Ini Dia 10 Anime dengan Rating TV Tertinggi di Akhir Agustus 2019!

Minggu lalu, kami telah merilis daftar anime dengan rating TV tertinggi selama pada minggu keempat bulan Agustus. Lagi-lagi Sazae-san berhasil menjadi Anime dengan Rating TV tertinggi minggu lalu, bagaimana dengan posisi rating televisi minggu ini? Apakah ia mampu mengulangi kesuksesannya?

Kali ini Nawala Karsa Indonesia akan menghadirkan daftar 10 serial anime yang paling banyak ditonton pemirsa televisi di Jepang. Data yang kami himpun dari Video Research ini hanya memuat data rating untuk pemirsa di wilayah Kanto. Adapun data yang diambil merupakan data saat tayangan tersebut mengudara pertama kali. Jadi ini tidak termasuk pemirsa yang menonton melalui streaming maupun yang merekam acara ini terlebih dahulu.

Inilah 10 Anime dengan Rating TV Tertinggi

  1. Tentu saja Sazae-san
    Sazae-san. Anime dengan Rating TV TertinggiAnime terpanjang sepanjang sejarah pertelevisian Jepang ini memang selalu nyaman dinikmati masyarakat setempat. Sebanyak 11,9% pemirsa betah menyaksikan kisah keluarga Sazae-san yang ringan dan kaya makna.
  2. Chibi Maruko ChanChibi Maruko-chan, Anime dengan Rating TV TertinggiSetelah turun gunung pekan lalu, anime karya Momoko Sakura ini kembali ke posisinya sebagai penguntit Sazae-san di klasemen rating TV. Episode yang tayang pada hari Minggu (1/9) mampu meraup 8,2% penonton TV di Jepang.
  3. Detective ConanDetective Conan, , Anime dengan Rating TV TertinggiRehat sepekan dari klasemen pekan lalu rasanya cukup bagi anime adaptasi manga karya Aoyama Gosho ini. Terbukti pada pekan ini, ia kembali berhasil memancing rasa penasaran pemirsa TV di Negeri Sakura itu. Episode yang tayang pada hari Sabtu (31/8) sore tersebut mampu memikat 7,7% pemirsa.
  4. Crayon Shinchan
    Crayon Shinchan masih jadi favorit pemirsa di JepangAnime adaptasi komik karya Yoshito Usui ini masih menjadi favorit masyarakat Jepang. Memang untuk pekan ini ia harus turun satu tangga ke peringkat empat, namun dengan raihan pemirsa pada hari Jumat (30/8) sebanyak 7,3% menjadi bukti ia masih digemari. Duh, jadi kangen suaranya Oni Syahrial di Shinchan versi Indonesia.
  5. Doraemon
    Doraemon, anime legendaris tapi masih panen penonton.Kisah empat remaja tanggung dan satu robot musang ini selalu melekat di hati pemirsa di Jepang. Tayang sebelum Shin-chan, ia mampu menarik perhatian 6,5% pemirsa di hari Jumat (30/8) lalu.
  6. One PiecePetualangan si topi jerami dan para bajak laut masih menjadi favorit. Tak terkecuali untuk edisi yang tayang pada hari Minggu (1/9) pagi, sebanyak 6,2% pemirsa Jepang menikmati petualangan mereka.
  7. GeGeGe No KitaroMinggu ini dan seterusnya akan sangat menantang bagi si bocah bermata satu ini. Selain berhadapan dengan makhluk halus, ia juga harus berhadapan dengan Kamen Rider Zero-One yang tayang di jam yang sama. Walaupun demikian, episode terbarunya di hari Minggu (1/9) itu mampu mencegah 4,9% pemirsa TV Jepang menyaksikan debut si belalang tempur itu.
  8. Mix
    Perjuangan dua saudara menuju kompetisi baseball nasional masih menjadi primadona di Jepang. Walaupun pekan ini harus puas di sisi bawah 10 besar, dengan raihan 4,2% penonton pada hari Sabtu (31/8) sore rasanya ia masih dapat dibanggakan.
  9. Oshiri Tantei
    Detektif berkepala bokong ini punya keahlian dalam mencium berbagai kasus. Keahliannya ini nyatanya disukai 3,6% pemirsa di hari Sabtu (24/8) pagi.
  10. Curious Georgecurious George, , Anime dengan Rating TV TertinggiPerjalanan si monyet kecil yang selalu penasaran ini selalu memikat hati pemirsa dari berbagai usia. Tak heran jika anime coret ini masih mampu bertahan daftar ini. Dengan raihan 3,4% pemirsa TV Jepang pada hari Sabtu (31/8) pagi, ia menutup daftar 10 besar anime dengan rating TV tertinggi di akhir Agustus.

BONUS: Film Dan Serial Jempolan

  1. Natsuzora
    Natsuzora, Drama Pagi dengan rating TV tertinggiTentu saja drama pagi NHK selalu jadi idola. Salah satu episode teranyarnya pada hari Selasa (27/8) membuat 20,9% pemirsa di Jepang penasaran dengan perjalanan karir Natsuzora.
  2. Giso Furin
    Giso Furin, serial adaptasi manga yang jadi idolaSeorang perempuan lajang yang berpura-pura menikah, tentu ada saja kekonyolannya. Drama komedi yang diadaptasi dari manga karya Akiko Higashimura ini masih menjadi favorit pemirsa dewasa di Jepang. Tayang pada hari Rabu (28/8), serial ini mampu meraih 10,9% penonton.
  3. Nagi’s Long Vacation
    Nagi No Oitoma, drama seri adaptasi mangaKita semua suka libur. Tak terkecuali Nagi Oshima. Serial adaptasi komik karya Misato Konari ini dinikmati sebanyak 10,8% pemirsa pada hari Jumat (30/8).
  4. Castle in The Sky
    Castle In The Sky, Anime lepas dengan Rating TV yang tinggiGhibli, jaminan rating. Tak terkecuali untuk Laputa: Castle In The Sky. Tayang di NTV pada hari Jumat (30/8), anime ini meraih 14,5% pemirsa.
  5. Kamen Rider Zero-One
    Kamen Rider Zero One hadir di YouTube!Tentu agak sulit memasukkan judul ini karena tidak relevan dengan seluruh judul di atas yang berkaitan dengan manga/anime. Berhadapan dengan GeGeGe No Kitaro, debutnya mampu mengarahkan 3,7% penonton ke TV Asahi di hari Minggu (1/9).

Demikian daftar anime yang paling banyak ditonton di televisi Jepang selama sepekan. Kali ini kita harus berpisah dengan Star * Twinkle Precure yang sebelumnya berhasil meraih posisi 10 besar. Comeback Detektif Conan dan aksi head-to-head Minggu pagi akan menjadi semakin seru hingga beberapa pekan ke depan.