Karakter yang Sempurna!

Yang membuat pengumuman karakter DLC ini berbeda adalah perilisan video perkenalan karakter (reveal trailer) yang bersamaan dengan video demonstrasi (demo play) karakter DLC oleh Sakurai. Karakter-karakter DLC sebelumnya hanya diawali dengan video perkenalan karakter, sedangkan video demo play dirilis selang waktu kemudian.

Dikutip dari terjemahan twit Sakurai lewat akun Twitter PushDustIn, pada pengerjaan reveal trailer Byleth, Sakurai menunjuk Sanzigen untuk menggarap bagian animasi, Koei Tecmo untuk bagian dialog, dan Super Smash Bros. Ultimate Team untuk bagian gameplay. Sakurai beserta timnya berusaha keras untuk memasukkan Byleth ke dalam gim mengingat pentingnya karakter ini bagi penggemar.

Stage Baru yang Fantastis!

Setiap Challenger Pack yang diumumkan di Super Smash Bros. Ultimate (kecuali Piranha Plant, yang hanya dijadikan karakter DLC terpisah dari Fighter Pass), sudah termasuk stage dan kumpulan soundtrack terbaru (baik BGM dari gim aslinya maupun aransemen ulang/remix terbaru eksklusif untuk SSBU). Di dalam Challenger Pack Byleth, stage terbaru yang disajikan adalah Garreg Mach Monastery.

Keunggulan stage terbaru ini adalah memiliki 4 bagian berbeda yang dapat berganti secara mendadak (stage morph). Tak hanya itu, karakter-karakter utama dari Fire Emblem: Three Houses pun ikut tampil sebagai kameo!

Di Marketplace, dapat bertemu perwalkilan House of Blue Lions yang terdiri dari Dimitri, Ingrid, dan Dedue.

Super Smash Bros Ultimate Byleth

Tidak ketinggalan, terdapat Spirit Board baru eksklusif berisikan karakter-karakter dari Fire Emblem: Three Houses yang juga merupakan bagian dari Challenger Pack Byleth.

Dilengkapi dengan Empat Senjata Pamungkas

Pada segmen demo play karakter Byleth, Sakurai memperkenalkan berbagai jenis serangan yang bisa dipakai oleh Byleth. Byleth dilengkapi 4 senjata pamungkas yang berbeda:

  • Sword of Creator, pedang milik Byleth digunakan untuk berbagai macam serangan biasa (basic attack).
  • Areadbhar, tombak milik Dimitri digunakan untuk serangan depan (forward smash) dan belakang.
  • Aymr, kapak milik Edelgard digunakan untuk serangan ke bawah (down smash).
  • Failnaught, busur milik Claude digunakan untuk serangan posisi netral (neutral attack).

Senjata Pamungkas Three Houses

Jika ada karakter DLC terbaru, maka tentu saja ada “topi” untuk Kirby (Kirby’s Copy Ability Hat) yang baru. Inilah sosok Kirby setelah menelan Byleth untuk memakai fitur copy abilitynya. Terlalu imut!

Super Smash Bros Ultimate Byleth

Sothis: “… sudah terlalu banyak Swordfighter yang hadir (di Super Smash Bros.), ya?”

Kemunculan Byleth sebagai karakter DLC terbaru Super Smash Bros. Ultimate adalah sebuah kejutan. Reaksi dari berbagai penggemar pun beragam. Bahkan pada adegan video perkenalan Byleth, terdapat referensi salah satu sindiran (sekaligus keluhan) dari beberapa penggemar terkait dengan banyaknya karakter berjenis Swordfighter (terutama karakter-karakter dari franchise Fire Emblem) di Super Smash Bros. oleh Sothis ketika menanggapi Blyeth yang kembali lagi ke dunia mimpi karena tidak mampu mengalahkan musuh dengan senjata biasa, sebelum pada akhirnya diberikan senjata-senjata pamungkas.

Altaïr, Rabbid, dan Cuphead Hadir Sebagai Kostum Mii Fighter Terbaru!

Setelah segmen demo play karakter Byleth di Super Smash Bros Ultimate, Sakurai memperkenalkan “Fighter” baru berupa kostum-kostum yang dipakai untuk karakter-karakter Mii Fighter. Altaïr (Assassin’s Creed), Cuphead (Cuphead), X (Megaman X), MegaMan.EXE (Megaman Battle Networks), dan Rabbid (Rabbids) terpilih menjadi kostum Mii Fighter terbaru.

Kehadiran Cuphead menjadi karakter dari gim indie ke-2 yang hadir di Super Smash Bros. Ultimate, setelah Sans dari Undertale menjadi yang pertama hadir sejak September 2019 lalu.

Untuk Kostum Altaïr ekslusif untuk Mii Fighter berjenis Swordfighter, sedangkan Kostum Rabbid yang hanya berupa topi bisa dipakai untuk semua jenis Mii Fighter. Terakhir, kostum Cuphead, X, dan MegaMan.EXE eksklusif untuk Mii Fighter berjenis Gunner.

Khusus untuk DLC kostum Cuphead sudah termasuk BGM eksklusif, Floral Fury. Dilansir dari akun Twitter resmi pengembang Cuphead, Studio MDHR mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Sakurai atas kesempatan untuk menampilkan Cuphead sebagai kostum DLC Mii Fighter di Super Smash Bros. Ultimate.

Kostum-kostum tersebut dapat diunduh per 28 Januari 2020 nanti dan masing-masing dijual terpisah.

Fighter Pass Jilid Ke-2 Segera Diluncurkan

Selain Byleth di Super Smash Bros Ultimate, Sakurai dengan bangga mengungkapkan bahwa akan ada 6 karakter DLC lagi yang akan bergabung di Super Smash Bros. Ultimate! Jika Fighter Pass bagian pertama hanya ada 5 karakter (Joker, Hero, Banjo – Kazooie, Terry Bogard, dan Byleth), Fighter Pass kali ini bertambah menjadi 6 karakter!

Fighter Pass II sudah dapat dibeli dari tanggal 28 Januari 2020. Fighter Pass II sudah termasuk keenam Challenger Pack babak ke-2 dan bonus sebuah kostum Mii Fighter eksklusif.

Diselingi Pratinjau DLC Fire Emblem: Three Houses Terbaru!

Rupanya peluncuran Byleth sebagai karakter DLC Super Smash Bros. Ultimate menjadi ajang mencuri kesempatan bagi gim asalnya, Fire Emblem: Three Houses untuk memperkenalkan DLC terbarunya, Cindered Shadows. DLC kali ini berbentuk expansion pass.

Byleth mendapat kesempatan untuk menjelajahi wilayah Abyss, lokasi house ke-4, The Ashen Wolves yang selama ini keberadaannya ditutup-tutupi oleh pihak biara.

DLC tersebut menjadi DLC ke-4 bagi Fire Emblem: Three Houses dan akan dapat dimainkan pada 12 Februari 2020.

Demikian rangkuman dari berita peluncuran karakter DLC terbaru Super Smash Bros. Ultimate, Byleth. Byleth secara resmi dapat dimainkan pada tanggal 28 Januari 2020 nanti, lebih cepat daripada prediksi sebelumnya.

Loading...