Keren! Sekolah Ini Terima Bayar SPP Murid Baru Lewat GoPay

Siapa sangka bahwa lelucon tentang Nadiem Makarim yang dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menginspirasi sekolah tersebut untuk menerima SPP lewat GoPay

bayar SPP lewat gopay
Nawala Karsa - Ilustrasi Sekolah Yang Menerima SPP Lewat GoPay

Siapa sangka bahwa lelucon tentang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru saja dilantik yaitu Nadiem Makarim dimana netizen membuat berbagai lelucon tentang mantan pendiri dan CEO Go-Jek tersebut seperti “Bayar SPP bisa lewat GoPay” akan menjadi kenyataan.

Dilansir dari Detik. Metode pembayaran biaya pendaftaran siswa baru lewat GoPay mulai diterapkan oleh salah satu sekolah Madrasah Ibtidaiyah (Setara SMP) Miftahul Akhlaqiyah di Ngalian, Semarang, Jawa Tengah pada seleksi calon siswa baru.

Seperti yang tertulis pada poster yang disebarkan ke sosial media ataupun situs sekolah tersebut, dimana para orang tua murid bisa mendaftarkan anaknya lewat HP, dan membayar biaya pendaftaran lewat GoPay.

Poster Menerima Biaya Pendaftaran Siswa Baru Lewat Gopay
Poster Penerimaan Siswa Baru (MI Miftahul Akhlaqiyah)

Kepala Sekolah MI Miftahul Akhlaqiyah, Miftahul Arief membenarkan kabar tersebut. Arief menjelaskan bahwa metode tersebut bertujuan untuk memudahkan orang tua murid membayar biaya pendaftaran penerimaan siswa baru sekolah tersebut.

“Kami menyesuaikan era, karena mindset orang tua sekarang adalah serba-cepat dan instan. Ojek saja bisa bayar online, kenapa pendidikan tidak?,” ungkapnya. Walau demikian, sekolah tersebut belum menggunakan pembayaran menggunakan kode QR sebagai media pembayaran secara digital.

Hal yang perlu diingat adalah metode pembayaran tersebut murni inisiatif pihak sekolah yang diperuntukkan sebagai tujuan transfer sebagai cara alternatif untuk membayar biaya sekolah.

Dengan adanya metode pembayaran tersebut, orang tua murid tidak perlu datang ke sekolah untuk membayar biaya sekolah anaknya yang pasti memiliki kesibukan masing-masing, dan mencegah kendala lain seperti sudah terlanjur datang tapi lupa membawa uang atau uangnya kurang,

“Kami memahami kendala calon orang tua siswa yang memiliki keterbatasan waktu. Market kami kan warga perkotaan dengan aneka rupa pekerjaan yang terpancang dengan target dan waktu”. Jelasnya. Selain GoPay, Arief ternyata sudah menyediakan pembayaran digital alternatif lainnya seperti OVO, LinkAja, dan DANA.

Arief menambahkan, bahwa kedepannya, semua siswa dapat membayar SPP lewat metode pembayaran digital, dan orang tua murid dapat mendaftarkan anaknya secara online melalui ponsel. Maka jika sebelumnya harus mengisi berkas secara manual atau tertulis, kini bisa dilakukan di ponsel masing-masing.

Paperless, tidak ada kertas yang harus disetorkan sebagaimana selama ini, semua menggunakan daring,” tambahnya.

Nadiem Makarim Menjadi Mendikbud, Lelucon Tersendiri Bagi Netizen

Contoh cuitan lelucon tentang Nadiem Makarim
Contoh lelucon tentang Nadiem Makarim yang dilantik menjadi Mendikbud (Twitter/ikramarki)

Seperti yang kita ketahui saat pelantikan Menteri baru yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 sempat memancing perhatian netizen saat Nadiem Makarim dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) oleh Presiden Joko Widodo.

Karena latar belakangnya yang pernah menjadi pendiri dan CEO Go-Jek membuat netizen beramai-ramai membuat berbagai meme dan lelucon tentang dilantiknya Nadiem. Dikutip dari Sindonews, Seperti lelucon yang dibuat oleh akun Twitter @iramarki, dalam cuitannya, dia membuat lelucon dimana saat Nadiem menjadi Mendikbud, bayar SPP bisa melalui GoPay.