Situs HentaiHaven Kembali ‘Mati’, Kini Diduga ‘Dicuri’ oleh FAKKU

hentaihaven fakku
Pengumuman pada Desember 2018 lalu saat FAKKU mengumumkan akan mengakuisisi HentaiHaven

Situs konten anime hentai HentaiHaven kembali menuai masalah setelah ‘bekerjasama’ dengan FAKKU.

Pasalnya pada Minggu (7/7) 20.31 WIB, pemilik situs hentai tersebut dengan inisial Papa HH membuat pengumuman besar dan diunggah melalui akun Twitter miliknya. Ia menyebut bahwa FAKKU telah mengambil alih sepenuhnya situs miliknya tanpa memberinya hak untuk mengelola situs tersebut.

“HH (HentaiHaven), seperti yang kamu tahu, sudah mati. FAKKU telah sepenuhnya mengambil alih dan telah mengusirku. Tanda-tanda pertama adalah omong kosong yang mereka buat tentang ‘re-launch’ tanpa memberitahukannya kepadaku. Gila, mereka berhenti menghubungiku setelah aku memberikan semua kredensial web dan sosial media kepada mereka. Untungnya, mereka bodoh sekali karena masih menggunakan CDN milikku sehingga aku masih bisa membuat pesan terakhir ini kepada kalian.”

Sebelumnya, pada bulan Desember tahun lalu, situs dengan konten anime hentai atau anime khusus dewasa ini secara resmi telah mengumumkan untuk menutup layanannya. Tepat di hari penutupan layanan tersebut, para pengunjung situs tersebut merasa terkejut dengan hal tersebut, terlebih tak hanya situs saja yang di nonaktifkan melainkan akun sosial media HentaiHaven juga.

HentaiHaven Fakku
Pengumuman pada Desember 2018 lalu

Walaupun begitu, tak lama terdapat pengumuman terbaru (lebih tepatnya sehari setelah pengumuman awal) yang mengumumkan bahwa HentaiHaven, dengan kolaborasi dari FAKKU, akan kembali beroperasi. Penerbit manga dewasa terbesar tersebut mengumumkan akan mengakuisisi situs tersebut. Pembayaran hosting dan perlindungan hukum (legalitas) menjadi hal yang dijanjikan oleh FAKKU.

“Kejadian sialan itu mengakibatkan semua ini,” tulis PapaHH dalam pengumuman itu, “HH adalah proyek milikku, sayangku. Aku mengerjakannya dalam detil yang sedetil-detilnya, menambahkan tagline yang kalian tertawakan, mendesain layout situs, mem-posting video (hentai) dan membantu membangun komunitas yang telah kita ketahui dan kita cintai. Aku tak dapat melakukan banyak hal tersebut tanpa bantuan tim ‘keren’ yang membantuku, dan aku berterima kasih kepada kalian semua”

https://twitter.com/realpapahh/status/1147860575730294784

Awalnya, ia memiliki harapan besar mengenai hal ini. PapaHH bahkan pernah mengirim surel kepada FAKKU ditahun 2016 mengenai visinya mengenai HentaiHaven sebagai platform Crunchyroll untuk konten anime hentai. “Aku telah berkomunikasi dengan mereka (FAKKU), aku mempercayainya,” ujarnya, “Tapi sesuatu tak berjalan dengan baik diantara kami berdua. Ketika FAKKU (dengan baik) bilang kepadaku bahwa masalah legal akan datang dan menawariku perlindungan tahun lalu, aku sangat gembira.”

Ia menambahkan bahwa apabila ia tahu soal ‘ganti rugi’ akuisisi ini sedari dulu, ia akan menolaknya. “Sejujurnya aku masih begitu. Tapi, aku tak tahu bahwa biaya untuk mengurus semua masalah tersebut adalah seluruh situsku, sayangku. Aku akan melakukannya sendiri, menghabiskan setiap sen yang aku punya untuk melindungi komunitas ini.”

“Ternyata, mereka bohong! Ada banyak yang berbohong ketika UANG terlibat,” pungkasnya.

Ia menghimbau untuk semua yang ingin mendukung disisinya untuk stand-by di akun Twitter miliknya untuk pengumuman lebih lanjut.