Beranda » Opini » [3-EPISODE REVIEW] Choyoyu! – Anime Isekai Yang ‘7 Kali’ Lebih Imba!

[3-EPISODE REVIEW] Choyoyu! – Anime Isekai Yang ‘7 Kali’ Lebih Imba!

High School Prodigies Have It Easy Even In Another World! atau yang bisa disingkat Choyoyu!, merupakan adaptasi anime dari light novel dengan judul yang sama. Judul asli dari light novel ini adalah Choujin Koukousei-tachi wa Isekai demo Yoyuu de Ikinuku you desu!. Choyoyu! ini dikarang oleh Riku Misora dengan ilustrasi dari Sakuraneko. Light novel ini pertama kali diterbitkan di tahun 2015.

Adaptasi anime ini juga ditayangkan di saluran tv luar negeri Animax, dengan penayangan Same Day as Japan. Tentunya hadir dalam teks translasi bahasa Indonesia, saya belum bisa bahasa Jepang soalnya. Menonton Animax ini tidak hanya bisa ditonton di televisi saja lho, kamu bahkan bisa menontonnya di telepon pintar kamu. Cara menonton saluran tv luar negeri ini bisa kamu baca di artikel berikut ini.

Berikut sinopsis dari Choyoyu ini. Sinopsis ini diambil dari Jurnal Otaku Indonesia.

Di Jepang, ada tujuh anak SMA super yang memiliki kejeniusan tingkat dunia di berbagai bidang dari pemerintahan sampai ekonomi dan lebih. Di suatu hari yang fatal, ketujuh anak ini terlibat kecelakaan pesawat dan terbangun di dunia lain.

Sadar mereka benar-benar di dunia asing yang mana ada kekuatan magis dan beast-people, mereka langsung panik–atau itu yang seharusnya terjadi kalau mereka hanya murid sekolah biasa. Tidak seperti itu, ketujuh anak ini menggunakan talenta mereka untuk melakukan hal-hal menggelikan agar mereka bisa pulang.

“Mari kita santai saja, karena kalau kita benar-benar berusaha, aku yakin kita bisa menghancurkan dunia ini.”

Oke, tanpa basa-basi lagi, berikut 3-episode review dari saya tentang adaptasi anime ini.

Bukan Sesuatu Yang Baru, Tapi Sedikit Unik

Anime isekai dengan karakter yang imba, over power, atau terlalu kuat pasti bukan sesuatu genre yang baru. Tapi, kalau karakter imba-nya ada banyak terus bergrup gimana yah? Nah anime ini mungkin bisa menjawab pertanyaanmu ini. Tapi sebenarnya mereka juga tidak terlalu imba seperti yang tidak bisa mati atau sejenisnya yah. Mereka hanya imba di bidangnya masing-masing. Ada politikus terbaik, penemu terbaik, jurnalis terbaik, dokter terbaik, samurai terbaik, pesulap terbaik, hingga pengusaha terbaik. Dan ya, mereka semua masih SMA. Mereka semua terlalu hebat di bidangnya masing-masing itu, dan saling melengkapi satu sama lain.

Walau di 3 episode pertama ini karakter utama yang terlihat mencolok baru 2 saja. Karena baru 2 karakter ini yang mempunyai arc cerita, yang satunya merupakan cerita utama dari seri ini yaaa namanya juga baru 3 episode mas. Kedua karater itu adalah si politikus yang bisa dibilang adalah pemimpin dari 7 anak SMA super dan si pengusaha dengan ceritanya di 3 episode awal ini. Lima karakter lainnya lebih terlihat menjadi pelengkap saja, tapi jika semua karakter ini akan dieksploitasi lebih luas lagi, menurut saya mungkin ceritanya akan lebih menarik.

Mengangkat Tema World Building

Choyoyu! Shinobu
©Riku Misora・SB Creative Corp./CHOYOYU! Project

Ada orang hebat di bidangnya masing-masing, anime isekai, nah pastinya akan ngangkat tema yang satu ini nih. World building atau yang bahasa Indonesianya membangun dunia. Tidak ada uang? Kan ada si pengusaha terbaik yang bahkan dijuluki Raja Iblis-nya Ekonomi di dunianya dulu. Butuh informasi di dunia lain ini? Ada si shinobi tercinta jurnalis terbaik. Bahkan mereka juga bisa pakai telepon pintar mereka masing-masing di dunia lain ini, hasil kerjaannya si loli manis penemu terbaik. Semua saling melengkapi, semua punya perannya masing-masing.

