Beranda » spam detection » Kapan Novel Hyouka 5 Dari Penerbit Haru Akan Terbit?

Kapan Novel Hyouka 5 Dari Penerbit Haru Akan Terbit?

Seri Hyouka atau yang berjudul asli Kotenbu Series (Seri Klub Literasi Klasik)  merupakan novel karangan Honobu Yonezawa. Seri ini pertama kali dimulai dengan buku berjudul Hyouka, yang rilis di Jepang pada 21 Oktober 2001. Lalu dilanjutkan ceritanya, hingga sekarang seri ini sudah mempunyai total 6 buku novel. Seri novel ini juga sudah mendapatkan adaptasi anime oleh studio Kyoto Animation, pada tahun 2012. Adaptasi animenya sangat terkenal di kalangan pecinta anime. Animenya ini mendapatkan 22 episode, yang mengadaptasi cerita dari 4 novel pertama seri ini. Juga ada adaptasi film layar lebar live action, yang hanya mengadaptasi buku pertamanya.

Seri novel ini juga sudah diterbitkan di Indonesia oleh Penerbit Haru. Penerbit Haru pertama kali menerbitkan novel pertamanya, Hyouka, pada Desember 2017. Dilanjutkan dengan seri keduanya, seri ketiga, hingga yang terbaru seri ke-4-nya, pada Juli 2019. Apakah buku ke-5 yang merupakan lanjutan cerita dari animenya akan diterbitkan oleh Penerbit Haru? Berikut rangkuman selengkapnya dari kami.

“Akan Dilanjutkan Jika Novel Ke-4 Laku 2500 Eksemplar”

Seperti yang sudah diinfokan sebelumnya, melalui akun Instagram managerharu, Manager dari Penerbit Haru ini melakukan sebuah janji melalui akun Instagram tersebut.

“Jika pada PO ini laku sebanyak 2500 eksemplar, maka saya langsung urus hak cipta buku ke-5″, katanya.

For your information, pada buku ke-4 sebelumnya, diadakan sebuah pre order khusus untuk bukunya. Melihat dalam 2 hari buku ini laku sebanyak 1000 eksemplar, maka Manager Penerbit Haru sampai mengatakan hal tersebut. Informasi selengkapnya tentang hal ini bisa kalian baca di sini.

Hyouka 4
©The Doll that Took a Detour / Honobu Yonezawa, Penerbit Haru

Tapi sepertinya mereka tidak berhasil menembus angka tersebut. Karena hingga sekarang belum ada lanjutan dari kejadian ini. Lalu, lagi-lagi pertanyaan yang sama masih muncul, ‘kapan Hyouka 5 terbit?’. Sepertinya hal ini terjawab di salah satu video yang diunggah ke channel YouTube resmi Penerbit Haru. Mereka membahas ‘Kenapa Seri Hyouka Nggak Lanjut ke Buku ke Lima?’. Berikut rangkuman informasinya dari kami.

Kabar Baiknya

Pertama ada kabar baik dari status buku Hyouka 5 ini. Informasi ini berasal dari Andry Setiawan selaku penejermah merangkap pemeriksa bahasa dari seri novel Hyouka oleh Penerbit Haru. Dia mengatakan bahwa dia secara pribadi sudah menerjemahkan buku Hyouka ke-5 ini. Walau memang belum mendapatkan tugas, dia mengatakan sudah selesai menerjemahkan keseluruhan buku tersebut.

“Misal copyright sudah terbit, bulan depannya pun bisa langsung terbit.” katanya di video tersebut.

Bahkan dia juga ikut menantang desainer cover-nya, untuk menyelesaikan cover buku tersebut dalam waktu singkat itu. Itupun misal copyright sudah didapatkan. Penerbit Haru pun sebenarnya ingin sekali untuk melanjutkan seri ini. “Karena pasti tidak enak kan putus di tengah?” dikutip dari video tersebut. Jadi sebenarnya kenapa copyright buku ini belum diambil?

Kabar Buruknya

Kabar buruknya adalah, sepertinya kita belum bisa mendapatkan buku ke-5 ini dari Penerbit Haru dalam waktu dekat. Pasalnya, Manager Haru mengatakan penjualan buku sebelumnya belum menembus angka yang diinginkan. Yang menjadi pertimbangan apakah seri ini akan dilanjutkan, atau tidak.

“Jika memang kurang dukungan, untuk apa diterbitkan?”

menurut kutipan Manager Haru, yang disampaikan Andry Setiawan di video ini. Jadi dapat dipastikan buku ke-5 belum akan diterbitkan oleh Penerbit Haru, dalam waktu dekat.

Itu saja rangkuman perkembangan dari Penerbit Haru tentang seri novel Hyouka ini. Sepertinya buku Hyouka ini masih butuh banyak dukungan dari pembaca di sini. Kalian juga bisa membantu Penerbit Haru, dengan membeli langsung mungkin (walau jadi harus beli 2 misalnya), atau mungkin rekomendasikan buku ini ke teman kalian. Bantuan kalian tentu bisa menentukan apakah seri ini akan berlanjut atau tidak.

Masih ada hal menarik sebenarnya pada video ini, tapi mungkin akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Video selengkapnya bisa kalian buka melalui tautan berikut.

Loading...