Presiden Ke-3 RI, BJ Habibie, Tutup Usia

Pada Rabu (11/9), presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, telah berpulang di usia beliau yang ke-83. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, pada pukul 18.03 WIB. Beliau meninggal akibat penyakit yang dideritanya. Putra kedua dari BJ Habibie sendiri, Thareq Kemal Habibie, telah mengkonfirmasi berita tersebut pada rekan-rekan media di RSPAD.

Mantan presiden RI tersebut sebelumnya dirawat di Cerebro Intensive Care Unit Paviliun Kartika RSPAD sejak tanggal 1 September 2019 lalu. Beliau ditangani oleh tim dokter spesialis yang ahli dalam menangani sejumlah bidang, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal. Sejumlah tokoh bangsa, seperti presiden ke-7 RI, Joko Widodo, dan presiden ke-6 RI, Soesilo Bambang Yudhoyono, diketahui sempat menjenguk dan ikut melihat keadaan Habibie beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Rusli Habibie, keponakan Habibie, menyatakan bahwa seluruh keluarga dekat telah dipanggil dan tengah berkumpul di Paviliun Kartika RSPAD. “Kondisinya sudah seperti kemarin lagi. Semua keluarga sudah dipanggil, terutama anak-anak beliau,” ucap Rusli. Pak Habibie meninggalkan sejumlah besar keluarga dekat, termasuk kedua anaknya, Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Mantan ketua DPR, Akbar Tanjung, juga telah melayat pak Habibie di RSPAD. “Tadi juga ada Pak Akbar Tanjung pimpin doa. Ada keluarga yang sedang mengaji. Keluarga sudah kumpul semua,” ujar Rusli.

Kemarin (10/9), sempat beredar kabar hoaks mengenai BJ Habibie telah meninggal dunia, padahal saat itu beliau masih dirawat di RSPAD. Sri Soedarsono, juga telah menanggapi kabar tersebut sebelumnya dengan berkomentar dan memberitahu bahwa itu bukan kabar yang benar.

Selamat jalan, Pak Habibie. Jasa-jasamu untuk negeri ini akan dikenang selalu.