Di 3 episode pertama saja udah terlihat jelas kemampuan mereka masing-masing ini. Hasilnya, bahkan mereka sudah berhasil membuat peradaban mereka yang bisa dibilang layak untuk dihidupi. “Mari kita santai saja, karena kalau kita benar-benar berusaha, aku yakin kita bisa menghancurkan dunia ini.” kutipan ini benar-benar menggambarkan kemampuan mereka ini. Mereja juga mengangkat tema revolusi, di mana dunia ini akan mereka rombak seluruhnya. Ya, dari lagu tema pembukanya sudah memberi tahu temanya juga. Lagu tema pembuka berjudul Hajimete no Kakumei! (First Revolution) yang dinyanyikan oleh DIALOGUE+. Hidupnya kok gak ada susah-susahnya, yak

Paha, Dada, Bahkan Sampai ‘Bagian Belakangnya’ Juga! Paket Super Komplit Dah Tuh!

Choyoyu!
©Riku Misora・SB Creative Corp./CHOYOYU! Project

Ya ya ya! Anime isekai pasti kurang lengkap kalau tidak punya tempat untuk memasukkan fan service! Bayangin, baru episode 1 aja udah… astaga dada naga, ya nonton aja lah ya sendiri. Jika di bagian sebelumnya cerita karakternya kurang dieksploitasi, nah desain karakternya ini malah terlalu mengeksploitasi ‘asetnya’ masing-masing. Ya bagus tidaknya sih menurut kamu saja bagaimana. Saya sendiri merasa agak gimana gitu, harus sekali yah sebenarnya adegannya? Ya kalau untuk service sedikit-sedikit tidak terlalu ganggu sih. Tapi misalnya keseringan gimana yak. Masalah sebenarnya saya kesel karena tidak ditayangkan adegan-adegan itu di Animax tv saya!

Ya tapi sebenarnya hal ini juga diperlukan. Untuk apa tuh? Ya jelas untuk mencari duit popularitas! Selalu ingat, yang populer belum tentu berkualitas, begitu juga sebaliknya, yang berkualitas belum tentu populer. Dengan menggunakan adegan-adegan seperti ini bisa membuat anime ini jadi bahan perbincangan lho. Ya setidaknya para hidung belang di internet membicarakan adegan-adegan ini saya salah satunya. Hasilnya, populer dan bahkan dibuatnya merchandise. Seperti contohnya, baru episode 3 pertama saja heroine utamanya yang merupakan seorang ras Elf yang aduhai-nya minta ampun, sudah diumumkan akan mendapatkan Nendoroid!

Ya, Namanya Juga Anime Isekai Zaman Now

Choyoyu! menurut saya bisa lebih berkualitas kalau mengurangi adegan service-service yang sebenarnya tidak terlalu perlu. Juga ini terlalu hebatnya terlalu sih, mereka benar-benar tidak punya celah sama sekali, di bidang mereka masing-masing tentunya. Ditambah mereka juga masih SMA, ya tahu sih emang cerita fiksi, tapi ya bolehlah make sense dikit, dikit aja. Tapi yah sudah jadinya seperti itu, bukannya buat cerita yang berkualitas, mereka lebih mementingkan pasar yang kamu sendiri juga tahu kebanyakan sukanya apa. Ditambah, episode 4 nanti akan ada adegan yang… kalian lihat saja yak sendiri di PV episode 4 berikut ini; gak yakin bakal ditayangin di Animax juga adegan-adegan ini…

Sebenarnya sangat berpontensi, tapi kita lihat saja ke depannya, perkembangan ceritanya akan seperti apa. Terima kasih buat kamu yang sudah menggunakan waktunya untuk membaca 3-episode review dari Choyoyu! ini. Gimana pendapat kalian setelah menonton 3 episode pertama anime ini? Apakah kamu tetap akan nonton sampai tamat, atau merasa sudah cukup menonton anime ini?

Serial tv anime Choyoyu! ini bisa kamu tonton di saluran tv luar negeri Animax, dengan episode baru setiap Jumat pukul 19.30 WIB. Pastinya akan diadakan penayangan ulang setiap episode terbarunya selama seminggu. Jadwal selengkapnya dari saluran tv luar negeri Animax bisa kamu baca di sini.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

 

Loading...